a

Tuesday, January 1, 2013

Ide Usaha

Cara yang baik untuk memperoleh ide usaha adalah dengan MELEMPAR PERTANYAAN. Masalahnya, kita sering takut untuk bertanya karena kita pikir kita akan tampak bodoh. Meski demikian, jika kita ingin menghasilkan ide-ide yang baik, lebih bodoh lagi jika kita tidak bertanya. Richard Saul Wurman, seorang desainer yang sangat kreatif dan penuh ide bagus, berkata, "Pertanyaan-pertanyaan mengemudikan seluruh karyaku." Ilmuwan Robert H. Dennard mengatakan bahwa para ilmuwan biasanya bertanya. Robert memungkinkan komputer personal ketika ia menemukan DRAM (Dynamic Random Access Memory), tetapi ia memperoleh ide besarnya melalui DRAQ (Dynamic Random Access Questioning). Bertanya sesungguhnya merupakan satu hal yang bisa dilakukan manusia dengan kualitas melebihi komputer. Seperti yang dikatakan oleh seniman legendaris Picasso, "Komputer tidak berguna. Mereka hanya bisa memberimu jawaban."

Pertanyaan-pertanyaan sederhana sering melejitkan ide-ide untuk penemuan-penemuan hebat. Pada masa-masa pertama fotografi, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengolah foto. Sampai pada suatu hari, saat George Land berjalan-jalan di pantai, dia mengambil gambar dengan kameranya, dan anak peremuannya melemparkan pertanyaan yang sederhana: "Mengapa aku tidak bisa melihat fotonya sekarang?" TARRAAA! George segera mendapatkan ide untuk foto instan, dan ia menemukan proses Polaroid.

Gary Hamel, pendiri dan chairman Strategos, membicarakan mengenai ide besar yang terjadi setelah sebuah pertanyaan lain lagi-lagi dilontarkan di pantai: "Seorang laki-laki sedang berjalan-jalan di pantai Karibia, dan dia adalah seorang karyawan Motorola. Di sana, ia bersama dengan istrinya, di sebuah pantai yang jauh di mana sinyal tidak ditemukan, dan istrinya berkata padanya: 'Honey, kamu bekerja di perusahaan komunikasi. Kenapa aku tidak bisa menelepon?' dan dari situlah, muncul ide untuk komunikasi satelit point-to-pont di seluruh dunia."

Bertanya telah membantu Martha Stewart menemukan ide-ide yang menuntun dia pada kerajaan pembuatan-rumah. Cindy Galbraigh, kepala sales untuk TV Ontario, mengatakan padaku bahwa dia dulu berlari ke tempat Martha di sebuah pameran perdagangan, dan dihujani dengan banyak pertanyaan: "Martha sungguh menakjubkan. Dia bertanya padaku, 'Apa yang Anda beli? Mengapa Anda membeli ini? Apa yang mendorongmu membeli itu?' Dia terus menanyaiku, tapi dengan cara yang menyenangkan. Dia ingin tahu, dan aku sungguh terkesan oleh sikap tersebut."

Bertanya akan mengantarkan kita pada ide-ide di setiap bidang. Elinor MacKinnon, chief information officer di Blue Shield, berkata, "Aku hebat dalam pemecahan permasalahan-permasalahan yang kompleks. Sejujurnya, aku tidak sungguh-sungguh memecahkan permasalahan. Yang kulakukan adalah menanyakan banyak pertanyaan yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang. Aku mengajukan banyak pertanyaan." Pemandu acara televisi Gayle King suatu ketika berkata, "Kupikir salah satu dari aset-aset terbesarku adalah bahwa sejak kecil, aku telah menanyakan banyak hal. Mereka biasa mengataiku "tukang tanya". Padahal, aku lebih suka disebut "ingin-tahu-banyak-hal". Dan, konsultan marketing Leslie Wesbrook berkata, "Aku melemparkan banyak pertanyaan. Anda mendengarkan, dan itu menuntun Anda pada orang berikutnya, pertanyaan berikutnya, dan Anda akan belajar seiring dengan itu. Jawaban, jalan, dan arah yang Anda perlukan akan tampak."

Di sekolah, mereka memberikan bintang-bintang emas untuk setiap menjawab pertanyaan, bukan untuk setiap pertanyaan, tetapi ketika Isador Isaac Rabi pulang dari sekolah, mamanya selalu berkata, "Apa hari ini kamu mengutarakan pertanyaan yang baik, Nak?" Sikap semacam itu telah membantunya memperoleh bintang emas yang paling akbar, yaitu Penghargaan Nobel Fisika. Sudahkah Anda mengutarakan pertanyaan yang baik hari ini?
by Richard St. John

Berikut ini ada beberapa ide usaha yang bisa menginspirasi Anda. Silahkan baca di kategori Ide Bisnis.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...