a

Friday, May 10, 2013

Keuntungan Investasi Emas

Emas sejak jaman dahulu telah dianggap sebagai logam berharga yang menunjukkan status ekonomi dan sosial seseorang dalam masyarakat. Di Indonesia, emas banyak ditemukan di berbagai daerah yang tersebar luas di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera sampai Papua, daerah Indonesia Timur. Saat ini, emas banyak dimiliki dalam bentuk perhiasan, koin emas, dan emas batangan. Karena nilai emas yang tinggi, banyak orang menganggap emas sebagai bentuk investasi yang sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Keuntungan investasi emas yang dipandang oleh banyak investor cenderung disebabkan oleh cara investasi emas yang tidak rumit serta harga emas yang selalu meningkat dengan perlahan. 

Mayoritas investor baik pemula maupun berpengalaman melakukan investasi emas dalam bermacam jenis, misalnya emas berjangka, perhiasan, saham pertambangan emas, reksa dana emas, koin emas, emas batangan, dan investasi emas simpanan karena banyaknya keuntungan investasi emas yang bisa diperolehnya.

Macam-Macam Keuntungan Investasi Emas

Dibandingkan investasi property yang cenderung memerlukan modal yang relative besar, investasi emas sangat mudah dilakukan oleh banyak kalangan serta memiliki lebih banyak keuntungan investasi emas seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
1. Emas Mudah Dicairkan
Mengingat sebelum digunakannya uang sebagai alat tukar yang sah sekarang, dahulu emas telah dijadikan alat tukar dalam kehidupan masyarakat di dalam dan luar negeri guna membeli kebutuhan sehari-hari. Hal ini merupakan bukti bahwa emas sejak lama telah bernilai tinggi dan laku dapat digunakan serta diterima di manapun di seluruh dunia. Likuiditas logam mulia yang tinggi ini menjadi sebab mengapa emas mudah dijual apabila pemiliknya sedang membutuhkan uang. Penjualan emas yang mudah melalui perantara seperti toko emas, pegadaian, maupun orang-orang yang berminat membeli logam mulia, sungguh mempersingkat waktu untuk memperoleh dana cair yang kita butuhkan untuk memenuhi keperluan kita.

2. Emas Bebas dari Pajak
Investasi emas dalam bentuk fisik tidak akan merugikan malah selalu menguntungkan karena investor tidak akan terkena biaya pajak. Investasi emas, kenyataannya, merupakan satu-satunya investasi atau tabungan yang terbebas dari pajak. Berapapun jumlah emas yang kita miliki dan seberat apapun berate mas kita, kita tidak akan dikenakan pembayaran pajak atas emas tersebut. Apabila anda melakukan investasi emas di lembaga keuangan terpercaya seperti bank atau pegadaian, anda tidak akan dipotong pajak tetapi tetap akan dikenai biaya administrasi wajib bulanan sesuai tarif ditetapkan masing-masing lembaga.

3. Emas Sebagai Pelindung Kekayaan 
Keuntungan investasi emas lainnya adalah emas bisa menjadi pelindung kekayaan yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini dapat diartikan bahwa tanpa terpengaruh oleh krisis ekonomi dan keputusan pemerintah, emas dapat kita miliki sebanyak-banyaknya tanpa pembatasan jumlah kepemilikan. Disamping itu, nilai emas tidak akan terpengaruh oleh adanya krisis ekonomi apabila pemerintah suatu saat memutuskan untuk mengadakan kebijakan devaluasi hingga nol rupiah. 

4. Emas Sebagai Investasi Masa Depan
Karena nilai aset logam mulia yang nyata, emas banyak bermanfaat sebagai investasi masa depan atau jangka panjang yang berfungsi sebagai tabungan untuk keperluan biaya pendidikan, biaya naik haji, umroh, pernikahan, pembangunan rumah, serta berbagai macam keperluan hidup lainnya saat dibutuhkan. Untuk memfungsikan emas sebagai investasi masa depan, seseorang tidak perlu menjual logam mulia yang dimilikinya. Pemilik emas dapat menggadaikan emas yang dimiliki di lembaga khusus dan resmi misalnya di pegadaian sehingga pada saat ia telah memiliki dana, emas tersebut dapat ditebus dan dimiliki kembali.

5. Emas Memiliki Resiko Rendah dan Bebas Inflasi
Memilih berinvestasi emas merupakan keputusan yang tepat karena disamping investasi property seperti tanah, investasi emas juga bebas dari inflasi. Investasi emas sama dengan investasi tanah yang beresiko rendah karena selalu meningkat harga jualnya dari waktu ke waktu. Harga jual logam mulia selalu berdasarkan harga jual emas yang berlaku di pasaran saat itu.
Kesimpulannya, memilih berinvestasi emas tidak akan merugikan anda karena berbagai macam manfaat dan keuntungan investasi emas yang akan anda dapatkan seperti telah diuraikan dengan jelas dalam artikel ini.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...