a

Monday, August 13, 2012

Tips Menjadi Orang Sukses

Menjadi orang sukses merupakan mimpi dari banyak orang. Banyak orang hanya bermimpi untuk menjadi sukses, tapi karena kurangnya tindakan, maka mimpi hanya tinggal mimpi saja dan tidak bisa dicapai. Berikut ini beberapa tips menjadi orang sukses :

  1. Ikutilah seminar-seminar bisnis yang diadakan di kota anda. Coba beli koran dan lihatlah iklan-iklan seminar di kota  anda dan coba hadir di seminar-seminar tersebut. Kadang seminar-seminar itu membutuhkan biaya, tapi coba sisihkan uang anda untuk ikut dalam seminar-seminar itu. Wawasan anda pasti akan lebih luas dan terbuka.
  2. Coba praktekkan apa yang anda dengar di dalam seminar. Karena pengetahuan tanpa praktek adalah nol besar. Dan anda tidak akan jadi besar jika anda tidak segera take action.
  3. Buatlah sasaran atau goal anda di masa depan. Buat planning 10 tahun ke depan anda ingin jadi seperti apa, 5 tahun depan, dan 1 tahun depan. 
  4. Jangan patah semangat jika anda mendengar bahwa rencana yang telah anda susun tidak akan berhasil. Banyak orang akan mengatakan jangan lakukan itu, jangan bisnis, bisnis itu beresiko, anda pasti tidak bisa, seminar itu hanya teori, dsb. Coba tetap fokus akan planning/rencana anda.
  5. Terus asah pengetahuan anda di bisnis yang anda geluti, jika anda fokus pasti anda akan berhasil. Semakin lama anda belajar di bisnis yang sama, maka anda akan semakin ahli. 
  6. Buatlah SOP untuk bisnis anda, agar segala sesuatu bisa menjadi teratur dan bisa didelegasikan. Jika anda sudah bisa mendelegasikan bisnis anda, maka anda akan bebas jalan-jalan tanpa perlu mengkhawatirkan bisnis anda. Anda tinggal memantau tim anda, dan anda bisa jalan-jalan, atau membuka bisnis yang lain. Ingat, ini bisa anda lakukan jika anda sudah membuat semua SOP untuk bisnis anda. Pada saat membuka bisnis, usahakan jangan langsung ditinggalkan, coba anda fokus dulu disitu 6 bln - 1 tahun, baru jika bisnisnya sudah stabil, anda sudah bisa mendelegasikan ke tim anda.
  7. Coba atur keuangan anda, dari pemasukan sampai pengeluaran. Coba bagi pemasukan anda menjadi pos-pos. Sisihkan untuk pendidikan(utk anak, ikut seminar, dll), untuk sehari-hari, untuk amal, untuk senang-senang, untuk pengeluaran tak terduga. 
  8. Berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing. Berdoa agar rencana kita bisa tercapai, dan jangan lupa selalu mengucap syukur pada saat target/rencana kita tercapai.
Masih banyak tips untuk menjadi orang sukses, tapi secara sekilas mungkin ini yang bisa saya bagikan. Orang yang sukses adalah orang yang pantang menyerah, tidak mengikuti kebanyakan orang, tidak mendengarkan ejeken-ejeken orang lain, dan orang yang sukses adalah orang yang bekerja keras/cerdas untuk mencapai goal/sasarannya. 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...