a

Monday, September 3, 2012

Peluang Bisnis Mahasiswa

Jika anda membaca artikel ini, maka anda bisa dibilang merupakan mahasiswa calon sukses. Anda berbeda dari mahasiswa yang lain, dan sudah memikirkan peluang bisnis sejak mahasiswa. Saat ini begitu banyak peluang yang ada di internet jika anda tahu mengambil peluang tersebut. Berikut ini beberapa peluang bisnis tanpa/sedikit modal yang cocok untuk kantong anda sebagai mahasiswa.

Anda bisa sering-sering ke forum seperti kaskus.co.id. Pergilah ke forum jual beli dan lihat apa saja yang dijual disana. Anda bisa menjual jasa sesuai dengan keahlian/skill anda, ataupun anda bisa sebagai perantara dengan menjual produk orang lain. Anda tinggal mengamati bagaimana orang lain menjual lalu menirunya. Lihat, tiru dahulu, baru kemudian anda modifikasi jika perlu.
Kunjungi website-website freelance yang ada di internet. Anda bisa berkunjung ke fiverr.com. Disini anda bisa menjual jasa seperti membuat artikel, menyanyi dan merekam lewat video, dan banyak hal-hal aneh lain yang bisa anda jual. Anda cukup mengamati dulu pasarnya seperti apa.
Selain fiverr anda bisa berkunjung ke website freelance yang lain seperti elance.com, odesk.com, atau ke freelancer.com. Website-website itu merupakan website-website freelance yang sudah terkenal dan banyak menyediakan peluang bisnis. Pelajari sistem kerjanya dan coba untuk dipraktekkan, kalau misalnya anda sudah mulai kebanyakan order, anda bisa mempekerjakan teman.
Terakhir adalah dengan membuat blog. Bisa ke blogger.com dan wordpress.com. Disini anda bisa membuat blog secara gratis. Anda cukup menulis artikel. Usahakan membuat artikel secara kontinue setiap hari. Jika traffic sudah mulai banyak, anda bisa memasang iklan menggunakan google adsense atau iklan-iklan yang sejenis. Selain mencari uang dari adsense, anda juga bisa mencari uang dengan menjual produk orang lain seperti yang ada di clicbank.com dan amazon.com.
Saran saya, awalnya anda lihatlah dulu peluang-peluang yang telah saya sebutkan tadi. Coba amati kira-kira bisnis mana yang paling cocok dengan anda. Cari referensi-referensi di tempat lain juga agar anda bisa memutuskan dengan lebih baik. Ingat, buat deadline dengan menetapkan tanggal dari proses anda mengamati sampai memutuskan. Soalnya, jika tidak diberi deadline maka bisa anda akan terus menunda. Beri reward and punishment jika anda sukses atau gagal terhadap deadline anda.
Setelah itu jalankan bisnis yang sudah anda putuskan secara fokus dan kontinue. Ingat, kadang anda memerlukan waktu yang lama untuk menjadi ahli disitu, jangan gampang menyerah, dan selalu berpikiran positif. Semoga sukses. :)
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...