a

Friday, August 24, 2012

Memulai Bisnis Online

Bagaimana cara memulai bisnis online? Pertanyaan ini biasa muncul di benak para pebisnis yang ingin memperluas jaringan usahanya di rana online. Saat ini, internet sudah sangat berkembang di dunia maupun di Indonesia secara spesifik. Banyak orang berlomba-lomba untuk menghasilkan uang dari internet. Dari mempromosikan barang orang lain maupun menjual produk sendiri. Kedepan bisnis ini diprediksi akan terus meningkat karena  rata-rata orang sekarang sebelum membeli sesuatu biasa mencari informasi dahulu lewat internet. Nah, bagaiaman cara kita memulai bisnis online?


  1. Pertama-tama anda harus mencari tahu bagaimana cara membuat website. Jangan takut dulu ya :) Sebab sekarang ini membuat website bukan lagi merupakan hal yang begitu sulitnya. Untuk membuat sudah website bisnis yang tidak terlalu kompleks, anda tidak butuh seorang programmer. Anda sendiri pun bisa membuat sebuah website dengan bantuan CMS. Apa CMS itu? CMS singkatan dari Content Management System merupakan suatu sistem yang bisa menciptakan suatu website, berdasarkan template yang ada pada CMS tersebut.Contoh CMS : Wordpress, Blogger, dan Joomla. Masih banyak lagi, tapi yang umum digunakan adalah 3 ini. Saya paling sering menggunakan Wordpress dalam pembuatan website. Membuat website hanya seperti install software aja, di next next udah deh selesai tahap awal. Anda tinggal menyediakan waktu untuk memasukan konten anda ke dalam website. Tutorial cara penggunaan wordpress bisa anda search di google atau youtube. Sangat banyak tutorial yang menjelaskan hal itu. 
  2. Selain cara penggunaan website, anda juga harus mengetahui tentang domain dan hosting. Wah, binatang apa itu ya? hehehee. Domain itu merupakan nama dari sebuah website. Contoh adalah 'detik.com' merupakan nama domain dari website detik. Sedangkan hosting adalah tempat kita menyimpan website kita. Untuk bisa diakses dari jaringan internet, anda harus meletakkan website anda di hosting. Hosting nih semacam sebuah server yang terdapat harddisk di dalamnya dan website kita berada di dalam situ. hehehe, ga ribet kan. Kalau anda sudah tahu, maka tahap berikutnya adalah menyediakan biaya untuk pembelian domain dan hosting. Saya biasa membeli domain di godaddy.com. Kira-kira sekitar $8-$10 atau 100ribu rupiah. Kalau hosting biasa saya beli di hosgater.com kira-kira per tahun bisa $50 - $100 atau sekitar 500rb - 1jt rupiah. 
  3. Nah, kalo anda sudah tahu tentang cara membuat website, maupun pembelian domain dan hosting saatnya anda mempersiapkan konten dari website anda. Dari aturan pembelian, pengiriman barang, maupun konten produknya sendiri. Dari harga produk, gambar produk, dan deskripsi produk.
  4. Sesudah konten sudah terisi, hal yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana caranya mempromosikan website anda. Cara mempromosikan website sangat banyak, namun yang paling sering digunakan orang adalah, membayar iklan di google, promosi lewat sosial media seperti facebook, maupun dengan teknik SEO. Apa SEO itu? Detailnya saya akan bahas dalam topik yang berbeda, tapi sekilas tentang SEO, yaitu merupakan cara mempromosikan website, agar jika orang melakukan pencarian lewat google search, maka website kita akan tampil di bagian depan. 
Dengan menguasai keempat hal tersebut anda sudah dapat membuka sebuah bisnis online. Anda bisa belajar sendiri ataupun bisa mempekerjakan orang jika anda kurang mahir di salah satu bagian yang saya sebutkan di atas.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...