a

Saturday, February 23, 2013

Bisnis Studio Cetak Digital

Perkembangan teknologi semakin maju dan canggih, termasuk dalam bidang percetakan dengan menggunakan printer. Dahulu kita hanya mengenal cetak teks dan gambar sederhana di atas media kertas. Namun, kini hasil cetak tersebut dapat setara dengan hasil kualitas foto. Bahkan, jika dicetak di atas kertas khusus foto, hasilnya dapat mencapai kualitas cetak foto di laboratorium. Sungguh hebat, bukan?

Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, media pencetakkan tidak hanya di atas kertas biasa dan kertas foto saja, namun dapat pula di atas media kaus, keramik, gelas atau mug, topi, jam, kalender gantung, dan sarung bantal. Jangan ditanya hasilnya, yang pasti berkualitas tahan air dan tahan lama, sudah begitu full color pula. Sungguh menarik. Desainnya pun tidak terbatas, Anda dapat memunculkan desain sesuai selera.

Biaya produksi dalam bisnis ini pun sangat murah, memungkinkan hasil produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau dengan tetap memberikan keuntungan yang maksimal. Apalagi pesaing yang relatif belum banyak, tentunya merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk merintis usaha ini secepatnya.

Usaha cetak digital ini cocok dikembangkan di rumahan atau home industry, di pusat keramaian, di pusat perbelanjaan, di tempat bermain anak, di tempat wisata, dan daerah perkantoran.

A. Memulai Bisnis
Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis ini, yaitu sebagai berikut.

  • Pilihlah lokasi yang sekiranya produktif, ramai, dan mudah diakses. Utamakan dekat dengan area keramaian, perumahan penduduk, dan lingkungan pendidikan. 
  • Sekalipun tanpa keahlian desain, dengan tersedianya koleksi gambar-gambar (templates), pemrosesan cetak ini sangatlah mudah. Selain itu, pemrosesannya cepat. Anda tinggal mencetak gambar biasa ke atas kertas, kemudian ditransfer ke atas media yang diinginkan dengan menggunakan mesin yang sesuai.
  • Pilihlah alat cetak berkualitas baik, namun tetap bisa berkompromi dalam masalah harga karena Anda akan terbentur oleh modal.
  • Persiapkan seperangkat komputer beserta printer yang sesuai.
  • Tata ruangan tempat usaha Anda semenarik mungkin.
B. Hambatan Bisnis
Berikut adalah beberapa hambatan yang dapat terjadi ketika merintis usaha ini.
  • Minimnya pengetahuan dan minat masyarakat terhadap adanya hasil pencetakan modern di atas media selain kertas dan kertas foto. Karena itu, pasaran pun sepi dan terbatas hanya di kalangan remaja-remaja gaul.
  • Tingginya harga beli mesin cetak digital.
  • Harga kertas berkualitas yang fluktuatif
C. Strategi Bisnis
Ingin usaha Anda ini maju? Pahami beberapa strategi bisnis berikut.
  • Promosi yang gencar adalah hal utama yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis ini. Anda dapat melakukannya dengan menempel pamflet di daerah sekitar tempat usaha. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di tempat-tempat umum seperti halte bus dan angkot. Selain itu, lakukan promosi dan jalin kerjasama dengan berbagai pihak, misalnya sekolah, kampus, perusahaan, dan instansi serta lembaga tertentu yang mungkin akan membuat suvenir atau merchandise.
  • Berikan penawaran desain yang menarik, lucu, dan unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang hendak membuat cetakan pada media yang dikehendakinya.
  • Berikan harga diskon bagi konsumen yang melakukan pencetakan dalam jumlah massal.
  • Galilah kreativitas desain Anda dengan selalu meng-update desain-desain terkini yang sedang tren.
by 99 Bisnis
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...