a

Thursday, April 11, 2013

Semakin Besar Pertanyaan Anda, Semakin Besar Kesuksesan Anda

Ada satu hal yang berlaku universal bagi setiap anak kecil, yaitu /mereka gemar bertanya dan saya yakin Anda mengerti maksud saya. Pertanyaan seorang anak kecil yang polos sering kali membuat kita tidak mampu memberi jawaban. Pertanyaan yang sederhana sering kali membuat kita membisu seribu bahasa. Seperti halnya dengan anak kecil, kemampuan bertanya perlu dimiliki oleh seorang juara agar dapat mengeluarkan kreativitas serta inspirasi dalam pekerjaannya.

Pertanyaan yang bersifat open-ended (terbuka) adalah pertanyaan yang dapat menantang daya pikir imajinasi kita untuk berpikir tanpa batas. Anda dapat mulai mengajukan pertanyaan yang berkualitas dengan menggunakan Why (mengapa), What (apa), How (bagaimana). Ketiga jenis pertanyaan ini dengan sendirinya akan memberikan kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga.
Ketika lukisan Rembrant yang berjudul The Night Watch dipamerkan di Rijks museum, Amsterdam, kurator museum itu mencoba sebuah pendekatan yang tidak lazim. Ia melihat kebanyakan pengunjung hanya meluangkan waktu enam menit untuk melihat mahakarya Rembrant. Sang kurator kemudian meminta kepada para pengunjung untuk menuliskan pertanyaan yang ingin ditanyakan mengenai lukisan tersebut. Setelah itu, sang kurator mengumpulkan 50 pertanyaan yang paling bagus dan diurutkan berdasarkan pertanyaan yang paling populer, seperti pertanyaan tentang: Berapa harga lukisan itu? Mengapa Rembrant melukis tokoh di gambar tersebut? Apakah ada kesalahan dalam lukisan tersebut? Gaya lukisan apa yang diperkenalkan Rembrant kala itu? Ia kemudian menempelkan pertanyaan dan jawabannya di ruang sebelum pengunjung masuk dan melihat lukisan Rembrant. Alhasil, waktu yang diluangkan pengunjung berubah dari enam menit menjadi 30 menit. Para pengunjung menjadi lebih tertarik pada lukisan itu, dan berusaha lebih mengerti sejarah di belakang lukisan itu. Kesimpulannya, pertanyaan mampu membangkitkan imajinasi dan menajamkan proses berpikir seseorang.

Fred Smith pendiri Federal Express menemukan inspirasi atas perusahaan yang didirikannya dengan pertanyaan sederhana, "Mengapa tidak ada satu pun pengiriman ekspres satu hari yang dapat diandal¬kan? " Masaru Ibuka, honorary chairman Sony, bertanya, "Mengapa kita tidak membuang fungsi recording dari tape recorder dan membu-ang speaker dan hanya menaruh headphone di tape recorder tersebut?" Kemudian terciptalah Sony Walkman. Henry Ford bertanya, "Mengapa belum ada mesin mobil yang berselinder delapan? " Semua penemu dan orang sukses di dunia mendapatkan inspirasi sederhana dengan bertanya kepada diri mereka sendiri. Dengan bertanya, seseorang akan mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar untuk mencari jawaban atas pertanyaannya.

Sekarang, apa yang menjadi pertanyaan Anda untuk membuat diri Anda menjadi sukses? Anthony Robbins sangat setuju bahwa orang-orang sukses mengajukan pertanyaan yang lebih baik dan sebagai hasilnya mereka menemukan jawaban jawabanyang lebih baik.

Berlakulah sopan terhadap siapa saja, bahkan kepada mereka yang kasar terhadap Anda bukan karena mereka pantas diperlakukan baik, tetapi karena Anda adalah orang baik
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...