Tuesday, February 12, 2013

Investasi Emas

Merencanakan masa depan dengan menempatkan dana anda dalam investasi emas memang merupakan pilihan yang tepat dan menghasilkan seiring berjalannya waktu. Harga emas yang semakin lama semakin mahal acapkali menjadi pilihan utama bagi para investor untuk berinvestasi emas.

Perlu diketahui dalam investasi emas, kenaikan harga logam mulia yang selalu menggiurkan para investor biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti meningkatnya permintaan pasar emas dunia, nilai inflasi yang lebih besar dari perkiraan, situasi politik suatu negara yang tidak menentu, kepanikan ekonomi di suatu negara, serta permintaan logam mulia untuk cadangan devisa negara.

Jenis Investasi Emas

Jika berbicara tentang investasi emas, ada beberapa jenis investasi emas yang patut anda pilih dan pertimbangkan dengan bijaksana sebelum memutuskan untuk melakukan investasi secara tergesa-gesa.

1. Investasi Emas Batangan
Pada umumnya, jenis investasi emas batangan sangat cocok dijadikan sebagai pilihan investasi jangka panjang bagi investor mengingat satu kelebihan investasi emas batangan yaitu tidak dikenakan biaya peleburan dan ongkos pembuatan seperti emas perhiasan dan koin emas. Pembelian emas batangan yang aman dan bersertifikat dapat dilakukan melalui PT. Aneka Tambang (Antam). Apabila harga emas di pasaran sedang melonjak naik, anda bisa menjual emas batangan anda dengan mudah.
 
2. Investasi Emas Perhiasan
Investasi emas perhiasan bisa menjadi pilihan yang bagus bagi anda yang memiliki dana terbatas. Namun, investasi emas jenis ini cenderung tidak terlalu menguntungkan mengingat adanya biaya peleburan dan ongkos pembuatan yang akan selalu dibebankan oleh toko emas perhiasan pada anda saat pembelian maupun penjualan nantinya.
 
3. Investasi Koin Emas
Selanjutnya, investasi emas dalam bentuk koin emas hampir sama dengan emas perhiasan yang selalu dikenai biaya pembuatan logam mulia di saat pembelian dan penjualan. Biasanya, investasi koin emas sering digunakan sebagai alternatif menabung ongkos naik haji seperti menabung koin emas ONH untuk perencanaan jangka panjang untuk berangkat haji ke tanah suci.
 
4. Investasi dalam Saham Pertambangan Emas
Jenis investasi emas dalam saham pertambangan emas dilakukan sebagai alternatif investasi emas konvensional yang telah dijelaskan diatas. Cara investasi jenis ini dapat dimulai dengan cara membeli saham di perusahaan-perusahaan pertambangan emas. Saat harga emas di pasaran tengah melonjak tinggi atau disebut dengan bullish maka investor akan mendapat untung karena harga saham emas lebih cepat naik dibandingkan harga emas fisik.
 
5. Investasi dengan Sertifikat Emas
Untuk melakukan investasi emas dengan sertifikat emas, investor dituntut memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman investasi yang lumayan mengingat jenis investasi ini membutuhkan perantara lembaga keuangan yang terpercaya misalnya bank. Proses investasi jenis ini pada awalnya dimulai dengan penerimaan sertifikat sebagai bukti investasi emas dari bank kepada investor yang menerangkan tentang kesepakatan dan jangka waktu pencairan sertifikat emas tersebut nantinya.

Kelebihan Investasi Emas
 
Sejak lama, investasi emas memang dianggap investasi yang paling menggiurkan dan menghasilkan karena logam mulia memiliki karakteristik yang istimewa yaitu bebas inflasi, tidak dikenai pajak, mudah dicairkan, tidak dipengaruhi oleh krisis ekonomi dan keputusan pemerintah suatu negara, serta harga jualnya yang tidak mengikuti harga beli awalnya.

Tips dalam Investasi Emas

1. Ketika membeli logam mulia dalam investasi emas, simpanlah nota pembelian atau sertifikat emas dengan baik di tempat yang aman seperti SDB (Safe Deposit Box).

2. Sebaiknya dalam melakukan pembelian dan penjualan emas, anda membeli dan menjual emas anda di toko emas yang sama dengan memperlihatkan nota pembelian anda guna menghindari adanya pengurangan atau penipuan harga yang mungkin terjadi di toko lain.

3. Bagi investor pemula, akan lebih baik jika melakukan pembelian emas batangan daripada emas perhiasan karena harganya yang lebih stabil dan tinggi saat dijual kembali. Minimal investasi emas batangan adalah 25 gram tetapi bagi investor yang memiliki dana lebih, akan lebih menghasilkan jika membeli emas batangan 100 gram karena harganya yang lebih murah.

Demikianlah telah dijelaskan bermacam jenis investasi emas, kelebihan investasi emas, dan tips melakukan investasi emas bagi pemula. Semoga dengan membaca artikel mengenai investasi emas ini, anda dapat mendapat beberapa gambaran dan penjelasan yang diperlukan guna memulai investasi emas anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk investasi emas, silahkan baca e-book berkebun emas. Sekilas tentang ebook ini bahwa Anda akan diajarkan cara membeli emas dengan menggunakan pengungkit. Artinya dengan modal yang kecil pun Anda dapat membeli emas batangan. Ebook ini sudah saya baca dan praktekkan. Saya sangat merekomendasi Anda juga untuk membacanya jika ingin berinvestasi di emas. Semoga bermanfaat.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...