Thursday, April 4, 2013

Bisnis Makanan Ringan


Berkembangnya trend usaha di bidang kuliner membuat banyak kalangan berlomba-lomba memulai bisnis kuliner yang mencakup bisnis makanan, minuman maupun makanan ringan. Berdasarkan besarnya modal dan keuntungan, bisnis kuliner yang paling menguntungkan ialah bisnis makanan ringan. Hal ini mengingat bahwa dalam bisnis makanan ringan, anda tidak perlu mahir memasak karena bisnis makanan ringan sekarang banyak dilakukan dengan menjadi reseller. Dengan menjadi reseller produk makanan ringan, anda akan juga lebih dipermudah karena modal awalnya yang tidak terlalu besar.

Meskipun demikian, bagi anda yang mahir memasak dan ingin mencoba memulai bisnis makanan ringan, bisnis ini merupakan bisnis yang fleksibel waktunya dan luas pemasarannya. Anda dapat melakukan pembuatan makanan ringan di rumah anda sendiri saat anda memiliki waktu luang dan memasarkannya melalui media toko online atau situs jual beli online agar produk anda dapat dikenal oleh pembeli di dunia maya.

Panduan Memulai Bisnis Makanan Ringan

Bagi anda yang ingin menjadi reseller produk makanan ringan, anda sebaiknya melakukan perbandingan harga di agen-agen produk makanan ringan tersebut. Pilihlah harga yang lebih terjangkau untuk dijual kembali serta pertimbangkan kemasan atau packing makanan ringan tersebut. Agar konsumen lebih tertarik untuk membeli, buatlah desain kemasan yang trendy dan unik dalam mengemas kembali produk makanan ringan tersebut. Packing atau kemasan produk makanan ringan tersebut bisa dalam bahan plastik maupun kertas yang berbeda dengan kemasan aslinya sehingga anda bisa menciptakan image baru yang lebih bagus dari produk makanan ringan tersebut.

Bagi anda yang mahir memasak dan mengolah produk makanan ringan anda sendiri, cobalah melakukan beberapa tes rasa dan menyediakan sedikit sampel untuk dibagikan kepada calon pelanggan atau orang-orang di sekitar anda seperti para tetangga, keluarga, teman, serta rekan kerja anda. Dengan melakukan uji rasa dan memberikan beberapa sampel gratis tersebut, anda dapat menanyakan kelebihan dan kekurangan dari makanan ringan buatan anda. Sehingga, di produksi makanan ringan anda selanjutnya, anda dapat memperbarui resep atau memperbaiki rasa makanan ringan tersebut sesuai dengan selera konsumen.

Untuk strategi pemasaran makanan ringan anda, anda harus memperluas relasi agar dapat menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang menunjang usaha kuliner yaitu contohnya pihak event organizer, perusahaan, sekolah, dll. Selain memasarkan melalui kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, anda dapat menitipkan produk makanan ringan anda di kantin-kantin, restoran atau toko kelontong dengan sistem konsinasi sehingga saling menguntungkan.

Pada awal usaha bisnis makanan ringan, hendaknya anda menggunakan cara produksi dan alat-alat masak sederhana guna lebih menghemat biaya produksi dan menambah keuntungan. Setelah bisnis makanan ringan anda memiliki pelanggan tetap dan dirasa cukup berkembang, anda dapat meningkatkan kuantitas produksi dengan membeli peralatan masak khusus yang diperlukan.
Persiapkan mental anda dengan berpikir positif dan memiliki keyakinan ynag kuat akan kesuksesan bisnis makanan ringan anda tersebut. Hal ini penting dilakukan agar anda dapat menjalankan bisnis anda secara konsisten dan terstruktur.

Untuk menguji keamanan dan kualitas produk makanan ringan anda, ada baiknya untuk mendaftarkan merek produk makanan anda ke departemen kesehatan atau ke PIRT untuk mendapatkan nomor ijin resmi produk makanan ringan buatan anda sehingga lebih menjamin kesehatan dan meyakinkan calon konsumen.
Sebelum menetapkan harga yang pas bagi produk makanan ringan anda, lakukanlah survey pasar tentang harga produk makanan ringan sejenis yang dijual. Apabila mungkin, harga yang akan anda tetapkan untuk makanan ringan anda harus setara atau lebih rendah dari harga produk serupa di pasaran dengan tidak mengurangi kualitasnya.

Semoga beberapa panduan diatas dapat berguna bagi anda yang mengalami kesulitan dalam memulai bisnis makanan ringan. Semoga berhasil dalam memulai bisnis makanan ringan anda.




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...