a

Thursday, May 2, 2013

Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Untuk meraih sebuah kesuksesan pada dasarnya tidak diperlukan tingkat pendidikan yang tinggi dan jumlah modal yang besar. Hal ini mengingat bahwa kesuksesan adalah hak yang dimiliki manusia sejak lahir. Setiap orang berhak untuk sukses. Terlepas dari bermacam cara untuk mencapai kesuksesan tersebut, setiap orang sebaiknya berusaha dan bekerja keras untuk mencapainya. Salah satu cara yang mudah dilakukan oleh siapa saja untuk mencapai kesuksesan adalah dengan menjalankan bisnis rumahan yang menguntungkan. 

Tips Mudah Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

Bisnis rumahan yang menguntungkan biasanya berawal dari hobi yang potensial dan terus ditekuni sebagai sumber pemasukan tambahan bagi keluarga. Walau demikian, sebelum memulai menjalankan bisnis rumahan anda, anda sebaiknya memperhatikan beberapa tips sebagai berikut

1. Miliki Persiapan Usaha yang Matang dan Terencana
Tips pertama adalah memiliki persiapan usaha rumahan yang matang dan terencana dengan mempertimbangkan modal awal yang dimiliki dan lokasi usaha anda. Perhitungkan terlebih dahulu modal yang diperlukan untuk memulai usaha rumahan anda serta letak lokasi usaha yang strategis. Pikirkan apakah anda perlu menyewa ruko atau memanfaatkan rumah anda sendiri sebagai tempat usaha rumahan yang menguntungkan. Selain itu, persiapkan segala perlengkapan usaha rumahan anda agar dapat segera memulai usaha rumahan anda.

2. Kembangkan Kemampuan yang Anda Miliki
Setiap orang memiliki potensi dan keahlian yang berbeda dari orang lain. Agar dapat meraih kesuksesan, anda harus mengenali potensi anda lalu memaksimalkannya dengan cara mengikuti pelatihan, training, membaca buku keterampilan, atau menimba ilmu dari orang yang telah berpengalaman dalam dunia bisnis rumahan yang menguntungkan. 

3. Kenali Kondisi Lingkungan di Sekitar Anda
Anda sebagai pemula harus jeli melihat dan mengamati kondisi lingkungan di sekitar anda sehingga dapat melihat potensi yang tersembunyi seperti banyaknya ketersediaan tenaga kerja, potensi pemasaran produk, serta ketersediaan bahan baku produk yang lebih terjangkau. 

4. Lakukan Pengelolaan Bisnis Rumahan secara Maksimal
Melakukan pengelolaan bisnis rumahan secara maksimal sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Pengelolaan bisnis rumahan yang menguntungkan juga harus dilakukan secara konsisten sehingga anda tidak melewatkan setiap detail proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi bisnis rumahan anda. 

5. Promosikan Produk Bisnis Rumahan Anda secara Efektif
Di jaman modern seperti sekarang, tidak hanya promosi atau pemasaran secara konvensional seperti promosi dari mulut ke mulut dan door to door yang perlu dilakukan. Untuk memperluas pemasaran dan meraih pasar yang lebih luas, anda harus memasarkan produk bisnis rumahan anda melalui media online yaitu mengiklankan produk anda di jejaring sosial, website jual beli gratis, atau blog. 

Contoh-Contoh Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Apabila anda masih bingung menentukan jenis bisnis rumahan yang menguntungkan untuk anda jalankan, anda bisa memilih salah satu contoh bisnis rumahan yang menguntungkan di bawah ini.

Bisnis Kerajinan Tangan 
Salah satu contoh bisnis rumahan yang menguntungkan adalah usaha kerajinan tangan dengan berbagai berbahan seperti barang bekas, limbah rumah tangga, atau kain flannel. Keterampilan anda dalam memproduksi kerajinan tangan ini akan menghasilkan keuntungan yang lumayan mengingat biaya bahan bakunya yang cenderung sangat murah dan terjangkau.

Bisnis Kuliner Rumahan
 Bagi anda yang memiliki hobi dan keahlian memasak, dapat mencoba memulai bisnis kuliner rumahan seperti usaha katering, usaha camilan atau makanan ringan. Dengan modal yang tidak begitu besar, anda biasanya bisa mendapat keuntungan sebanyak 100% hingga 200%. 

Bisnis Ternak Ayam 
Dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah atau halaman rumah sendiri, anda dapat melakukan bisnis ternak ayam kampung yang memiliki waktu panen relatif singkat yaitu 70 hari. Disamping itu harga mesin tetas untuk peralatan bisnis ternak ayam juga cukup terjangkau. Meskipun demikian, anda sebaiknya mendalami dan mempelajari lebih lanjut mengenai cara ternak ayam yang tepat agar bisnis anda dapat berjalan lancar. 

Bisnis Laundry Rumahan
Mempertimbangkan lokasi tempat tinggal anda yang dekat dengan rumah kos, perumahan, atau pondok pesantren, tidak ada salahnya mencoba membuka usaha laundry rumahan per kilo yang seiring waktu semakin banyak diminati masyarakat.
Untuk menentukan jenis bisnis rumahan yang menguntungkan bagi anda, anda dapat mempertimbangkan potensi yang anda miliki dan kondisi pasar. Sekian artikel mengenai bisnis rumahan yang menguntungkan ini, diharapkan pembaca dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas dalam memulai bisnis rumahan.






 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...