a

Tuesday, May 28, 2013

Tips Investasi Emas

Investasi pada dasarnya merupakan satu cara pengelolaan dana (uang) yang dimiliki seseorang supaya bisa lebih berdaya guna dan memberikan keuntungan yang menghasilkan di masa depan secara finansial. Salah satu jenis investasi yang populer dan paling praktis diantara investasi lainnya seperti tanah, rumah, saham, asuransi, dst adalah investasi emas. Bagi anda yang berniat melakukan investasi emas, sebaiknya anda mempelajari beberapa tips investasi emas yang akan dijelaskan di bawah ini.

Tips Investasi Emas: Pemilihan Emas

Terkait dengan investasi emas, perlu anda ketahui bahwa emas memiliki beberapa jenis yang dapat digunakan sebagai investasi contohnya emas perhiasan, emas batangan, koin emas, saham pertambangan emas, sertifikat emas, kontrak emas berjangka, reksa dana emas, dan sebagainya. Walaupun demikian, prakteknya tidak semua jenis emas dapat menjadi sebuah investasi yang menghasilkan dan menguntungkan bagi investor. Satu tips investasi emas bagi investor pemula adalah anda sebaiknya memilih jenis emas yang sesuai sebagi investasi masa depan yaitu emas jenis koin emas dan emas batangan. Hal ini sedikit berbeda dari kenyataan di masyarakat yang menjadikan emas perhiasan sebagai jenis investasi emas yang populer dan bermodal kecil. Bagi anda yang sedang berencana berinvestasi emas menggunakan emas jenis perhiasan emas, anda perlu memahami beberapa alasan mengapa emas perhiasan tidak cocok dijadikan investasi yang menguntungkan.
Emas Perhiasan Tidak Dapat Dijadikan Sebagai Investasi

1.    Emas perhiasan mengandung unsur seni dan estetika yang mempengaruhi selera personal pemiliknya sehingga akan lebih sesuai dijadikan sebagai barang fashion (aksesoris fashion) daripada produk investasi.

2.    Transaksi jual beli dalam emas perhiasan kurang memiliki standar yang baku seperti pada emas batangan dan koin emas. Setiap toko emas memiliki standar yang berbeda. Meskipun berat emasnya sama namun harganya berbeda karena pengaruh model perhiasan.

3.    Pada umumnya terdapat selisih harga dalam jual beli emas perhiasan yaitu sebanyak 10% disertai dengan biaya pembuatan emas perhiasan Rp. 60.000/gram.

4.     Investasi emas perhiasan hanya akan memberikan laba 0,5% per tahun dibandingkan dengan laba investasi emas batangan dan koin emas yang bisa mencapai 20-25% per tahunnya.
5.    Selain itu, harga emas perhiasan di toko-toko emas tidak mengacu pada harga emas dunia karena penjual emas perhiasan memiliki titik harga tersendiri untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

Tips Investasi Emas: Emas Batangan dan Koin Dinar Emas

Tips investasi emas yang perlu dipahami oleh investor berikutnya adalah kelebihan memilih investasi emas batangan dan koin dinar emas yang paling menjanjikan dibandingkan jenis investasi emas lainnya seperti emas perhiasan, saham pertambangan emas, sertifikat emas, kontrak emas berjangka, dan reksa dana emas.

Kelebihan Investasi Emas Batangan

Kelebihan emas batangan sebagai investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan dapat dilihat dari beberapa fakta di bawah ini.

1.    Bebas PPN 10% dengan laba 20-25% tiap tahunnya.
2.    Harga jual dan gadainya dinilai lebih tinggi dibandingkan jenis emas lainnya.
3.    Emas batangan seberat 1.000 gram atau 1 kilogram tidak akan dikenai biaya pembuatan.
4.    Sangat mudah dijual kembali atau dicairkan di toko-toko emas maupun di pegadaian dan bank syariah karena nilai likuiditasnya yang stabil dan tinggi.

Kelebihan Investasi Koin Dinar Emas

Beberapa kelebihan koin dinar emas dapat anda ketahui dari penjelasan berikut.
1.    Kepemilikan koin dinar emas memiliki nilai ibadah khususnya bagi umat Muslim di seluruh dunia.
2.    Koin dinar bila akan dijual kembali dalam komunitas pemilik koin dinar emas, akan mudah dijual dan dinilai dengan harga tinggi dengan selisih harga jual beli hanya 4%.
3.    Koin dinar bersifat sangat fleksibel sehingga dapat dikurangi, ditambah, dikali, dan dibagi saat diperlukan karena sifat dasarnya yang unit account.

Jika anda berminat berinvestasi emas batangan anda dapat melakukan pembelian yang aman dan resmi di PT. Aneka Tambang, Tbk Jl. Pemuda-Jl. Raya Bekasi Km. 18, Pulogadung, Jakarta. Ditambah lagi, bagi anda yang berminat membeli koin dinar, anda dapat mendapatkannya di kantor perwakilan Wakala Indonesia dengan situs resminya di www.wakalanusantara.com. Semoga tips investasi emas diatas dapat membantu anda berinvestasi emas dengan tepat.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...