Saturday, January 26, 2013

Cara Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat

Lokasi adalah faktor sangat penting untuk bisnis. Ini faktor awal yang menentukan hal-hal lain dalam bisnis kita. Rumah dapat dimanfaatkan sebagai tempat bisnis bila lokasi cukup strategis, misalnya ruko di pinggir jalan. Hal yang berbeda lagi jika kita ingin membangun bisnis dengan menyewa kios di pusat perbelanjaan. Lokasi mana saja yang bisa menjadi pilihan kita? Berikut ini daftarnya : 1. Rumah; 2. Pasar; 3. Ruko; 4. Pinggir jalan; 5. Selasar mini market; 6. Pusat perbelanjaan; 7. Food Cort; 8. Perkantoran; 9. Sekolah/kampus; 10. Internet; 11. Lokasi pabrik; 12. Lahan kosong.

Apakah yang menentukan pemilihan lokasi itu? Berikut beberapa faktornya.

1. Jenis bisnis
Jenis bisnis kita menentukan lokasi. Bila kita mau menjual makanan jadi, lokasi di sekitar keramaian tentu menjadi keharusan. Namun, bila kita memproduksi pakaian anak-anak, rumah kita bisa dijadikan tempat bisnis. Atau jika kita sudah punya suatu lokasi. Maka ini kebalikannya, lokasi menentukan jenis bisnis. Misalnya kita sudah punya ruko di pusat pertokoan. Bisnis apa yang pas? Atau kita akan sewakan saja?

2. Modal dan Biayanya
Apakah semakin murah harga (sewa) suatu lokasi itu semakin baik? Hmmm, tidak juga. Pemilihan lokasi harus dengan perkiraan tepat agar bisnis kita bisa maju. Sekedar murah, tapi bisnis tak maju, untuk apa? Maka, bila ada lokasi yang biayanya kecil dan kemungkinan majunya besar, itulah yang terbaik. Sebaliknya, bagaimana kalau lokasi yang sangat strategis untuk bisnis kita, tapi sangat mahal harganya (sewa)? Bila modalnya tidak menjadi masalah, mengapa tidak? Ini salah satu resiko yang harus kita ambil.
Bagaimana bila modal kita terbatas sekali? Ya pilihlah tempat yang paling memungkinkan. Yang penting, bisnis bisa mulai dulu. Berbagai usaha bisa dilakukan agar lokasi seperti apa pun bisa bagus untuk perkembangan bisnis kita.

3. Ketersediaan
Modalnya ada, tapi kalau lokasinya tak ada bagaimana? Maka ketersediaan lokasi menjadi faktor penentu juga. Karena itu, cepat-cepatlah putuskan untuk berbisnis. Makin cepat makin baik. Banyak kesempatan terbuka lebar bagi orang yang pertama kali memutuskan.

4. Nilai Strategis
Bila kita membuka kantor konsultan, lokasi terbaik tentu di pusat perkantoran. Lokasi terbaik kedua adalah di ruko. Lokasi terbaik ketiga adalah rumah (yang dikontrakkan) di pinggir jalan besar. Lokasi berikutnya adalah rumah kita sendiri, itulah nilai strategis. Ada lokasi dengan nilai strategis yang tinggi, sedang, dan rendah.

5. Strategi Bisnis
Fajar Supermarket, sebuah supermarket di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pemiliknya Pak Yogi. Jaringan supermarket Fajar bisa dikatakan menguasai Indramayu sekarang ini. Ketika menentukan lokasi, beliau punya strategi sendiri. Kaidah umum mengatakan bahwa supermarket harus berlokasi di keramaian. Pak Yogi melawan kaidah umum ini. Beliau mendirikan supermarketnya di lokasi sepi dan kosong. Menurut beliau, bila supermarketnya didirikan di lahan sepi dan kosong, tak akan ada pesaing, lalu konsumen juga akan nyaman berbelanja tanpa perlu bermacet-macet ria. Keunikan lain, sebelum membangun mini market, Pak Yogi membangun mesjid terlebih dahulu. Beliau yakin 100% bisnisnya akan maju karena dirahmati Allah  SWT. Itu strategi bisnis yang menentukan lokasi, tidak mesti ikut-ikutan aturan umu bila kita meyakini betul akan strategi bisnis kita. Dengan begitu, lokasi di manapun bisa jadi strategis.

Lokasi bisnis secara detail juga harus diperhatikan. Misalnya kalau kita membuka rumah makan di pinggir jalan yang ramai. Katakan saja, jalannya besar dengan lalu lintas dua arah. Nah, lokasi terbaik adalah sisi jalan arah pulang sebagian besra orang kantoran. Hal ini akan memudahkan calon konsumen yang baru pulang dari kantor agar langsung menepi (belok kiri) dan parkir, tanpa harus berputar atau menyeberang/memotong arus lalu lintas.

Bagaimana dengan kebersihan, ketersediaan saluran pembuangan air, ketersediaan daya listrik, sarana pembuangan sampah, areal parkir, akses jalan atau kendaraan umum, dan kondisi arus lalu lintas di sekitar lokasi tempat bisnis kita? Kalau semuanya baik, segeralah yakinkan diri Anda bahwa itu lokasi yang strategis untuk bisnis. Jangan tunggu lama sebelum didahului orang lain.
by 1/2 Karyawan 1/2 Bos
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...