a

Sunday, February 24, 2013

Membeli Rumah Kost

Untuk sebuah investasi sesungguhnya, aset rumah haruslah disewakan kepada orang lain agar mendapatkan keuntungan lebih. Banyak alternatif rumah yang dapat disewakan. Salah satunya adalah rumah kost sebab dianggap banyak kalangan sebagai investasi yang menguntungkan. Bisnis rumah kost mudah dikelola. Banyak yang telah melakukan bisnis ini sejak dulu karena dianggap mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, bahkan dijadikan pendapatan utama.

Nah, bagaimana kriteria yang baik pada saat kita akan membeli rumah kost? Jika ingin berinvestasi di rumah kost, sebaiknya perhatikan beberapa aspek berikut ini.

a. Membeli rumah kost sebaiknya mendapat bantuan pembiayaan dari bank.
Fungsi bank dalam membeli rumah kost adalah : sebagai sumber pendanaan, mitra kerja yang membantu dalam hal pengecekan keabsahan surat-surat rumah, mempermudah penghitungan biaya sehingga desain kamar yang dibutuhkan dapat disesuaikan.

b. Keamanan baik dari dalam maupun dari luar
Aspek keamanan hendaknya dijadikan pertimbangan pertama sebelum membeli rumah kost. Walaupun strategis dan murah, jika lokasinya tidak aman, akan sulit kita untuk membeli/membangun rumah kost. Faktor keamanan ini menjadi pertimbangan utama untuk para calon penghuni.

Yang dimaksud keamanan dari luar seperti :

  • rawan tindak pencurian dan kejahatan
  • keluhan dari tetangga atau warga sekitar
  • pihak lain yang ingin masuk tanpa penghuni/pemilik rumah kost
Yang dimaksud keamanan dari dalam, seperti :
  • rumah kost dijadikan tempat pelarian/persembunyian kriminal yang sedang dicari polisi
  • terjadinya kasus pencurian/perkelahian/pertengkaran atau perzinahan oleh sesama penghuni
c. Strategis sesuai dengan segmentasi yang dituju
Jika segmentasi dari rumah kost adalah mahasiswa atau pelajar, carilah rumah kost yang dekat dengan kampus atau sekolah. Jika segmentasinya karyawan, sebaiknya carilah yang dekat dengan perkantoran, pabrik, restoran atau hotel. Lokasi sebaiknya yang bebas banjir dan mudah dijangkau angkutan umum. Hal ini mengantisipasi bila banyak penghuni kost yang tidak memiliki kendaraan pribadi sehingga jarak ke lokasi transportasi umum menjadi hal yang diperhitungkan oleh calon penyewa.

d. Fasilitas
Fasilitas harus disesuaikan dengan target konsumen, seberapa luas kamarnya, berapa besar listriknya, kamar mandi di luar atau di dalam. Fasilitas sering menentukan harga sewa per kamar. Makin besar dan semakin lengkap fasilitasnya, akan semakin mahal harga sewa kamar kost tersebut. Desain kamar menentukan banyak jumlah kamar yang akan dibangun dan fasilitas menentukan berapa banyak pendapatan yang akan didapat.
by Supriyadi Amir

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...