Tuesday, April 9, 2013

Bisnis Baju Online

Dinamisnya trend fashion dari tahun ke tahun mendorong menjamurnya bisnis baju online. Banyak kalangan yang tertarik untuk mencoba bisnis baju online ini karena kemudahan serta kepraktisan yang ditawarkannya. Kemudahan akses internet menjadi sarana penunjang utama dari perkembangan bisnis baju online. Seseorang dapat membuka toko baju online tanpa butuh biaya yang besar dan tanpa waktu yang lama. 

Panduan Memulai Bisnis Baju Online

Bisnis baju online memungkinkan pelaku bisnis melakukan pemasaran yang luas kepada calon konsumennya. Sebelum memulai bisnis baju online, berikut terdapat beberapa panduan yang bisa anda lakukan demi kelancarann bisnis baju online anda. 

Penentuan Lokasi Bisnis Baju Online
Langkah awal yang paling menentukan kesuksesan bisnis baju online anda adalah pemilihan lokasi penjualan baju online yang tepat. Mengingat banyaknya media online yang bisa digunakan sebagai sarana penjualan baju online, anda perlu memilih lokasi penjualan baju online dengan pengunjung terbanyak dan trafik yang padat seperti Kaskus, TokoBagus, dan Berniaga. Selain anda tidak dipungut biaya, ketiga situs tersebut merupakan situs terpopuler di Indonesia yang selalu ramai pengunjung sehingga memasang iklan dan membuka lapak jual beli di Kaskus, TokoBagus, dan Berniaga dapat berpotensi untuk menarik banyak calon konsumen. Disamping itu, anda dapat memanfaatkan situs-situs social media seperti Facebook, Twitter, atau Pinterest untuk memperluas pemasaran baju online anda. Mempromosikan baju online anda melalui social media saat ini sudah terbukti sebagai cara pemasaran yang jitu dan efektif dalam mendapatkan konsumen baru. 

Pertimbangkan Sistem Pembayaran Bisnis Baju Online
Berbeda dengan bisnis baju pada toko konvensional yang mengharuskan pembayaran secara tunai (cash), bisnis baju online pada umumnya bisa menggunakan sistem COD (Cash On Delivery) dan sistem transfer. Sistem COD atau Cash On Delivery adalah sistem pembayaran yang dilakukan konsumen setelah ia menerima barang pesanannya yang diantar ke rumah melalui jasa kurir. Dengan demikian, anda bisa memutuskan sistem pembayaran yang anda rasa lebih aman dan nyaman bagi kedua belah pihak. Anda dapat memakai kedua sistem pembayaran maupun hanya salah satu berdasarkan kesepakatan dengan calon konsumen. 

Lakukan Update Bisnis Baju Online secara Berkala 
Disamping penentuan lokasi penjualan dan sistem pembayaran, anda juga harus melakukan update koleksi baju online yang anda jual secara berkala agar dapat lebih menarik banyak pengunjung dan calon konsumen. Update tersebut dapat berupa update harga terbaru maupun produk fashion terbaru yang sedang trend. Sebagai saran, harga pada toko baju online anda sebaiknya lebih murah daripada toko baju konvensional mengingat anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperkerjakan karyawan dan menyewa lokasi. Selain itu, anda bisa melakukan inovasi dalam pelayanan sehingga calon konsumen lebih nyaman dalam berbelanja dan tidak kalah dengan toko online lainnya. 

Beberapa Trik dalam Bisnis Baju Online

Bisnis baju online yang semakin berkembang tentunya bisa menjadi sebuah persaingan yang ketat antar pelaku bisnis baju online. Untuk menyikapi hal ini, anda harus memperluas promosi dengan cara mouth to mouth promotion. Cara promosi ini memang dipandang tradisional tapi cenderung sangat ampuh dalam menarik pembeli. Anda bisa melakukan mouth to mouth promotion dengan memanfaatkan saudara, teman, dan kerabat anda. Disamping itu, anda perlu melakukan survey harga ke toko baju online lainnya supaya anda dapat menjual baju online anda dengan harga yang tepat dan tidak lebih malah dari toko online pesaing anda. Melakukan trik jitu seperti pemberian diskon dan bonus hadiah pembelian juga menjadi hal penting yang bisa anda terapkan. Trik lainnya, jangan lupa untuk selalu memberi deskripsi produk secara detail dan jelas sehingga tidak membingungkan konsumen. Cantumkan ukuran baju secara detail, warna yang tersedia, jenis kain, dan lain sebagainya agar lebih meyakinkan konsumen untuk membelinya. Selain itu, anda harus menyediakan email dan nomor telepon yang selalu aktif dan bisa dihubungi.
Demikianlah beberapa panduan singkat dan trik jitu dalam bisnis baju online yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda yang berencana memulai bisnis baju online.  




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...