a

Saturday, May 11, 2013

Bisnis Barang Bekas

Saat ini, bisnis barang bekas masih dipandang sebelah mata oleh para pelaku bisnis di pasaran karena dianggap sebagai bisnis yang kurang mengutungkan dan merepotkan. Walaupun begitu, di kota-kota besar, bisnis barang bekas atau barang second nyatanya semakin berkembang dan banyak diminati oleh konsumen. Hal ini cenderung disebabkan oleh semakin banyaknya barang bekas pakai yang masih memiliki nilai jual yang baik dengan sedikit perbaikan dan polesan. Dengan harga yang jauh lebih murah dari harga barunya, konsumen bisa memperoleh barang bekas dengan kondisi fisik yang masih sangat bagus seperti aslinya. 

Jenis Barang Bekas dalam Bisnis Barang Bekas

Secara umum terdapat lima jenis barang bekas yang selalu laku dibeli dan diminati oleh konsumen dalam bisnis barang bekas. Jenis pertama adalah barang bekas yang memiliki suatu nilai collectible atau koleksi, contohnya perangko, piringan hitam, kaset, komik, diecast, CD band ternama, novel, dll. Sedangkan, jenis barang bekas yang laris manis berikutnya adalah barang bekas yang bernilai estetika dan seni seperti lukisan, ukiran, patung, karya instalasi, dan sebagainya yang dibuat oleh seniman terkenal atau masih terlihat bagus sebagai pajangan. Jenis ketiga adalah barang bekas yang bernilai historis seperti barang-barang peninggalan jaman penjajahan dan peristiwa bersejarah, misalnya keris, teropong, surat-surat pejuang kemerdekaan, sepeda kuno, pedang tentara Jepang, dll. Jenis barang bekas yang menarik konsumen selanjutnya adalah barang bekas edukatif misalnya mikroskop, bola dunia, puzzle, dan toolkit buatan import. Jenis barang bekas yang terakhir ialah barang bekas yang memiliki nilai fungsional, contohnya kulkas, sofa, lemari, AC, TV, dsb. 
Cara Bisnis Barang Bekas

Banyak cara yang dapat anda lakukan jika berniat terjun ke bisnis barang bekas ini. Sebagai tahap awal bisnis barang bekas, anda dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan barang bekas anda. Pasanglah iklan di forum-forum dengan traffic pengunjung yang ramai seperti Kaskus, jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, dan situs jual beli gratis seperti Tokobagus. Selain itu, anda juga dapat membuka bazar di acara sosial yang diselenggarakan oleh gereja, masjid, sekolah, kampus, atau berbagai lembaga sekitar anda. Ditambah lagi, anda bisa melakukan penjualan barang bekas secara door to door dengan sistem jemput bola ke rumah pelanggan. Sebagai alternatif, jika anda berminat membuka toko barang bekas, anda dapat menampung barang bekas berkualitas dari orang-orang di sekitar anda terlebih dulu. Setelah banyak terkumpul barang bekas yang laik jual, anda dapat membuka toko barang bekas dan menjualnya di rumahan atau menyewa tempat usaha lain.

Tips Bisnis Barang Bekas

Agar tidak mengalami kerugian dalam bisnis barang bekas, anda perlu mengerti tips penting berikut.
1. Pintar-pintarlah dalam memilih barang bekas yang masih laik jual dan berkondisi bagus. Jika anda merasa tidak yakin, sarankan penjual barang bekas untuk menerapkan sistem titip jual selama sekitar tiga bulan sehingga anda hanya berfungsi sebagai perantara yang menerima komisi jasa titip jual sebanyak 30%. 

2. Rajin-rajinlah untuk melakukan hunting barang bekas di pasar barang bekas atau pasar loak untuk dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

3. Jujurlah dalam menjual barang bekas pada calon pembeli. Sampaikan detail kerusakan barang jika ada dengan menetapkan harga yang sepadan atau lebih murah.

4. Selalu rawat dan bersihkan barang-barang bekas yang anda jual dengan baik agar menarik minat calon pembeli. Apabila pakaian bekas, cuci dan setrika pakaian bekas jualan anda terlebih dahulu. Jika berupa peralatan elektronik, jangan lupa memperbaiki kerusakannya sebelum melakukan penjualan. 

5. Berikan pelayanan yang baik pada pelanggan. Tidak jarang anda akan menemui pembeli yang rewel dan merepotkan, untuk membangun reputasi anda sebaiknya bersikap ramah dan sabar melayani keluhan dan kebutuhan mereka. Cantumkan nomor telpon yang selalu aktif dan bisa dihubungi pembeli.

Semoga penjelasan sekilas mengenai jenis barang bekas yang laik jual, cara mudah bisnis barang bekas, dan tips bisnis barang bekas diatas dapat memperlancar anda dalam memahami seluk beluk bisnis barang bekas. Semoga bermanfaat.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...