Wednesday, May 22, 2013

Bisnis Modal Dengkul

Kebanyakan orang mengira untuk memulai suatu bisnis selalu dibutuhkan modal berupa uang yang lumayan besar. Tidak jarang, banyak pebisnis pemula mengurungkan niatnya untuk terjun ke dunia bisnis karena ketakutan dan kekhawatiran bahwa mereka belum memiliki modal awal yang berlimpah. Sebenarnya hal ini sangat keliru. Jaman sekarang ini, banyak pebisnis dengan mental baja yang memulai bisnisnya dengan modal dengkul. Modal dengkul? Ya, melakukan bisnis modal dengkul memang terdengar aneh dan mustahil. Meskipun begitu, bisnis modal dengkul bukannya bisnis yang dijalankan tanpa modal sama sekali. Berbeda dengan bisnis formal yang cenderung dipandang memerlukan modal dana yang besar, bisnis modal dengkul didasarkan pada kepemilikan karakter pebisnis yang tidak memandang gengsi, optimis, dan nekat sehingga pada dasarnya bisa dijalankan oleh setiap orang. Bisnis modal dengkul yang sukses harus mempertimbangkan beberapa sikap mental pebisnis yang positif seperti dibawah ini.

1. Berani: Agar suatu bisnis dapat semakin berkembang dan dikenal luas, seorang pebisnis harus berani melakukan inovasi, berani tampil beda, berani mencoba hal baru dan berani mengambil resiko yang tidak dipikirkan oleh kompetitor bisnis lain.

2. Jujur: Memiliki kejujuran merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan suatu bisnis. Anda harus pintar-pintar menjaga kepercayaan konsumen dengan memberikan kualitas dan pelayanan terbaik sehingga bisnis anda dapat semakin maju di masa mendatang.

3. Waspada: Sikap waspada sangat diperlukan jika bisnis yang anda tekuni merupakan bisnis yang mengandung banyak resiko seperti penipuan, perjanjian kontrak palsu, pemaksaan, dan sebagainya. 

4. Teliti: Ketelitian dan kejelian juga sangat penting bagi pebisnis karena bisnis anda bisa terganggu atau mengalami kerugian jika anda kurang teliti dalam mengkalkulasi biaya bisnis. 
Sikap-sikap mental yang positif diatas mutlak dimiliki oleh pebisnis yang memiliki banyak modal maupun pebisnis yang tanpa modal. Keberhasilan akan nampak nyata bagi pebisnis modal dengkul jika memiliki sifat-sifat tersebut dan tidak mustahil pula jika nantinya dapat mengalahkan pebisnis bermodal besar yang tidak memiliki sifat-sifat positif seperti yang telah penulis uraikan diatas. 
Cara Bisnis Modal Dengkul

Setidaknya terdapat tiga alternatif bisnis modal dengkul atau bisnis tanpa modal yang dapat anda lakukan. Cara bisnis modal dengkul yang pertama adalah dengan cara bertindak menjadi makelar atau perantara. Menjadi seorang makelar merupakaan bisnis modal dengkul yang tergolong mudah jika anda memiliki pergaulan yang luas dan pandai mencari peluang bisnis. Anda dapat menjadi makelar kendaraan, rumah, tanah, dan lainnya. Anda hanya perlu mempertemukan penjual dengan pembeli barang kemudian setelah kedua belah pihak bertransaksi, anda akan mendapatkan komisi yang lumayan menjanjikan menurut perjanjian sebelumnya. Cara berikutnya yang dapat anda usahakan adalah dengan meminjam uang dari rekan atau kerabat untuk keperluan modal usaha atau investasi tanah yang nantinya akan anda kembalikan dengan sistem perjanjian bagi hasil. Terakhir, anda dapat mencoba bisnis modal dengkul dengan bantuan lembaga keuangan misalnya bank. Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan bank dalam bentuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk mendapatkan rumah secara kredit dengan membayar angsuran tiap bulan kemudian memfungsikan rumah tersebut sebagai sarana penghasil uang dengan menyewakannya kepada pihak lain yang membutuhkan rumah untuk disewa. Demi mendapat keuntungan, anda harus memahami proses appraisal yang dilakukan oleh bank agar mendapat harga taksiran KPR yang lebih besar dari harga jual rumah dari pemilik rumah sebelumnya. Walaupun ada beberapa orang yang menganggap cara ini sebagai cara yang kurang elegan untuk mendapatkan untung tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba karena telah banyak orang yang mencoba cara ini dan berhasil. 

Sekian ulasan singkat yang dapat penulis bagikan bagi anda para pebisnis yang berniat menjalankan bisnis modal dengkul dan minim modal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi bisnis anda ke depan dan semoga sukses merintis bisnis anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...