a

Friday, April 12, 2013

Menghadapi Raksasa

Renungkanlah beberapa kalimat berikut ini.
Janganlah buka mata Anda mungkin akan melihat.
Janganlah menyimak pembicaraan Anda mungkin akan mendengar.
Janganlah berpikir Anda mungkin dapat memecahkan suatu masalah.
Janganlah mengambil keputusan Anda mungkin membuat keputusan yang benar.
Janganlah berjalan Anda mungkin tersandung. 
Janganlah berlari Anda mungkin terjatuh.
Janganlah hidup Anda mungkin mati.
Janganlah berubah Anda mungkin bertumbuh.
Kalimat-kalimat tersebut menghambat seseorang untuk melakukan sesuatu yang lain dalam hidup ini. Kesalahan mengambil keputusan akan mengakibatkan kerugian yang sering kali begitu mahal untuk dibayar. Tidaklah mengherankan jika kebanyakan dari kita berusaha menghindar, bahkan tidak mengambil tindakan terhadap perubahan.

Mungkin Anda berpikir, "Mampukah saya menghadapinya? Apa yang akan dikatakan orang lain? Apakah mereka akan menertawakan saya?" Melarikan din dari ketakutan adalah suatu cara cepat dan ampuh yang dapat membuat perasaan seseorang menjadi nyaman seketika. Contoh, Anda diminta untuk menjadi pemimpin suatu proyek baru di kantor. Anda rnerasa kurang percaya diri dan takut mengambil tanggung jawab baru, namun pemimpin Anda menunjuk Anda untuk melakukannya. Anda kemudian me-rasa lega, ketika karyawan lain yang lebih muda dari Anda menyodorkan diri untuk memimpin tugas tersebut. Tahukah Anda bahwa ada harga yang harus dibayar ketika Anda menolak menghadapi kekhawatiran, khususnya sesuatu yang dapat menentukan kemajuan Anda di pekerjaan. Akibat dari menjauhkan diri dari ketakutan, Anda telah kehilangan kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru, kehilangan kesempatan untuk memperlihatkan kepada atasan Anda bahwa Anda pantas mendapat kenaikan pangkat, kehilangan rasa percaya did dan merasa tidak berdaya, depresi, frustrasi, dan yang paling negatif adalah ketakutan itu bertambah besar.

Memang ada risiko bagi mereka yang berani mengambil langkah untuk berubah. Namun, sering kali risiko yang lebih besar lagi terjadi bagi mereka yang tidak mengambil keputusan sama sekali. Sayangnya, perubahan menuntut risiko dalam hidup kita. Tidak semua perubahan akan menghasilkan kemajuan, Namun, tanpa perubahan kita tidak akan dapat bertumbuh.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar apa yang kita khawatirkan tidak pernah terjadi? Cobalah simak hasil riset dari University of Michigan mengenai kekhawatiran manusia. Sejumlah 60% dari ketakutan yang kita yakini tidak pernah terjadi, dan 20% dari ketakutan kita berasal dari kejadian masa lalu yang saat ini tidak mampu kita ubah. Sementara itu, 10% dari ketakutan kita didasari pada hal-hal yang tidak penting dalam hidup kita. Dari sisa 10%, hanya 4% sampai 5% ketakutan yang patut kita kategorikan sebagai ketakutan yang sesungguhnya. Kesimpulannya, 95% hal-hal yang kita takuti tidak memiliki dasar yang kuat untuk dipercayai dan ketakutan itu adalah wujud dari imajinasi yang salah yang sering kali membesar-besarkan ketakutan itu sendiri. Gantilah imajinasi negatif Anda menjadi positif dan ketakutan Anda akan berubah menjadi kekuatan Anda.

Ribuan lilin dapat dinyalakan dari hanya sebuah lilin, dan umur dari lilin tersebut tidak berkurang. Kebahagiaan tidak pernah berkurang walau dibagi
By: Buddha
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...