a

Saturday, February 23, 2013

Balapan Tikus

Ada film komedi keluarga yang pernah diputar, berjudul RatRace sebuah film komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2001. Film ini mengisahkan tentang orang-orang yang terdiir dari 6 tim yang berlomba "siapa cepat, dia dapat" sepanjang 563 mil (918 km) dari sebuah kasino di Las Vegas menuju sebuah stasiun kereta api di Silver City, New Mexico (yang di dunia berjarak 573 mil), di mana terdapat sebuah loker yang berisi uang dalam jumlah yang besar. Dalam sayembara tersebut, tim yang pertama sekali mencapai loker tersebut, dan membuka loker dengan kunci yang telah diberikan kepada setiap tim, maka akan mendapatkan uang sejumlah 2 juta Dolar Amerika Serikat. Tanpa mereka sadari, ternyata mereka adalah bagian dari perjudian yang diprakarsai oleh pembuat sayembara. Rat Race terinspirasi dari sebuah film yang berjudul It's a Mad, Mad, Mad, mad World dan Scavenger Hunt.

Sering kali orang tidak sadar berada dalam perlombaan balapan tikus. Barang kali Anda adalah salah satu peserta balapan tikus. Kenapa balapan tikus mejadi topik menarik berkaitan dengan kemandirian finansial? Balapan tikus yang dimaksud di sini adalah seekor tikus yang berlari terus-menerus di dalam kandang tetapi tidak pernah samapi di tujuannya karena ia berlari di roda yang selalu berputar karena gerakan kakinya.

Hampir sama dan serupa adalah ketika kita berlatih lari dengan alat treadmill. Kita tidak sampai ke mana-mana hanya bedanya kita memperoleh manfaat: kebugaran tubuh kita. Walaupun demikian, jika kita mau joging keluar rumah, selain badan yang bugar, pikiran kita pun bisa disegarkan karena pikiran kita bisa fresh karena menikmati pemandangan yang kita lalui sepanjang perjalanan joging kita. Kita bisa memakluminya mengapa orang bersedia jogging di kawasan GBK (Gelora Bung Karno) dari pinggiran Jakarta karena alasan ini.

Dalam kaitannya dengan RatRace, orang bekerja keras berusaha mencari uang hanya untuk dihabiskannya. Semakin besar uang yang diperolehnya, akan semakin besar pula yang dihabiskannya sehingga sebelum akhir bulan penghasilannya sudah habis, tidak tersisa sedikit putn. Demikian dilakukannya secara berulang setiap bulan hingga puluhan tahun dan di usia mereka yang semakin menua mereka kaget luar biasa mendapati kenyataan: mereka tidak punya tabungan apalagi investasi. Jangankan itu, setiap bulan secara rutin mereka tetap menjadi peserta setia balapan tikus (ratrace) yang tidak mencapai satu tujuan pun, dan tidak tahu kapan akan berakhir.

Jangan menyangka kalau peserta balapan tikus hanya mereka yang bekerja tidak tetap dan penghasilan pas-pasan. Mereka yang bekerja di perusahan multinasional dengan penghasilan tujuh digit per bulan juga bisa menjadi peserta balapan tikus. Mereka yang memperoleh penghasilan tetap seperti Pegawai Negeri (Sipil, Militer, Kepolisian) juga tidak terhindar dari balapan tikus ini, sehingga tiba saatnya untuk memasuki usia pensiun, mereka masih berusaha menambah usia pensiun mereka dengan menjadi tenaga fungsional agar usia pensiunnya menjadi 60 tahun. Usia pensiun yang seharusnya mereka masuki dengan kemampuan finansial, malahan membuat mereka bertambah stress karena mereka justru harus lembur, nyambi kanan kiri menambah penghasilan.

Jangan menjadi peserta balapan tikus abadi, jadilah investor yang bisa mempekerjakan uang sehingga Anda bisa menikmati masa tua dengan lebih bahagia.
by Heru Susanto
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...