a

Saturday, February 23, 2013

Setelah "Apa", Datanglah "Kenapa"

Berpikirlah realistis. Perlu kerja keras dan pengorbanan untuk mencapai tujuan dan sukses! Tidak ada jalan pintas, atau rumus-rumus ajaib. Kadang ini juga menyakitkan hati. Ketika teman Anda menikmati hidup mereka, Anda bekerja.

Sering kali, ketika Anda sudah sangat lelah, hampir frustasi, Anda akan bertanya kepada diri sendiri, "Mengapa saya melakukan semua ini? Untuk apa semua ini? Apakah pengorbanan ini sia-sia atau tidak?"

Anda lihat apa yang terjadi? Sekarang Anda bertanya "mengapa". Jika kata "mengapa" itu tidak kuat dan cukup jelas, Anda akan berkata, "Ah... peduli amat! Lupakan saja! Pengorbanan ini tidak berguna!" Dan kemudian menyerah.

Jadi, sebelum Anda memulai sebuah usaha, SANGATLAH PENTING untuk memahami dengan jelas MENGAPA Anda ingin mencapainya. Jika kata "mengapa" tidak terasa jelas, kuat dan mendorong perasaan Anda (senang, gembira, bangga, takut, dan sebagainya), kemungkinan besar Anda akan gagal.

Sebagai contoh, Anda berada di sebuah kolam renang, kepala Anda berada di atas air, dan Anda merasa rileks. Tiba-tiba, ada orang yang menekan kepala Anda ke dalam air dan menahannya sampai anda kehabisan nafas...dan dia tetap menahan kepala Anda dengan sangat kuat. Sudah pasti bahwa Anda akan berusaha keras mengeluarkan kepala Anda untuk menghirup udara segar! Ketika Anda merasa harus mengambil nafas, Anda akan BERJUANG mendapatkannya!

Jadi, "apa" tujuan Anda...dan yang lebih penting lagi adalah "mengapa" Anda ingin mencapainya? Untuk setiap Anda melakukan semua itu? Bisakah Anda melihat hasil akhirnya? Apakah visualisasi hasil akhir akan membuat Anda bergembira, sedih, tersentuh, menangis, takut, bangga? Jika ya, maka Anda akan berada pada jalur yang benar. Jika tidak, maka definisi Anda tentang "mengapa" tidaklah jelas dan cukup kuat sehingga Anda harus mencari alasan lain yang lebih kuat. Jika tidak, maka usaha Anda akan menjadi tidak berharga.

Apa yang telah kita diskusikan adalah prinsip dasar dari penetapan tujuan -- LANGKAH AWAL untuk sukses. Namun, tidak banyak orang di dunia ini yang melakukannya. Mengapa? Sebab, mereka tidak pernah diajarkan seperti ini di sekolah.

Tujuan / goal memberikan Anda cita-cita yang jelas. Tujuan membantu Anda menentukan arah. Tujuan memberikan Anda dorongan. Jangan hanya berpikir "apa" yang ingin Anda raih, Anda juga harus paham "mengapa" Anda ingin meraihnya. Pemahaman ini akan membantu memotivasi Anda untuk bekerja keras serta menghadapi dan mengatasi kesulitan.
by James Gwee
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...