Thursday, October 11, 2012

Tips Menggapai Impian

Untuk mencapai impian, pertama-tama kita harus membuat diri kita begitu menginginkannya. Begitu kuatnya sehingga rintangan sebesar apapun akan sanggup kita lewati. Berikut ini beberapa tips agar kita dapat menanamkan keinginan yang begitu kuat sehingga bisa menghasilkan motivasi sebagai sumber energi kita.

  1. Tuliskan impian yang ingin dicapai secara spesifik : Coba anda tuliskan secara spesifik impian anda. Jangan hanya menulis 'saya ingin mempunyai uang yang banyak' atau 'saya ingin kaya raya'. Informasi ini terlalu umum. Lebih baik coba anda sebutkan jumlah uang yang anda inginkan, misalnya 'saya ingin memiliki uang sebanyak satu milyar rupiah'. Dengan demikian anda telah menetapkan target yang jelas yaitu 'satu milyar rupiah'. Dalam menetapkan tujuan, anda harus dapat menggambarkan secara jelas apa yang ingin anda tuju. Sespesifik mungkin. Kalau anda ingin memiliki rumah impian, sebutkan saja hingga luasnya, jumlah kamar, warnanya, model bangunannya, lokasi, dll. Semakin detail semakin bagus.
  2. Buatlah rencana untuk mencapai target : Agar dapat mencapai impian, anda perlu memerlukan rencana yang matang. Untuk itu anda perlu menyusun dengan tepat langkah-langkah apa saja yang akan anda tempuh untuk mencapai tujuan anda. Apabila tujuan yang ingin anda capai terlalu besar, anda dapat membagi rencana anda menjadi beberapa tahap. 
  3. Tetapkan deadline : Sebagai contoh, bila di atas anda sudah memberikan deskripsi rumah impian, anda juga harus menentukan kapan rumah itu anda dapatkan, jangan hanya menuliskan 'dalam jangka 5 tahun', tapi tuliskan tanggal, bulan, dan tahun secara spesifik. Adanya 'deadline' akan memacu anda untuk lebih rajin dan aktif mencari cara untuk mencapai sasaran anda.
  4. Pengorbanan untuk mendapatkan mimpi anda : Di dunia ini tidak ada yang gratis, kalau anda mau mencapai impian, ada pula yang harus dikorbankan. Dari waktu, tenaga, kepuasan, sampai pikiran. Andaikan saja impian anda itu 'barang' tentunya anda harus membayar untuk mendapatkannya, tidak bisa tidak. Tuliskan secara spesifik hal yang anda bayarkan sebagai ganti mimpi anda. Misalnya, mengurangi waktu tidur dan lembur, meluangkan waktu untuk belajar dan mencari peluang bisnis, dan sebagainya.
  5. Kalimat pernyataan : Bila langkah diatas adalah spesifikasi, selanjutnya adalah menuliskan kalimat sugesti. Unsur yang wajib ada adalah semua yang telah disebutkan diatas, mimpi anda secara spesifik, tanggall pencapaian, pengorbanan anda, dan langkah yang ditempuh.Tuliskan seakan anda sudah berada di hari dimana target anda tercapai, tulislah dengan kalimat positif, dan tambahkan kalimat yang menggambarkan emosi dan perasaan anda
  6. Visualisasi : Langkah selanjutnya adalah visualisasi. Bayangkan anda sudah meraih apa yang anda targetkan. Pergilah ke tempat sunyi dan bayangkan kalau anda sudah berada di tempat yang anda inginkan. Gunakan seluruh panca indera dan emosi anda. Anda harus benar-benar merasakan. Sebagai contoh, jika anda menginginkan laptop, visualisasikan bahwa tangan anda sudah memegang laptop tersebut. Rasakan beratnya, tekstur, baunya, dan tonjolan mereknya.Bayangkan betapa puasnya anda menggunakan laptop tersebut, rasakan hal itu senyata mungkin.
  7. Ulangi, ulangi, dan ulangi : Anda harus mengulang pernyataan misi anda setiap hari, paling tidak 1 kali sehari, minimal selama 3. Sasaran anda harus benar-benar merasuki alam bawah sadar anda dan tertanam kuat. Pada saat itu, dengan sendirinya seluruh kegiatan dan aktivitas anda akan tertuju pada target anda dan segalanya akan terlihat  lebih mudah.
Semoga dengan tips ini membuat anda lebih fokus dan semangat dalam menggapai impian anda.

Tips-tips di atas ini hanya sebagian kecil dari apa yang sudah saya dapatkan dari ebook keuangan pribadi. Saya sangat merekomendasikan ebook ini untuk dibaca dan dipraktekkan jika Anda benar-benar serius untuk menggapai impian-impian Anda. Saya tidak sembarangan merekomendasi buku, tapi karena saya rasa buku ini sangat bermanfaat jika dibaca dan dipraktekkan, mudah-mudahan Anda juga bisa mendapatkan hal yang sama.  
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...