Saturday, May 11, 2013

Cara Berinvestasi Emas

Banyaknya keuntungan berinvestasi emas banyak mendorong para investor menempatkan dana dalam bentuk berbagai cara berinvestasi emas yang tersedia di pasaran. Logam mulia atau emas memang memiliki nilai investasi yang sangat tinggi. Nilai emas yang selalu stabil dan meningkat dari tahun ke tahun banyak dijadikan salah satu alternatif investasi yang sangat menjanjikan disamping investasi tanah. 

Tips dalam Cara Berinvestasi Emas

Sebelum memilih cara berinvestasi emas yang anda minati, anda perlu memperhatikan beberapa tips penting dalam investasi emas sehingga anda tidak mengalami kerugian atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Carilah Informasi Sebanyak-Banyaknya
Agar anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam berinvestasi emas, pelajarilah dahulu berbagai informasi tentang emas, baik sejarah maupun peluang nilai emas yang ada sehingga anda dapat berhasil menjalankan investasi emas anda. 

Belilah Emas di Tempat Penjualan yang Tepat.
Jika anda memilih berinvestasi emas dalam bentuk emas perhiasan, sebaiknya anda memilih untuk membeli di toko-toko perhiasan emas terpercaya. Sedangkan bagi anda yang memutuskan untuk berinvestasi emas batangan, anda sebaiknya mendapatkan emas di tempat penjualan emas batangan yang resmi dan terjamin yaitu di PT. Aneka Tambang Indonesia (PT. Antam). Pembelian emas di PT. Antam akan selalu mendapatkan jaminan berupa sertifikat resmi kepemilikan emas secara detail yang memuat keaslian emas serta kadar emas yang anda beli. 

Berinvestasi Emas Sesuai Kemampuan
Dengan dana yang anda miliki, sesuaikanlah pembelian emas anda agar jangan terlalu berlebihan. Bagi investor pemula yang belum berpengalaman, lebih baik memulai berinvestasi emas dalam jumlah kecil. Pembelian emas umumnya dapat dibeli dari ukuran 1 gram hingga 1 kilogram.

Lindungi Emas Anda
Setelah anda membeli emas , pikirkan tempat penyimpanan emas yang aman misalnya brankas baja di rumah atau safety deposit di bank sehingga terhindar dari tindak pencurian atau perampokan yang tidak diinginkan.

Macam-Macam Cara Berinvestasi Emas

Macam-macam cara berinvestasi emas bagi para investor secara umum adalah seperti berikut ini.

1. Investasi Emas Perhiasan dan Koin Emas
Investasi emas dalam bentuk perhiasan dan koin emas sering dilakukan investor dengan dana terbatas. Keuntungan investasi emas jenis ini relatif kecil mengingat adanya biaya potongan harga yang dikenakan saat penjualan kembali serta ongkos pembuatan saat pembelian. 

2. Investasi Emas Berjangka 
Investasi emas berjangka merupakan jenis investasi emas dengan resiko tinggi karena investor melakukan investasi emas tanpa memiliki fisik emas tetapi dengan surat kontrak berjangka waktu tertentu. Jika harga emas di tanggal kontrak lebih rendah dari harga emas saat kontrak dibuat maka investor akan mengalami kerugian. Perhitungan yang tepat diperlukan investor agar memperoleh keuntungan dalam jenis investasi ini.

3. Investasi Emas di Bank
Menempatkan emas di bank dalam bentuk simpanan akan lebih aman dan terjamin dengan adanya fasilitas safe deposit box yang disediakan oleh bank. 

4. Investasi Emas Batangan
Salah satu investasi emas yang paling menguntungkan adalah investasi emas batangan karena anda tidak akan dikenakan biaya pembuatan serta paling mudah untuk dijual kembali.

5. Investasi Emas Reksa Dana
Kurang populernya investasi emas reksa dana jarang dilirik oleh investor pemula karena rumitnya proses investasi emas ini. Investor tidak mendapat emas dalam bentuk fisik dan harus memikirkan hal-hal penting seperti beban dana, biaya manajemen, dan nilai aktiva bersih.

6. Investasi Emas ETF
Investasi emas dengan cara Exchange Trade Fund adalah jenis investasi emas reksa dana yang bisa diperjual belikan dalam bursa saham. Sayangya, di Indonesia investasi emas ETF ini belum dijalankan.

7. Investasi Saham Pertambangan Emas
Jenis investasi ini lebih aman untuk investor yang berminat memiliki emas dalam bentuk fisik. Investasi emas delam bentuk saham pertambangan emas dilakukan dengan cara membeli saham-saham perusahaan tambang emas. Investor dapat menaksir keuntungan dan kerugiannya berdasarkan biaya produksi emas dan harga emas.

Demikianlah, semoga dengan membaca artikel ini anda dapat menetukan cara berinvestasi emas yang sesuai bagi anda serta memahami tips cara berinvestasi emas yang aman dan menguntungkan. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...