a

Thursday, April 18, 2013

Titik Acuan Positif

Dalam bukunya The Greatness Guide, Robin Sharma, menjelaskan satu prinsip sederhana mengenai reference point (titik acuan). Ia menceritakan tentang seorang paruh baya yang merasa depresi dan tidak merasa berguna lagi sampai is menonton konser Mick Jagger yang ketika itu berusia 62 tahun. Apa yang terjadi dengan bapak tersebut? Tentu saja, ia tiba-tiba menemukan suatu pengharapan untuk berjuang karena reference point yang dilihatnya memberikan harapan. Bagaimana jika Anda telah berusaha berkali-kali namun kegagalan yang Anda dapatkan? 
Pelajarilah dari seorang yang bernama Thomas Edison yang telah gagal ribuan kali tetapi tidak berhenti mencoba. Bagaimana jika sakit penyakit menimpa Anda dan Anda kehilangan motivasi untuk berusaha? Belajarlah dari Lance Armstrong, peraih juara tujuh kali Tour de France, yang berhasil menaklukkan kanker prostat yang menghantuinya. Poin penting yang ingin saya sampaikan, apa pun yang Anda inginkan dalam hidup ini berusahalah untuk mencari contoh orang yang telah mampu meraihnya dan belajarlah serta temukan inspirasi dari mereka.

Namun, berhati-hatilah dalam memilih reference point, karena jika Anda salah memilih dan mengacu pada role-model yang salah, Anda akan menciptakan self-limiting belief yang mengekang pencapaian sukses Anda. Apa pun keadaan Anda saat ini, carilah reference point yang mendorong dan memberikan motivasi kepada Anda. Salah seorang Top Producer di perusahaan yang saya pimpin telah berhasil mencapai komisi di atas tiga miliar. Jumlah ini tentunya tidak sedikit dan ia merasa cukup puas karena telah menjuarai kompetisi yang sama selama empat tahun berturut-turut.

Ia berminat untuk pensiun dini karena sudah tidak memiliki motivasi yang mendorongnya seperti dulu. Beliau lalu mengikuti International Business Conference se-Asia Pasifik di Singapura, di mana semua juara dari beberapa negara Asia diberi kesempatan untuk membagikan pengalaman mereka. Sahli seorang juara dari Singapura adalah wanita muda yang berusia lebih muda dari top producer tadi dan wanita muda itu berhasil meraih komisi sebesar tujuh miliar; bahkan dengan semangat ia menetapkan target 10 miliar untuk kompetisi tahun depan. Setelah acara itu, top producer tadi merasa tertantang melihat semangat wanita muda itu dan, alhasil, ia tidak jadi pensiun dan termotivasi untuk meraih basil yang lebih baik 1agi.

Jika Anda ingin meraih kesuksesan, carilah seseorang yang telah mencapai hasil yang Anda inginkan kemudian tirulah apa yang mereka lakukan dan Anda akan mendapatkan hasil yang sama
By: Anthony Robbins
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...