a

Saturday, February 23, 2013

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Apa pun yang Anda rasakan tentang diri Anda saat ini, berikut ini lima langkah yang dapat Anda ambil untuk lebih mencintai diri Anda sendiri dan mengembangkan harga diri dan rasa percaya diri yang Anda butuhkan untuk mencapai sebuah kualitas hidup yang luar biasa.

1) Terima Diri Anda Apa Adanya
Sebelum Anda dapat mencintai diri Anda, pertama-tama Anda harus menerima diri Anda yang unik. Terima penampilan dan tubuh fisik Anda. Terima kepribadian dan karakter unik Anda. Terima suku dan peninggalan keluarga Anda. Terima keunggulan, juga kelemahan-kelemahan Anda. Jangan mengharapkan diri Anda sempurna. Tidak ada orang yang sempurna.

2) Terima dan Beri Pujian
Belajarlah untuk menerima pujian yang diberikan orang lain kepada Anda. Banyak orang Asia merasa sulit menerima pujian karena orang Asia percaya bahwa seseorang tidak boleh menonjolkan dirinya. Di dalam budaya Asia, sangat umum di mana seseorang yang menerima pujian membalas dan berkata, "Itu bukan apa-apa" dan "Saya cuma sedang beruntung". Sesekali kita bahkan merespons pujian dengan menunjukkan kesalahan-kesalahan kita dan hal-hal mana yang tidak berjalan baik.

Pujian adalah sebuah hadiah dan kita perlu menerima mereka dengan sepenuh hati, membalas dengan kalimat, "Terima kasih" dan memperkuat pikiran di benak kita bahwa kita telah melakukan pekerjaan yang bagus dan pantas menerima pujian itu. Selain itu, berikan juga pujian yang tulus kepada orang-orang di dalam hidup Anda. Saat Anda melatih diri Anda untuk melihat dan mengutarakan kebaikan orang llain, Anda akan melakukan hal yang sama pada diri Anda sendiri.

3) Buatlah sebuah Catatan Kesuksesan
Banyak orang cenderung berfokus dan mengingatkan diri mereka pada kesalahan-kesalahan dan kegagalan-kegagalan di masa lalu. Pada saat bersamaan mereka meremehkan kelebihan-kelebihan mereka dan melupakan pencapaian yang telah mereka miliki. Ini adalah resep untuk membuat diri Anda selalu terlihat buruk. Sebuah cara yang hebat untuk membesarkan harga diri Anda adalah dengan membuat catatan kesuksesan. Tulislah sebuah daftar pencapaian dan 'keberhasilan' pribadi Anda. Ingatlah bahwa tidak ada pujian yang terlalu kecil untuk ditulis.

4) Perlakukan Diri Anda dengan Baik
Perlakukan diri Anda seperti perlakuan Anda kepada orang yang paling Anda hormati, kagumi, dan cintai. Anda tidak akan berbohong dan melanggar janji kepada teman karib, bukan? Serupa dengan itu, jangan melanggar janji kepada diri Anda sendiri.

5) Puji, Cintai, dan Semangati Diri Anda
Sebagai manusia, kita semua ingin dicintai dan dihargai. Saat kita dipuji atas prestasi-prestasi kita, itu mendorong harga diri dan kepercayaan diri kita. Hal itu memberi kita pendorong emosi yang mengarahkan kita menuju lebih banyak kesuksesan. Jadi, mengapa kita tidak menggunakan waktu kita untuk mencintai dan memuji dir Anda sendiri?
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...