Wednesday, August 29, 2012

KPR Terbaik

Bank mana yang mempunyai KPR terbaik? Pada saat kita menentukan pilihan KPR terbaik, kita tidak bisa hanya berpatokan dari suku bunga yang kecil saja. Ada beberapa faktor penting selain suku bunga yang harus kita pertimbangkan juga pada saat kita ingin mengambil KPR di bank. Berikut ini saya paparkan beberapa faktor penting untuk menjadi bahan pertimbangan pengambilan KPR.

Faktor Suku Bunga
Suku bunga memang merupakan faktor utama pada saat kita mengambil sebuah KPR di bank. Orang pastinya akan lebih tertarik jika Bank memberikan pinjaman KPR dengan suku bunga yang rendah. Bagaimana kita mengetahui suku bunga KPR bank-bank yang ada di Indonesia?
Untuk mudahnya kita bisa mengunjungi website Bank. Namun biasanya yang ditampilkan di website bank-bank merupakan suku bunga dasar untuk KPR, itu artinya masing-masing cabang pada Bank yang sama, bisa saja suku bunganya berbeda. Suku bunga yang kita lihat di website, bisa kita jadikan patokan awal gambaran bank-bank yang memiliki suku bunga rendah. Untuk kepastian suku bunga yang tepat, anda bisa langsung berkunjung ke cabang-cabang dari Bank yang anda taksir.

Faktor Lama Pinjaman
Lama pinjaman merupakan faktor yang penting juga. Jika anda sudah membaca artikel saya tentang beli properti tanpa uang, disitu saya jelaskan tentang bagaimana kita bisa membeli sebuah properti kost-kostan atau ruko dengan tanpa uang atau modal sama sekali. Nah, saya sangat menyarankan bagi anda yang mempunyai pendapatan bulanan yang tidak terlalu besar, atau anda ingin membeli properti untuk dijadikan kost-kostan atau ruko untuk anda sewakan, ada baiknya anda mencari KPR yang memiliki lama pinjaman yang agak panjang. Kalau saya, saat membeli kost-kostan saya mengambil KPR dengan pinjaman 20 tahun. Kenapa saya ambil yang jangka waktu yang panjang? Salah satunya agar cicilan bulanan yang saya bayar ke Bank bisa kecil.

Faktor Total Pembiayaan Bank Pemberi KPR
Untuk melihat berapa besar pembiayaan KPR suatu Bank, anda harus sudah mengajukan KPR dulu. Maka sangat saya sarankan untuk mengajukan KPR ke beberapa bank sekaligus, makin banyak makin bagus. Ingat, walaupun sesama Bank BCA misalnya, tapi beda cabang, ada kemungkinan pembiayaan bank ataupun suku bunga bisa saja berbeda. Oleh sebab itu, ajukan KPR ke banyak Bank dan cabang. Keuntungannya anda bisa memilih pada akhirnya mana yang terbaik. Kerugiannya mungkin anda jadi agak sibuk sedikit, selain harus menduplikasi dokumen-dokumen persyaratan KPR, anda juga kadang harus membayar biaya appraisal. Tapi kerugian itu bisa tertutupi dengan pilihan yang begitu banyak nantinya. Jika anda hanya mengajukan ke satu Bank saja, dan bank tersebut hanya memberikan total pembiayaan yang tidak sesuai dengan harga rumah yang ingin anda beli, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi, jika anda mengajukan ke banyak bank, pada saat keluar hasil appraisal, anda bisa memilih bank mana yang memberikan pinjaman terbesar, dengan suku bunga dan lama pinjaman yang pas. Selain itu, anda juga bisa saling mengadu domba bank-bank yang ada sehingga ada kemungkinan suku bunga bisa diturunkan, ataupun pinjaman bisa dapat lebih besar.

Saya kira 3 faktor di atas merupakan faktor penting dalam menentukan KPR terbaik. Ingat, pada saat mengajukan jangan hanya ke satu bank saja, tapi ada baiknya anda mengajukan KPR ke beberapa bank sehingga pada akhirnya anda bisa memilih mana yang merupakan KPR terbaik.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...