a

Tuesday, May 14, 2013

Bisnis Digital Printing

Perkembangan teknologi menciptakan peluang bisnis baru yang semakin dibutuhkan masyarakat masa kini. Salah satu bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan semakin diminati masyarakat adalah bisnis digital printing. Pada dasarnya, bisnis digital printing mulai dikenal sejak awal tahun 2000 di berbagai kota besar di Indonesia. Perusahaan percetakan, advertising, periklanan, event organizer, dan studio foto cenderung menjadi pihak yang terkait erat dengan bisnis digital printing ini. Selain itu, masyarakat modern yang semakin pintar menggunakan berbagai macam jenis gadget canggih banyak memanfaatkan bisnis digital printing ini untuk mencetak berbagai hasil karyanya misalnya jepretan foto, rancangan desain, brosur, spanduk, kartu nama, dan lain sebagainya. 

Dalam memulai bisnis digital printing diperlukan biaya yang lumayan untuk membeli peralatan bisnis digital printing yaitu mesin digital printing yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Disamping itu, kelebihan bisnis digital printing yang instan cepat sangat memudahkan para konsumen dibandingkan bisnis sablon manual yang memerlukan waktu lama. Kelebihan ini seringkali dilirik berbagai perusahaan seperti perusahaan percetakan, advertising, periklanan, event organizer, dan studio foto untuk menggunakan bisnis digital printing sebagai solusi yang cepat, berkelanjutan dan dalam jumlah yang banyak dalam hasil produknya.

Cara Memulai Bisnis Digital Printing

Kebutuhan masyarakat akan produk cetak yang semakin berkembang dan teknologi yang semakin maju merupakan peluang bagi bisnis digital printing. Meskipun bisnis digital printing telah meluas hingga ke pelosok, namun belum terlambat bagi anda yang berminat memulai bisnis ini karena potensi ekonominya yang baik di masa mendatang. Inilah beberapa cara memulai bisnis digital printing yang bisa anda pertimbangkan atau lakukan.

Lokasi bisnis digital printing
Pemilihan lokasi usaha menjadi syarat mutlak berkembangnya bisnis digital printing anda. Sebagai informasi, bisnis digital printing memerlukan ruangan bisnis yang lumayan luas dan terstruktur mengingat panjang mesin digital printing yang hampir mencapai 3 meter. Disamping itu, anda juga disarankan untuk menyiapkan ruangan-ruangan khusus seperti ruang tata usaha, ruang administrasi, ruang setting, ruang produksi, dan ruang tunggu agar lebih memudahkan bisnis digital printing anda. 

Mempersiapkan segala perlengkapan bisnis digital printing
Anda wajib memiliki mesin digital printing untuk bisnis digital printing yang bisa meliputi mesin cetak kertas, mesin printing spanduk, mesin cetak mugs, mesin cetak foto, mesin cetak stiker, serta mesin cetak T-shirt. Pembelian mesin digital printing dapat anda lakukan dengan mengunjungi agen distributor mesin digital printing secara tunai maupun kredit dengan bantuan leasing-leasing yang ada di daerah anda. Hal penting yang perlu anda lakukan adalah juga melakukan pembelian bahan-bahan penunjang bisnis digital printing misalnya tinta, kertas, plastik terpal, sparepart dan bahan pendukung lainnya. Persiapkanlah terlebih dahulu berbagai peralatan dan bahan penunjang bisnis digital printing anda sehingga nantinya anda tidak kewalahan dalam pengoperasian bisnis anda. 

Taktik pemasaran bisnis digital printing
Dalam proses berjalannya bisnis digital printing anda, gunakanlah trik pemasaran bisnis digital printing yang jitu seperti dengan pemasaran secara online melalui sarana sosial media, situs iklan jual beli gratis, dan pemasaran dari mulut ke mulut. Ditambah lagi, anda dapat pula memakai taktik diskon atau potongan harga untuk menarik lebih banyak konsumen dan menggunakan sarana promosi melalui media cetak misalnya koran atau majalah guna lebih menjangkau semua kalangan masyarakat. 
Bagi anda yang belum mengenal produk-produk yang dihasilkan oleh bisnis digital printing, pada umumnya mesin digital printing bisa mencetak berbagai hasil karya desain seperti banner/spanduk, mug, T-shirt, brosur, katalog, pamflet, foto, undangan, kalender dan kartu nama. Sebagai alternatif guna memperoleh lebih banyak keuntungan, anda dapat menggabungkan bisnis digital printing dengan jasa desain serta editing foto. 

Semoga beberapa informasi mengenai bisnis digital printing yang telah dibagikan disini dapat memberi inspirasi dan menambah pengetahuan bagi anda yang berencana memulai bisnis digital printing. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...