Saturday, May 11, 2013

Usaha Warung Kopi

Kopi sejak lama telah dianggap sebagai minuman populer secara turun temurun dan merupakan ciri khas Indonesia yang juga telah luas dikenal oleh publik mancanegara. Selain Indonesia identik sebagai negara penghasil kopi dunia, di Indonesia sangat khas dengan keberadaan usaha warung kopi yang banyak tersebar di pinggir-pinggir jalan hingga gerai kopi modern yang sangat potensial untuk dijadikan suatu peluang usaha. Usaha warung kopi selalu menjanjikan mengingat tradisi minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia serta fungsi warung kopi yang sering dijadikan sebagai tempat melepas lelah sepulang kerja, bersantai, tempat diskusi pekerjaan, transaksi bisnis, negosiasi, meeting, dan lain sebagainya. 

Persiapan Usaha Warung Kopi

Dengan pembukaan usaha warung kopi yang disesuaikan dengan modal yang dimiliki, anda dapat mempersiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk memulai usaha anda.  Sarana prasarana yang perlu dipikirkan yaitu:

Lokasi Usaha
Mempertimbangkan dana usaha yang anda miliki, pikirkanlah lokasi usaha warung kopi yang tepat dan strategis. Lakukan pengamatan lokasi sekitar lingkungan anda yang banyak dilalui orang dan dekat dengan keramaian seperti pusat perbelanjaan, kampus, perkantoran, dll. 

Survey Pasar dan Konsumen
Sebelum memulai usaha warung kopi, sempatkanlah waktu anda untuk mengunjungi usaha warung kopi sejenis guna mencari tahu minat konsumen akan jenis minuman kopi favorit dan kelebihan warung kopi tersebut yang dapat dijadikan ide usaha warung kopi anda (desain, menu, pelayanan, tarif harga, fasilitas,dst). 

Perijinan Usaha
Demi kelancaran usaha warung kopi anda, sebaiknya terlebih dulu anda mengurus perijinan usaha yang diwajibkan ke pihak yang berwenang. Penuhi syarat-syarat yang dibutuhkan sehingga di masa depan anda dapat terhindar dari masalah perijinan yang tidak diinginkan.

Beragam Menu Usaha Warung Kopi
Hal yang penting untuk dipersiapkan selanjutnya adalah berbagai jenis menu minuman kopi serta makanan pendamping yang cocok dijual sebagai teman minum kopi seperti roti bakar, pisang penyet, gorengan, dan sebagainya.

Bahan Baku Usaha Warung Kopi 
Berdasarkan konsep usaha warung kopi anda baik warung kopi tradisional maupun modern, pemasokan bahan baku merupakan kunci penting suksesnya bisnis anda. Sebagai saran, cobalah dapatkan bahan baku kopi yang laik jual, rasa yang khas, dengan harga yang bersahabat. 

Pemilihan Sumber Daya Manusia 
Sebagai langkah awal memulai usaha warung kopi, pemilihan sumber daya manusia sangat penting. Sebagai masukan, pekerjakanlah sedikit karyawan yang kompeten melayani konsumen dengan ramah dan mengerti cara meracik kopi dengan baik. Seiring berkembangnya usaha warung kopi anda, anda dapat memperkerjakan lebih banyak karyawan untuk membantu usaha anda.

Strategi Promosi
Agar dapat lebih dikenal masyarakat sekitar, anda perlu memikirkan dan menggunakan strategi promosi yang efektif dan tepat sasaran ke konsumen. Pertimbangkan cara promosi tradisional seperti mouth to mouth promotion, pemasangan spanduk usaha, pembagian brosur serta pamflet ke khalayak ramai di berbagai tempat. Disamping itu, anda dapat memberikan bonus hadiah atau voucher kepada pelanggan diatas pembelian minimum guna menjaring konsumen baru. 

Mental Usaha yang Kuat
Seorang pebisnis yang ingin sukses harus memiliki sikap mental yang selalu optimis dan tidak takut akan mengalami kegagalan. Persiapkan diri anda terhadap berbagai persaingan usaha yang mungkin timbul di pasar dengan terus mempelajari berbagai hal mengenai usaha kopi dan melakukan bermacam inovasi usaha warung kopi misalnya modifikasi menu, renovasi desain tempat usaha warung kopi, peningkatan servis ke konsumen dan lain-lain.

Sebagai kesimpulan, berbagai hal-hal yang telah dirinci diatas merupakan hal-hal penting yang patut anda ketahui dan perhatikan sebelum membuka usaha warung kopi anda. Selain itu perlu diingat, tanpa adanya persiapan usaha yang matang dan terencana, suatu usaha tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Semoga berhasil dalam memulai usaha baru anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...