a

Wednesday, May 22, 2013

Ide Bisnis Gila

Di dunia dari waktu ke waktu semakin bermunculan beragam ide bisnis gila yang unik, aneh dan tidak terpikirkan oleh pebisnis pada umumnya. Meskipun demikian, berbagai ide bisnis gila tersebut dapat diterima masyarakat dan semakin menginspirasi para pebisnis di dunia secara umum. Tiap ide bisnis memiliki pangsa pasar tersendiri yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan maupun untuk menciptakan trend baru. 

Contoh Ide Bisnis Gila 

Ide bisnis gila yang banyak bermunculan adalah ide bisnis yang unik dari kawasan negara-negara Asia. Di Korea Selatan, sejak tahun 2000 telah muncul inovasi bisnis permata dari abu kremasi mayat. Bisnis aneh ini kenyataannya sekarang semakin diminati konsumen mengingat tradisi masyarakat Korea yang memandang pentingnya hidup bersama abu orang terdekat yang telah meninggal. Di Jepang, ide inovasi bisnis semangka berbentuk persegi yang digagas oleh para petani kreatif di Jepang pada tahun 2001 semakin meluas dan diekspor ke berbagai negara Barat dan Eropa karena keunikan bentuknya dan kepraktisannya saat konsumen memasukkan semangka ke dalam kulkas. Ide bisnis gila juga ditemui di China dengan adanya bisnis udara segar dalam kaleng yang diprakarsai oleh seorang jutawan karena melihat kondisi udara di China yang berpolusi tinggi. Selain itu, di Taiwan terdapat pula bisnis aneh dan tak lazim yaitu bisnis restoran berkonsep modern toilet yang menggunakan replika piring berbentuk toilet untuk menyajikan makanan ke konsumennya. Disamping itu, di negara kita, Indonesia, juga terdapat bisnis populer yang diawali dari ide yang tidak biasa yaitu bisnis kopi dari kotoran Luwak atau dikenal luas di dunia sebagai kopi Luwak. Meski kopi Luwak berasal dari biji kopi yang telah mengalami proses fermentasi dari perut Luwak dan menajdi kotoran namun faktanya banyak penikmat kopi dunia rela merogoh kocek dalam-dalam demi mencicipi kekhasan rasa kopi Luwak. Bahkan, saking mahalnya harga kopi Luwak ini membuat para petani di Vietnam membuat kopi Luwak palsu untuk dipasarkan. 
Di Indonesia, ada seorang pebisnis yang populer karena ide bisnis gila dan cara-cara bisnis yang tidak lazimnya yaitu Purdi E. Chandra. Lembaga pendidikan Primagama dan Enterpreneur University yang didirikannya dengan bermodal keberanian dan mimpi meraih cita-cita masa kecilnya untuk menjadi entrepreneur membuatnya sukses sebagai pebisnis handal yang dicatat dalam rekor MURI sebagai pebisnis yang memiliki banyak cabang di kota-kota besar di Indonesia dan setiap tahun semakin berkembang. 

Untuk menjadi pebisnis yang berhasil dan tidak terkendala oleh faktor modal, Purdi berpendapat bahwa pebisnis harus terlebih dahulu memiliki karakter mental yang tangguh, berani mengambil resiko, dan tidak takut mengalami kegagalan. Terlalu banyak berpikir dan tidak segera brtindak memulai suatu usaha juga sering menjadi penghalang bagi seseorang untuk berhasil. Memulai suatu bisnis sering diibaratkan dengan masuk ke kamar kecil karena orang tidak perlu berpikir dan berhitung apabila sudah merasa perlu atau ‘kepepet’. Masalah kekurangan modal atau ketinggalan sabun, orang tersebut masih bisa mendapatkannya setelah memulai bisnis atau masuk ke kamar kecil. Cara gila untuk menjadi pengusaha dan seluk beluk ide bisnis gila dari Purdi bahkan telah dibukukan dan laris manis di pasaran. Terdapat beberapa tips wirausaha yang bisa anda coba agar bisnis anda berjalan lancar.

Tips Wirausaha Sukses dengan Ide Bisnis Gila

1. Menilai kemampuan diri: terlebih dahulu, anda harus mengerti keahlian anda, motivasi yang anda miliki, dan kesiapan anda untuk berbisnis.

2. Mencari peluang bisnis: dalam mencari pelaung bisnis, anda bisa memanfaatkan buku kuning, surat kabar, majalah, dan buku-buku wirausaha. Membaca sumber-sumber tersebut dapat mendatangkan ide sebuah peluang usaha bagi anda yang kemudian perlu anda fokuskan secara serius.

3. Kriteria memilih bisnis: untuk berhasil dalam sebush bisnis, anda harus jeli melihat peluang yang ada dengan melakukan proses trial and error serta mempertimbangkan sebuah ide yang orisinil dan unik yang dapat menarik minat konsumen. Anda dapat memanfaatkan keahlian khusus anda, memperluas pergaulan sosial, dan meningkatkan kemampuan anda dengan mengikuti berbagai seminar, training, pelatihan, kursus, dan sebagainya. 

Setelah dijelaskan mengenai beberapa contoh ide bisnis gila dan tips bisnisnya, anda perlu menanyakan pada diri anda sendiri apakah anda berani mencoba memulai bisnis anda. Dengan dukungan doa, pikiran positif, dan kerja keras, anda harus yakin bisnis anda bisa sukses. Selamat memulai wirausaha anda. 








 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...