a

Thursday, January 24, 2013

Berani Mencoba

Ada tiga ekor burung di dahan, dua berniat terbang. Jadi berapa burung yang tinggal di dalam? Jawabannya tentu saja masih ada tiga ekor burung. Dua burung tersebut masih berniat, masih berangan-angan, masih bermimpi. Dua burung tersebut belum bertindak (take action). Jadi mimpi saja tidak akan membuat Anda menjadi pengusaha. Anda perlu bertindak. Jika Anda bermimpi menjadi pengusaha dan mendapatkan modal dari investor untuk mewujudkan angan-angan itu, mulailah mencari investor.

Jangan takut mencoba. Henry Ford, penemu mobil, entah berapa ratus kali melakukan percobaan atas kereta tanpa kudanya. Wright entah berapa ratus kali mencoba mesin pesawatnya agar bisa terbang. Setiap percobaan yang mereka lakukan mengundang rasa sinis orang lain. Mereka bahkan mengatakan orang seperti Ford dan Wright sebagai orang gila, dungu, bodoh. Bahkan, sebagian melarang percobaan itu karena dianggap menganggu orang lain. Namun, percobaan mereka membawa hasil. Ford berhasil menciptakan mobil dan Wright dapat mewujudkan impiannya membuat manusia terbang dengan kendaraan ciptaannya.

Jadi Anda harus meyakinkan diri bahwa Anda berani mencoba membuat proposal, mencoba lagi, dan mencoba lagi sehingga mahir. Anda juga berani berpresentasi dan mencoba meyakinkan investor Anda dengan presentasi dan proposal yang Anda buat. Jika gagal, Anda harus bersedia terus memperbaikinya. Besar kemungkinan proposal Anda akan gagal untuk pertama kalinya. Namun, jika Anda terus mencoba membuat proposal sebaik mungkin, cepat atau lambat Anda akan mendapatkan modal yang Anda inginkan meski tidak memiliki jaminan.

Agar sukses membangun usaha sendiri, Helmi Yahya menyatakan diri keluar dari Ani Sumadi Production. Bersama ayah Joshua, mereka membuat production house baru. Ketika Helmi mendapat tantangan untuk membawakan "Kuis Siapa Berani", semula ia merasa tidak mampu. Ia takut gagal. Namun, ketika mencoba, ia justru mendapat banyak sekali kontrak.
by Bambang Prakuso
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...