Sunday, April 7, 2013

Cara Investasi Emas

Investasi logam mulia atau emas saat ini merupakan pilihan investasi yang menguntungkan dan menjanjikan bagi masa depan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena emas adalah logam mulia yang harganya selalu naik seiring waktu. Harga emas yang melonjak terus membuat para investor memborong emas untuk menyimpan kekayaan di masa ekonomi sulit Dibandingkan beraneka jenis investasi lain, emas jelas lebih stabil. Bahkan, beberapa ahli memperkirakan bahwa pada 5 atau 6 tahun mendatang, nilai emas murni akan melonjak naik berkali-kali lipat dari saat ini. Dalam berinvestasi emas, ada berbagai cara investasi emas yang dapat kita pilih dan pertimbangkan.

Cara Investasi Emas dengan Sistem Gadai

Cara investasi emas ini merupakan cara konvensional yaitu dengan berdasarkan prinsip beli saat harga emas rendah dan menjual atau menggadaikannya lagi saat harga emas tinggi. Keuntungan yang diperoleh merupakan selisih antara harga awal beli dan terkahir jual. Kemudian, keuntungan tersebut dapat dibelikan logam mulia kembali dan begitu selanjutnya. Dalam melakukan cara investasi emas dengan sistem gadai, anda harus memiliki perhitungan yang tepat agar dapat memilih waktu beli dan waktu jual yang sesuai dengan kondisi pasar. 

Cara Investasi Emas dengan Prinsip Pengelolaan Modal

Cara berikutnya ialah cara investasi emas yang menganut prinsip pengelolaan modal dan aset. Lebih lanjut, pembelian emas dilakukan dengan memanfaatkan gadai emas syariah yaitu menggunakan emas kita untuk membiayai pembelian aset barang atau modal usaha yang kita butuhkan. Contoh konkretnya adalah seorang pengusaha yang mengkonversikan dana yang diperolehnya ke dalam emas batangan. Lalu ia menggadaikan atau menjual emas tersebut untuk membiayai roda bisnisnya. Setelah ia mendapat keuntungan dari bisnisnya, ia lalu menebus kembali emas batangannya tersebut. Sebenarnya cara ini merupakan cara investasi emas batangan yang cerdas karena logam mulia ini tidak hanya diam di tempat penyimpanan saja melainkan selalu difungsikan untuk menggerakkan roda perputaran usaha. Walaupun begitu, anda harus melakukan kalkulasi dengan cermat dan hati-hati sehingga anda dapat mengerti kemampuan anda untuk menebus emas dan membayar biaya gadai emas anda. 

Cara Investasi Emas di Bank

Cara ketiga ialah cara investasi emas di bank dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank tersebut. Setelah anda membeli emas, anda mungkin berpikir dimana anda bisa menempatkannya dengan aman. Apabila anda tidak mungkin menyimpan logam mulia anda di rumah karena minimnya keamanan atau resiko pencurian yang mungkn bisa terjadi, anda dapat memanfaatkan fasilitias safety box di bank yang keamanannya lebih terjamin untuk menyimpan logam mulia anda. Keuntungan yang akan anda dapat selain faktor keamanan adalah bunga bank yang cukup lumayan.

Cara Investasi Emas dengan Emas Berjangka

Yang terakhir ialah cara investasi emas dengan emas berjangka. Cara investasi emas ini dilakukan dengan kontrak jangka tertentu. Tanpa memiliki emas secara fisik, anda dapat melakukan kontark pembelian emas dengan perusahaan emas berjangka yang terpercaya. Dalam kontrak tersebut terdapat rincian harga dan jatuh tempo yang akan dijadikan pedoman. Apabila harga emas saat tanggal kontrak lebih tinggi dibandingkan harga emas saat pembuatan kontrak, anda akan memperoleh keuntungan. Akan tetapi, bila harganya lebih rendah maka anda harus bersiap-siap untuk mengalami kerugian. Untuk melakukan cara investasi emas yang beresiko ini, anda perlu memiliki pengamatan dan intuisi yang mumpuni guna memahami pergerakan emas di masa datang. 
Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya anda mempertimbangkan cara investasi emas yang telah diuraikan diatas untuk mengindari penipuan atau kesalahan langkah dalam berinvestasi. Selebihnya, ada baiknya untuk anda memperdalam pengetahuan dalam bidang investasi emas dengan membaca buku, mencari referensi di internet, serta bertukar pendapat dengan orang yang telah ahli dalam bidang investasi emas.

Bagi Anda yang ingin serius dalam berinvestasi emas, saya sarankan untuk belajar dari guru saya secara langsung. Produk yang ditawarkan berupa ebook dan video cara-cara berinvestasi emas. Anda akan diajarkan untuk membeli emas menggunakan pengungkit sehingga tidak memerlukan modal yang banyak. Silahkan Anda langsung buka : cara investasi emas.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...