Wednesday, May 22, 2013

Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dalam hidup manusia. Setiap orang selalu membutuhkan makanan baik makanan berat maupun makanan ringan untuk terus bertahan hidup. Fakta ini menjadi peluang untuk terjun dan menekuni bisnis di bidang makanan yang tidak ada matinya di masa sekarang maupun masa mendatang. Selain itu, bisnis makanan atau kuliner di negara ini saat ini sedang berada di puncak kejayaan dan menjadi trend yang terus berkembang serta semakin diminati masyarakat dan penikmat kuliner nusantara. Untuk memulai suatu bisnis makanan yang menguntungkan, anda perlu memikirkan beberapa pilihan makanan yang dapat selalu bertahan di pasar dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. 

Pilihan Jenis Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Secara umum, bisnis makanan yang menguntungkan dapat dilakukan secara individu dengan membuka usaha bisnis makanan secara personal seperti warung makan dan restoran serta secara kerja sama dengan pihak kedua yaitu waralaba. Meskipun demikian, pemilihan jenis makanan yang akan dijual pada bisnis makanan anda perlu dipertimbangkan dengan matang dan bijak. Beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan referensi dalam bisnis makanan anda adalah jenis makanan musiman yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia misalnya makanan Italia, makanan Korea, dan makanan Jepang. 

Bisnis Makanan Italia
Makanan Italia seperti pizza dan pasta merupakan jenis makanan yang banyak digandrungi oleh masyarakat sejak lama. Bagi anda yang bermodal kecil, anda dapat mencoba memasarkan jenis makanan Italia ini secara kecil-kecilan di toko roti, restoran, maupun kantin sekolah serta memanfaatkan pemasaran secara online. Sedangkan bagi anda yang bermodal lebih, anda dapat membuka bisnis makanan sendiri secara individu maupun bekerja sama dengan pihak waralaba franchise yang umumnya berkisar antara > 6 juta rupiah. 

Bisnis Makanan Korea
Trend budaya Korea di Indonesia yang semakin meluas di masyarakat semakin menarik minat masyarakat untuk menggemari masakan korea seperti bulgogi (daging sapi saus wijen), bibimbap (nasi campur korea) dan kimchi (asinan dari sawi khas korea). Biasanya bisnis makanan korea ini banyak dilakukan secara franchise dengan modal > 20 juta karena bahan bakunya yang masih harus diimpor dari luar.

Bisnis Makanan Jepang
Bisnis makanan Jepang telah lama digemari masyarakat Indonesia dengan banyaknya restoran makanan jepang di kota-kota besar. Disamping itu, sekarang banyak dijumpai gerai makanan Jepang kaki lima yang menyediakan menu populer seperti bento, tempura, ramen, sushi, dan sukiyaki. Bisnis makanan Jepang umumnya dilakukan secara franchise dengan investasi awal sekitar > 10 juta. 

Tips Memulai Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Guna memiliki suatu bisnis makanan yang mengutungkan, pebisnis perlu memperhatikan tips-tips berikut.

1. Pertimbangkan modal yang anda miliki serta buatlah draft kasar perencanaan bisnis yang memperhitungkan perkiraan keuntungan per hari bulan, pengeluaran yang diperlukan, serta perhitungan balik modal. 

2. Pemilihan lokasi bisnis makanan yang tepat dan strategis untuk mendapatkan konsumen baru.

3. Penetapan harga jual makanan dan kualitas layanan bagi konsumen misalnya kebersihan tempat usaha, servis karyawan, kenyamanan, dan sebagainya.

4. Perlunya melakukan inovasi dan kreasi baru dalam bisnis makanan anda supaya pelanggan tidak cepat bosan. Adanya inovasi rasa dan menu baru akan selalu menarik pengunjung untuk mencoba makanan anda. 

5. Selalu update pengetahuan anda dengan trend pasar yang sedang berkembang seperti layanan berbasis teknologi, pesan antar, fasilitas hotspot, dan sebagainya. Perluas juga sosialisasi anda sehingga dapat mempermudah promosi secara mouth to mouth promotion maupun melalui media jejaring sosial (Facebook atau Twitter).  
Selain beberapa tips yang telah dibagikan diatas, anda sebaiknya memiliki mental bisnis yang tidak mudah menyerah, optimis, sabar, dan kreatif. Dengan mentak bisnis yang bagus,bisnis makanan yang menguntungkan anda lambat laun akan semakin berpeluang untuk berkembang dan menghasilkan. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...