Tuesday, May 28, 2013

Cara Menabung Emas

Memiliki tabungan emas saat ini menjadi fenomena yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak kalangan setuju bahwa menabung emas merupakan cara investasi jenius yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di masa depan dengan jalan menyimpan emas dalam bentuk emas batangan (logam mulia) maupun emas perhiasan. Cara menabung emas dengan sarana pembelian emas batangan dan emas perhiasan juga dapat digunnakan sebagai cara mengantisipasi dan berjaga-jaga dalam menyediakan biaya untuk memenuhi kemungkinan adanya kebutuhan yang tidak terduga misalnya sakit penyakit, kecelakaan, meninggal dunia, dan keperluan lain yang bersifat mendadak dan tiba-tiba. 

Pergeseran gaya hidup dan perkembangan jaman mengakibatkan pola pikir masyarakat yang modern yaitu dengan memilih menabung emas dibandingkan menabung uang tunai melalui media penyimpanan pada bank-bank dalam bentuk rekening tabungan, deposito, giro, dan sebagainya. Tata cara menabung emas yang tepat akan dijelaskan di bawah ini.

1.    Pertama-tama, pembelian emas dalam bentuk emas batangan dapat dilakukan melalui PT. Aneka Tambang, Tbk, bank, serta pegadaian. Sedangkan pembelian emas perhiasan dapat dilakukan di toko-toko emas yang tersebar di berbagai tempat.

2.    Penyimpanan emas yang anda miliki dapat dilakukan di rumah sendiri dengan memperhatikan faktor keamanan. Anda dapat mennyimpan emas anda di brankas atau di tempat yang tersembunyi dan aman dari jangkauan orang-orang luar.

3.    Anda dapat menabung emas di lembaga keuangan yang terpercaya seperti bank dan pegadaian yang relatif lebih aman daripada penyimpanan emas di rumah. Biasanya bank dan pegadaian memiliki fasilitas tabungan emas yang dapat anda sesuaikan dengan kuantitas emas anda dan jangka waktu penyimpanan emas yang anda kehendaki. Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis emas dapat anda simpan di bank , pada umumnya emas yang dapat ditabung adalah emas dengan kadar karat minimal 23 karat.

4.    Saat harga emas turun, anda dapat melakukan pembelian emas agar lebih menguntungkan. Penjualan emas sebaiknya dilakukan di saat yang tepat yaitu saat harga emas di pasaran sedang membumbung tinggi.

Panduan Memulai Tabungan Emas Bagi Pemula

Tata cara menabung emas yang telah diuraikan diatas perlu didukung dengan panduan memulai tabungan emas bagi anda yang masih pemula dalam menabung emas. Agar anda dapat menabung emas dengan sukses, anda perlu memahami beberapa panduan mudah seperti di bawah ini.
•    Hal yang paling mutlak agar anda dapat berhasil dalam menabung emas adalah memiliki modal persiapan mental seperti niat yang kuat untuk menabung emas.
•    Sebelum memutuskan untuk menabung emas, anda sebaiknya mempelajari berbagai seluk beluk dan mencari informasi mengenai cara menabung emas yang aman dari bermacam-macam sumber seperti lembaga-lembaga keuangan (bank/ pegadaian), buku, majalah, serta internet.
•    Pertimbangkan tempat pembelian emas jenis logam mulia dan emas perhiasan yang legal dan terjamin di sekitar daerah anda misalnya di toko emas, bank atau pegadaian.
•    Pikirkan target kepemilikan emas sejumlah gram tertentu yang sesuai dengan budget yang anda miliki.
•    Dengan kemampuan finansial anda yang tidak begitu besar, anda dapat mencoba membeli emas dengan sistem kredit di pegadaian dengan jangka waktu angsuran dan jumlah angsuran per bulan yang disesuaikan dengan kemampuan anda. Sebagai saran, anda lebih baik menargetkan jangka waktu pelunasan cicilan dalam waktu 5-6 bulan agar pelunasan lebih cepat selesai dan tidak membebani anda.

Pada dasarnya, trend menabung emas dengan berbagai cara menabung emas yang banyak dilakukan masyarakat disebabkan karena adanya bermacam-macam kelebihan emas yang bebas inflasi, mudah dicairkan, bebas pajak, serta nilai ekonominya yang seiring waktu semakin meningkat. Kenyataan ini menjadikan tradisi menabung emas cenderung lebih menguntungkan daripada menabung uang tunai yang nilainya selalu mengalami penurunan seiring waktu. Jadi, anda tidak perlu menunggu lama untuk menabung emas demi memperoleh hasil yang maksimal.



   
   
   










 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...