Friday, October 12, 2012

Strategi Pengajuan KPR Agar Disetujui Bank

Berikut ini beberapa tips agar KPR anda sukses disetujui oleh Bank.

  1. Ajukan ke sebanyak mungkin Bank : Agar bisa berhasil dalam mengajukan KPR jangan hanya mengajukan KPR ke satu bank saja. Cobalah ajukan KPR ke sebanyak mungkin bank, bahkan anda bisa mengajukan ke beberapa cabang untuk bank yang sama. Apalagi jika anda baru terjun di dunia properti, coba targetkan 1 rumah yang ingin anda beli, fotocopy surat-surat yang diperlukan lalu ajukan ke banyak bank. Dari sini anda bisa melakukan tahap eliminasi untuk bank-bank yang tidak memenuhi kriteria anda. Coba ajukan lebih dari 5 atau 10 bank, lalu coba iliminasi yang kurang berbobot. Kriteria kurang berbobot akan saya bahas pada artikel saya yang lain. 
  2. Ambil jangka waktu kredit yang paling lama : Untuk anda yang masih pada usia produktif, biasanya di bank-bank tertentu bisa memberikan kredit dengan jangka waktu maksimal 20 tahun. Usahakan anda mengambil kredit dengan jangka waktu terpanjang. Apalagi misalnya anda mempunyai keterbatasan dalam membayar cicilan per bulan. Jangan pernah memikirkan jika anda mengambil waktu yang panjang, maka bunga yang harus anda bayarkan sangat banyak dibanding dengan jangka waktu yang lebih singkat. Memang benar anda akan membayar bunga lebih besar, jika anda kalkulasikan, tapi coba anda perhitungkan juga kenaikan harga rumah anda per tahun (Capital Gain). Biasanya anda akan lebih untung jika mengambil waktu yang panjang, karena cicilan bulanan tidak terlalu terbebani. Apalagi jika anda ingin membayar uang bulanan dari uang sewaan properti yang anda beli. Contohnya anda beli rumah untuk dijadikan kost dan cicilan bulanan dibayar oleh anak kost. 
  3. Ketahui kemampuan kredit anda : Ini merupakan syarat utama dalam pengambilan kredit. Biasanya bank akan menentukan kemampuan bayar cicilan anda sebesar sepertiga dari penghasilan anda. Misalnya anda mempunyai penghasilan 10jt / bulan, maka kira-kira bank akan menyetujui kredit anda dengan angsuran kira-kira 10jt * 1/3 = 3,3jt / bulan. Secara sederhananya, jika anda bisa membayar cicilan 3,3jt, maka kira-kira anda bisa membeli rumah seharga 330jt. Itu perhitungan kasarnya. Detailnya tergantung dari bunga bank. Penghasilan disini adalah seluruh total penghasilan anda. Jadi jika anda seorang pegawai dan mempunyai bisnis sampingan lain, maka penghasilan yang dimaksud adalah seluruh penghasilan anda. Jangan lupa setiap penghasilan anda tercatat pada rekening bank, artinya gaji anda, jika anda menerima secara cash, maka harus ditabung dulu di bank, sebelum anda gunakan. Demikian juga dengan bisnis anda. Selain itu, untuk anda yang sudah menikah, penghasilan anda adalah gabungan penghasilan suami + istri. Jadi penilaian bank akan semakin besar.
  4. Ketahui harga rumah / properti yang ingin anda beli : Untuk rumah / properti baru yang dibeli pada developer biasanya harga rumah sudah mencerminkan harga penilaian bank. Tapi ingat agar jangan membeli rumah di sembarang developer tapi pastikan mereka sudah mempunyai reputasi yang baik dalam membangun rumah. Khusus untuk pembelian rumah second, maka anda perlu menghitung harga rumah sebenarnya. Maksudnya disini adalah bahwa harga yang diberikan oleh penjual kadang bukan merupakan harga pasaran sebenarnya. Kadang harga rumah yang dijual lebih mahal, dll. Makanya anda harus pintar-pintar menghitung harga rumah yang anda taksir. Caranya bagiamana? silahkan anda baca di artikel saya yang lain tentang cara menghitung harga jual rumah. Setelah anda mengetahui harga jual rumah, coba bandingkan dengan harga jual dari sang penjual. Jika harga jual yang anda hitung lebih besar dari harga yang ditentukan penjual, maka ada kemungkinan properti anda  akan disetujui oleh bank. Namun jika harga jual yang anda hitung lebih kecil dari harga yang ditentukan penjual, maka siap-siap kredit anda tidak disetujui, ataupun kalau disetujui anda harus memberi uang muka lebih.
  5. Jaga Kepercayaan Bank & Pinjam Lagi : Sekali kredit anda disetujui anda, maka anda harus menjaga kepercayaan bank. Jangan pernah terlambat membayar cicilan bank. Usahakan sudah menyiapkan uang sebelum hari H penarikan cicilan oleh bank. Jangan telat walaupun hanya sehari. Anda akan dicap tidak baik dan jika anda meminjam lagi kemungkinan kredit anda akan ditolak. Jika anda sudah membangun reputasi yang baik, dengan membayar cicilan bulanan bank secara rutin dan tidak pernah terlambat, maka bank akan semakin percaya dengan anda. Biasanya pengajuan kredit kedua akan lebih mudah dan lebih cepat prosesnya dengan kepercayaan yang telah anda bangun.
Tips-tips di atas merupakan langkah-langkah yang sudah saya praktekkan dan terbukti berhasil. Kadang memang ada satu dua hal yang berbeda di lapangan, kadang tidak semudah yang diceritakan. Namun jika anda tekun dan tidak menyerah anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan. Semoga sukses dalam pengajuan kredit anda.

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara pengajuan KPR, silahkan belajar langsung ke Guru Saya, Joe Hartanto. Anda akan mendapatkan trik-trik terkini tentang cara-cara pengajuarn KPR agar bisa disetujui bank. Silahkan klik cara dahsyat pengajuan kpr
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...