a

Saturday, February 23, 2013

Apa Zona Nyaman Finansial Anda?

Anda akan selalu memperoleh pemasukan sesuai comfort zone (zona nyaman) finansial Anda, tidak lebih dan tidak kurang. Sebagai contoh, menurut Anda apa yang akan terjadi jika seorang milioner seperti Donald Trump memiliki rekening bank sebesar $1 juta? Bukankah ia akan merasa sangat miskin dan tidak nyaman? Itu akan sangat jauh di luar zona nyamannya! Hasilnya, ia akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk kembali ke tempatnya yang biasa, rekening dengan kisaran miliaran dolar. Ini tepatnya yang terjadi pada tahun 1980-an. Saat harga properti merosot jatuh di masa resensi itu, Trump kehilangan miliaran dolar dalam investasi real estate-nya. Dari kekayaan bersih sebesar US$1.6 miliar, ia hampir bangkrut saat berutang sebesar US$900 juta!

Ia mendapat motivasi untuk melakukan apa pun untuk kembali ke zona nyaman finansialnya. Itu adalah suatu keharusan baginya dan ia tahu kalau ia akan menemukan caranya! Setelah bekerja keras selama 5 tahun dalam kesepakatan-kesepakatan bisnisnya, sekali lagi ia menjadi seorang miliuner, kali ini dengan kekayaan bersih sebesar US$3 miliar. Zona nyaman finansialnya adalah miliaran, jadi ia selalu cenderung mengejar tingkatan itu.

Jadi, apa zona nyaman finansial Anda? Apakah miliaran, jutaan, ratusan ribu, ribuan, ratusan, atau cukup di atas nol saja? Beberapa orang merasa nyaman selama mereka memperoleh cukup uang untuk membayar tagihan. Jadi, sebesar itulah tepatnya yang akan mereka dapatkan. Beberapa orang merasa nyaman selama mereka dapat selalu membayar tagihan yang jatuh tempo. Jadi mereka selalu menghasilkan pemasukan yang hanya cukup untuk menutupi pengeluaran mereka. Beberapa orang merasa nyaman hanya jika mereka memperoleh cukup untuk dapat membeli apa pun yang mereka inginkan dan masih banyak sisanya untuk disumbangkan atau diinvestasikan untuk masa depan. Jadi, sebesar itulah tepatnya yang mereka hasilkan.

Anda dapat mempelajari semua keahlian dan strategi finansial yang ada. Namun, jika Anda tidak menaikkan tingkat penerimaan Anda, menjadikan itu sesuatu yang 'harus' dimiliki, kondisi finansial Anda tidak akan pernah berubah.

Jelas tidak merupakan suatu keharusan bagi semua orang untuk mendapatkan penghasilan sebesar enam digit atau memiliki rekening sebesar jutaan dolar di bank. Itu semua bergantung pada gaya hidup individu. Jika menghasilkan $2.000 sebulan membuat Anda bahagia, maka silahkan saja! Tidak ada yang salah dengan itu. Namun maksudnya adalah, berapa pun yang ingin Anda peroleh, Anda harus menjadikannya sesuatu yang 'seharusnya', bukan sesuatu yang 'sebaiknya' Anda peroleh.
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...