a

Wednesday, May 29, 2013

Teknik Berkebun Emas

Berinvestasi emas demi mengeruk keuntungan dan sebagai simpanan untuk masa depan bukan merupakan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Adanya krisis ekonomi yang pernah melanda negeri ini tidak menyurutkan minat dan permintaan akan emas sebagai suatu komoditi untuk investasi di masyarakat. Dalam berinvestasi emas atau berkebun emas, investor harus mengerti sebelumnya teknik berkebun emas yang menghasilkan. 

Istilah teknik berkebun emas dapat diartikan sebagai bentuk investasi emas yang dilakukan dengan cara menjaminkan emas yang dipunyai ke pihak lembaga keuangan yang terpercaya misalnya perum pegadaian atau bank. Dengan kata lain, proses pembelian emas yang kemudian dijual dan digadaikan kembali secara terus menerus untuk mendapat keuntungan ini dikenal dengan istilah berkebun emas. 

Pemilihan emas yang digunakan dalam teknik berkebun emas memang kenyataan merupakan investasi yang paling menjanjikan sejak lama. Harga emas yang selalu meningkat dari waktu ke waktu dengan jaminan keamanan yang bagus dan sangat mudah dicairkan mengalahkan pilihan investasi uang dollar atau euro yang dahulu banyak diminati investor dunia. Beralihnya pilihan investor ini juga disebabkan karena teknik berkebun emas yang cenderung mudah dan praktis dilakukan. Untuk berinvestasi emas, anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber (internet, buku, majalah) dan mengunjungi bank-bank yang menawarkan program investasi atau gadai emas seperti Bank Syariah Mandiri. 

Dalam berkebun emas, dikenal juga istilah angsa emas yaitu teknik berkebun emas yang dilakukan dengan cara membeli emas di bank atau perum pegadaian yang kemudian dijaminkan kembali untuk mendapat keuntungan. Teknik berkebun emas ini dulu pernah dilarang oleh pemerintah karena dianggap sebagai spekulasi tapi terdapat beberapa bank yang masih menjalankan teknik angsa emas hingga saat ini. 

Teknik Berkebun Emas Sederhana

Secara umum, ada tiga jenis investasi emas yang berlaku di bank maupun pegadaian. Ketiga jenis investasi emas tersebut adalah emas batangan, emas perhiasan dan koin emas. Setiap jenis emas yang digunakan untuk investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Emas perhiasan akan lebih cocok digunakan sebagai investasi jangka pendek dan menengah karena adanya berbagai potongan yang dikenakan saat pembelian dan penjualan kembali. Koin emas dapat didapatkan di PT. Antam dari berat 1 gram hingga 8,5 gram yang biasanya juga kurang menguntugkan jika digunakan sebagai investasi jangka panjang oleh investor. Sedangkan emas batangan merupakan pilihan yang sesuai untuk investasi jangka panjang namun pembeliannya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Berinvestasi emas harus disikapi secara serius dan jangan dilakukan untuk sekedar coba-coba. Sebelum berinvestasi emas, investor harus memperhatikan teknik berkebun emas sederhana berikut.

1. Pembelian emas sebaiknya dilakukan di toko emas yang terpercaya, di bank, perum pegadaian atau di PT. Logam Mulia untuk mendapatkan emas yang asli dan bersertifikat. 
2. Lakukan pemantauan dan update harga emas dunia yang berlaku serta kurs rupiah terhadap mata uang dollar agar saat harga emas dunia turun anda dapat membeli emas untuk nantinya dijual kembali saat harga emas dunia melonjak naik. 
3. Untuk investasi jangka panjang, anda sebaiknya memilih investasi emas batangan daripada emas perhiasan karena keuntungannya yang lebih besar dan pengurangan nilainya yang ditaksir lebih sedikit dari emas perhiasan. 
4. Meskipun banyak tawaran untuk membeli emas yang bersertifikat dengan harga yang lebih murah, anda sebaiknya memilih untuk membeli emas yang bersertifikat yang diakui negara seperti emas dari PT. Aneka Tambang, Tbk. Emas dengan sertifikat resmi akan mudah dijual kembali dan dihargai lebih tinggi dibanding emas yang tidak bersertifikat. 
5. Milikilah sikap sabar dalam melakukan investasi emas. Dengan kesabaran, anda dapat menjadi investor yang berhasil dalam bidang investasi emas. 
Perlu anda ketahui, teknik berkebun emas yang telah diuraikan diatas perlu ditunjang juga dengan pengetahuan yang mencukupi tentang seluk beluk investasi emas. Selamat memulai investasi emas anda dan semoga sukses. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...