a

Saturday, February 23, 2013

Bisnis Toko Kosmetik

Gaya hidup dan penampilan, kini menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan, khususnya oleh perempuan. Mengapa? Karena berpenampilan cantik, rapi, bersih, dan mulus menjadi suatu sifat kodrati yang selalu ingin dimiliki oleh perempuan agar selalu terlihat menarik. Karena itu, muncullah peluang bagi siapa saja untuk menyediakan beragam penunjang kebutuhan kecantikan perempuan tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka toko kosmetik atau barang-barang kosmetik beserta perlengkapannya.

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan karena pangsa pasar yang cukup luas, mulai dari remaja, dewasa, hingga ibu-ibu. Mereka semua pasti membutuhkan dan menggunakan produk kecantikan setiap hari, mulai dari pelembab, bedak, lotion, lipstick, dan sebagainya. Asalkan koleksi barang kecantikan di toko Anda lengkap, para konsumen pasti akan selalu datang ke tempat Anda untuk berbelanja. Selain itu, dengan penawaran harga yang lebih murah tapi jaminan kualitasnya kuat, tak diragukan lagi Anda pasti akan sukses! Bagaiamana, tertarikkah Anda menekuni bisnis ini?

A. Memulai Bisnis
Dalam memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut.

  • Tentukan tempat usaha yang paling cocok. Misalnya, di area pasar tradisional, di ruko-ruko perumahan, atau di pusat perbelanjaan.
  • Carilah distributor atau pemasok barang-barang kecantikan yang resmi untuk memasok barang-barangnya ke toko Anda, dengan catatan harganya pun lebih murah.
  • Ingat, tentukan dahulu prioritas jenis-jenis produk apa saja yang umumnya banyak dipakai meskipun tidak menutup kemungkinan Anda mengoleksi barang kosmetik terbaru yang jarang dipakai konsumen.
B. Hambatan Bisnis
Setiap usaha pasti akan menghadapi beragam hambatan, termasuk usaha ini, beberapa hambatan yang akan datang dalam bisnis kosmetik ini adalah sebagai berikut.
  • Munculnya pesaing usaha serupa di dalam satu lokasi tempat berjualan.
  • Pasokan barang tersendat sehingga konsumen tidak dapat terpenuhi kebutuhannya.
  • Munculnya isu barang-barang kosmetik ilegal dan berbahaya.
C. Strategi Bisnis
Sebagai pengusaha, Anda tentu ingin agar setiap konsumen selalu puas jika berbelanja di toko Anda. Karena itu, sebagai salah satu strategi bisnis, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut.
  • Jagalah kualitas barang dagangan Anda dengan selalu menjual barang-barang dari distributor yang resmi dan terpercaya. Jangan pernah tergoda apabila ada yang menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah namun kondisi barang tersebut mencurigakan. Ingat, selalu waspada terhadap barang kosmetik palsu.
  • Berlakukan sistem potongan harga untuk pembelian di atas jumlah nominal tertentu, misalnya setiap pembelian Rp 100.000,00 berhak mendapat diskon 10%.
  • Berpenampilanlah yang rapi, bersih, dan cantik agar setiap konsumen yang datang ke tempat Anda senang melihat pemilik toko yang menarik seperti Anda. Hal ini sebagai contoh atau teladan juga bahwa setiap orang, khususnya perempuan, harus selalu dapat menjaga penampilannya dengan baik. Dan secara tidak langsung, Anda telah menjadi ikon dari produk-produk kecantikan yang Anda jual.
  • Ramahlah terhadap setiap konsumen yang datang. Jangan sungkan untuk memberikan saran terhadap produk-produk kecantikan yang sekiranya cocok dengan konsumen tersebut.
  • Buatlah kemasan kantong plastik khusus yang menarik, unik, dan mencantumkan identitas toko Anda sebagai pembugkus belanjaan konsumen. Hal ini penting karena dapat berkesan bagi para konsumen dan hitung-hitung sebagai salah satu cara mempromosikan toko Anda.
by 99 Bisnis
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...