Sunday, April 21, 2013

Macam-Macam Usaha Sampingan

Saat-saat paling tepat untuk memulai usaha sampingan adalah saat anda masih memiliki pekerjaan tetap. Hal ini mengingat tersedianya jaminan dan perlindungan bagi anda dari resiko kegagalan atau kerugian dari usaha sampingan yang anda akan jalankan tersebut. Untuk dapat berhasil menekuni macam-macam usaha sampingan, anda perlu terlebih dahulu menentukan dengan tepat situasi pasar, minat serta keahlian anda. 

Perlu diperhatikan bagi karyawan yang ingin menjalankan macam-macam usaha sampingan untuk menempatkan waktunya secara proporsional. Sebagai contoh, bagi karyawan yang berencana memulai usaha sampingan, diharapkan agar menjalankan usaha sampingan di saat waktu luangnya atau sepulang kerja agar tidak mengganggu pekerjaan tetap yang telah dimilikinya. Disamping itu, perlu anda ingat bahwa anda sebaiknya tidak tergesa-gesa meninggalkan pekerjaan tetap anda karena melihat permulaan usaha sampingan anda yang anda rasa akan lebih menghasilkan dari penghasilan anda. Hal ini patut secara bijaksana dipertimbangkan mengingat dinamisnya kondisi pasar yang merupakan sebuah siklus hidup. Suatu usaha sampingan yang awalnya berjalan bagus, tidak akan selamanya berjalan mulus. Selain itu, anda sangat dilarang untuk menggunakan peralatan dan media kerja anda di kantor sebagai sarana menjalankan usaha sampingan anda. Hal ini dapat berakibat buruk pada kinerja anda di kantor atau menurunnya image profesionalitas anda di mata karyawan lain atau atasan anda.
Macam-Macam Usaha Sampingan bagi Pekerja Kantoran
Bagi pekerja kantoran yang memiliki waktu terbatas, terdapat macam-macam usaha sampingan yang dapat dilakukan seperti dibawah ini.

Jasa Les Privat 
Menyediakan jasa les privat pada anak-anak pelajar usia SD hingga SMA di sekitar tempat tinggal merupakan usaha sampingan yang potensial bagi anda yang menyukai dunia pendidikan dan memiliki keahlian tertentu di beberapa mata pelajaran seperti matematika, bahasa inggris, bahasa Indonesia, biologi, fisika, dan lain sebagainya. Untuk melakukan usaha sampingan les privat ini, anda dapat menggunakan waktu sepulang kerja antara pukul 19.00-21.00 WIB dengan mematok tarif harga les 1 jam per hari untuk setiap anak. 

Jasa Kredit Peralatan Rumah Tangga
Meskipun jenis usaha sampingan ini membutuhkan modal awal yang lumayan besar untuk pembelian peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, TV, AC, microwave, kompor gas, blender, dan lainnya, namun keuntungan yang akan anda peroleh nantinya lumayan besar. Anda dapat menetapkan jangka waktu kredit dari 3 bulan hingga 12 bulan dengan bunga sekitar 10%. 

Reseller Baju Murah
Bagi pekerja kantoran, usaha sampingan sebagai reseller baju murah dipandang menjanjikan karena anda bisa memasarkan berbagai jenis baju murah atau produk fashion lainnya yang anda jual kepada rekan sekantor atau kolega bisnis anda yang sekiranya berminat. Selain itu, anda dapat pula mengandalkan internet untuk pemasarannya secara online. 

Penerjemah atau Penulis Lepas
Menjadi penerjemah atau penulis artikel lepas merupakan contoh usaha sampingan yang dapat dikerjakan pekerja kantoran di waktu luangnya. Bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa asing dan tertarik terjun di dunia penerjemahan dan penulisan, dapat mengirimkan tulisannya ke penerbit atau perusahaan penerjemahan yang memerlukan penulis lepas atau penerjemah bahasa asing. 

Membuka Usaha Toko
Bagi pekerja kantoran yang berniat menggunakan penghasilannya untuk berwiraswasta, anda dapat membuka toko seperti toko kelontong, toko baju muslim, toko sepatu, toko komputer, toko handphone dan sebagainya yang anda rasa sesuai dengan selera dan kemampuan anda untuk menjalankannya. Untuk penanganan operasional dan manajemen toko, anda dapat memperkerjakan satu atau dua orang pekerja atau kerabat yang anda percayai. 
Sebelum memulai usaha sampingan anda, akan lebih bijaksana apabila anda melakukan analisa situasi pasar dengan jeli sehingga anda akan mengerti macam-macam usaha sampingan yang potensial dan menguntungan tidak hanya untuk saat ini tapi juga untuk beberapa tahun ke depan. 










 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...