Wednesday, April 3, 2013

Bisnis Emas


Banyaknya pilihan bisnis yang ada seringkali membuat seorang pemula yang ingin memulai bisnis merasa kebingungan dalam menentukan jenis bisnis yang tepat untuknya. Baik bisnis bermodal kecil maupun besar pada dasarnya bila tidak disertai dengan pemahaman dunia bisnis, niat, kerja keras, dan manajemen yang terstruktur bisa berakibat pada penurunan keuntungan bisnis atau kebangkrutan usaha. Sebagai alternatif dari beragam bisnis yang bisa anda pilih, bisnis emas merupakan bisnis yang paling menguntungkan untuk saat ini maupun di masa mendatang. 

Mengapa bisnis emas dianggap paling menguntungkan? Hal ini dapat dijawab dengan mengetahui karakteristik umum emas yaitu mempunyai harga yang selalu meningkat seiring waktu dan dapat dengan mudah diperjualbelikan saat diperlukan. Selain itu, sejak dahulu hingga sekarang, emas telah dianggap sebagai barang berharga pengganti uang yang selalu berlaku di manapun baik dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk memulai bisnis emas, anda bisa mempertimbangkan membuka usaha jual beli emas seperti toko emas.

Semua bisnis tentunya memiliki resiko tersendiri. Memulai bisnis emas dengan membuka usaha jual beli emas atau toko emas tentu akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meskipun begitu, anda dapat memanfaatkan jasa perkreditan yang ditawarkan oleh bank dan lembaga finansial lainnya untuk mendapatkan tambahan dana. 

Tips Membeli Emas dalam Bisnis Emas

Dalam bisnis emas, anda sebagai pebisnis pemula hendaknya terlebih dahulu memahami keaslian emas, harga emas dunia serta kadar kemurnian emas pada logam mulia yang anda akan beli tersebut. Untuk mengerti keaslian logam mulia baik dalam bentuk perhiasan emas, koin emas maupun emas batangan, pastikan anda memperoleh sertifikat atau nota pembelian resmi saat transaksi pembelian emas. Selain itu, bandingkan juga logo atau tanda cetak di badan fisik emas yang menjelaskan tentang total berat emas, nomor seri emas dan presentase kadar kemurnian emas dengan yang tertera di nota pembelian atau sertifikat anda. Tips selanjutnya, sebelum melakukan pembelian emas ada baiknya anda mengecek kurs emas untuk mengetahui update terbaru sehingga anda terhindar dari kerugian dan penipuan yang mungkin bisa terjadi. Anda dapat mengecek kurs emas setiap pagi hari pukul 09.30 secara online atau menelepon PT. Aneka Tambang Tbk. Tips terakhir, pengetahuan akan kadar kemurnian logam mulia sangat penting dan diperlukan oleh pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis emasnya. Sebagai informasi, emas 9 karat terbentuk dari 37,5% emas murni, emas 14 karat terbentuk dari 58,5% emas murni, emas 16 karat terbentuk dari 66,6% emas murni, emas 18 karat terbentuk dari 75% emas murni, emas 20 karat terbentuk dari 83,3% emas murni, emas 22 karat terbentuk dari 91,7% emas murni, dan emas 24 karat terbentuk dari 99,9% emas murni. 

Tempat Penyimpanan Emas dalam Bisnis Emas

Seperti yang diketahui, bisnis emas beresiko cukup tinggi karena fungsi ekonomisnya yang berharga dan kemudahan dalam penjualan kembalinya. Untuk mengamankan logam mulia anda dari bermacam tindak kriminalitas seperti pencurian pada toko emas yang marak belakangan ini, anda perlu memikirkan tempat penyimpanan emas yang tepat. Sebagai saran, bagi anda yang ingin menyimpan logam mulia anda di rumah, sangat disarankan untuk menyimpan aset berharga anda tersebut dalam sebuah lemari terkunci atau brankas khusus yang terbuat dari baja. Menyimpan emas dalam brankas baja akan lebih aman karena brankas tersebut akan melindungi logam mulia anda dari bencana alam seperti banjir dan kebakaran. Disamping itu, brankas khusus tersebut telah dilengkapi dengan sandi pengamanan yang ketat sehingga sulit untuk dibobol pencuri. Bagi anda yang ingin memanfaatkan fasilitas penyimpanan emas yang ditawarkan oleh bank, anda bisa menyimpan emas anda di bank melalui fasilitas SDB atau Safe Deposit Box. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan jasa gadai emas yang disediakan oleh pegadaian syariah jika anda berniat pergi liburan ke luar daerah untuk waktu yang lama. Anda cukup mengunjungi pegadaian tersebut dan menitipkan logam mulia anda dengan membayar biaya titipnya. 

Kesimpulannya, bisnis emas mengharuskan seorang pebisnis pemula untuk memiliki pemahaman, kejelian, perhitungan yang tepat dan melakukan tindakan pengamanan dalam menjalankan bisnisnya. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...