a

Monday, May 6, 2013

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Kaum hawa pada dasarnya. memiliki kodrat sebagai ibu yang harus mengurus suami, buah hati dan rumah tangga. Tidak jarang, kodrat ini sering menjadi penghalang karir bagi seorang  wanita dan kemudian memilih menjadi seorang ibu rumah tangga guna mengurus keluarga dan menjaga keutuhan rumah tangganya. Meskipun begitu, para ibu rumah tangga bisa lebih mandiri dan membantu ekonomi keluarga dengan cara membuka bermacam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga. 

Tips Memulai Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Apabila anda seorang ibu rumah tangga yang berencana memulai suatu usaha rumahan, anda harus mengetahui beberapa tips memulai usaha rumahan ibu rumah tangga seperti berikut. 

Selalu jeli dalam melihat peluang dan potensi yang ada di sekitar anda. Kenalilah peluang usaha yang dapat berkembang dengan mengamati trend pasar yang berkembang saat ini. 

Carilah informasi tambahan mengenai usaha rumahan yang anda pilih dengan berdiskusi dengan orang-orang terdekat anda, surfing melalui internet, dan membaca buku-buku usaha rumahan.

Sebelum memulai usaha rumahan anda, sebaiknya pisahkan dana untuk usaha rumahan dan dana rumah tangga sehingga tidak membingungkan anda dalam proses pengelolaan keuangan usaha rumahan anda nantinya. Jika dirasa perlu, gunakan rekening bank yang terpisah supaya keuangan dan pendapatan anda lebih terstruktur dengan jelas. 

Milikilah manajemen waktu dan sistem kerja yang maksimal agar usaha rumahan ibu rumah tangga tersebut dapat berjalan terus dan semakin berkembang. Namun, perlu diingat juga agar anda tidak mengabaikan kewajiban utama anda sebagai isrti dan ibu bagi suami dan buah hati anda. Disamping itu, sifat usaha rumahan yang fleksibel hendaknya juga dapat dikelola secara konsisten agar lebih menghasilkan.

Macam-Macam Ide Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Beragam ide usaha rumahan ibu rumah tangga dapat anda pilih sesuai dengan minat dan keterampilan anda dalam menjalankannya.

1. Usaha Fashion 
Ibu rumah tangga dapat menjalankan usaha fashion dan aksesoris yang kian menjamur seiring dinamisnya trend fashion di masa modern ini. Sebagai contoh, anda bisa memulai usaha souvenir pernikahan, tas branded, sepatu lukis, baju muslim, pakaian impor, aksesoris telepon genggam, dan sebagainya. Mengenai promosi dan pemasarannya, anda dapat menggunakan sarana jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter serta mengandalkan pemasaran dengan sistem reseller melalui kenalan-kenalan anda. 

2. Usaha Jasa Pendidikan
Apabila anda memiki talenta dan keahlian khusus yang dapat menghasilkan keuntungan seperti mahir bermain musik, menyanyi, berbahasa asing, melukis, dll, anda dapat mempertimbangkan untuk memulai usaha les privat atau kursus kecil-kecilan di rumah anda dengan waktu yang menyesuaikan kesibukan anda.

3. Usaha Makanan dan Minuman
Mengingat pasar usaha makanan dan minuman yang akan selalu berpeluang bagus di masa depan, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai usaha makanan dan minuman misalnya makanan ringan, katering, kue kering, bakso, jus buah, dan sebagainya. 

4. Usaha Parcel 
Usaha rumahan ibu rumah tangga lainnya yang tidak rumit dilakukan adalah usaha paket parcel untuk acara ultah anak atau acara spesial lainnya. Dengan modal kecil dan waktu penyusunan parcel yang tidak perlu waktu lama, anda dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan dari menekuni usaha rumahan ini.

5. Usaha Jasa Penulisan
Bagi anda ibu rumah tangga yang hobi menulis, anda dapat menjadikan hobi anda sebagai usaha yang menghasilkan dengan menjadi penulis cerpen, buku, artikel, maupun penerjemah bahasa asing dengan cara mengirimkan karya tulis anda ke penerbit-penerbit yang tengah memerlukan seorang penulis.  

Sekian penjelasan mengenai usaha rumahan ibu rumah tangga ini. Semoga artikel ini dapat menjadi masukan bagi anda dan bermanfaat penting dalam memulai usaha rumahan anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...