a

Sunday, December 23, 2012

Review Buku Steve Jobs by Walter Isaacson

Steve Jobs memang sudah tiada, tapi kontribusinya dalam kemajuan teknologi sangat terasa. Buku ini merupakan buku biografi orang sukses yang sangat menarik. Ada beberapa buku yang membahas tentang Steve Jobs, tapi buku ini merupakan rangkuman lengkap dari kehidupan Steve Jobs dari dia masih kecil hingga dia pergi meninggalkan dunia ini. Bagi Anda yang belum pernah membaca Buku Biografi, saran saya beli buku ini. Banyak hal yang bisa menginspirasi Anda untuk bisa maju dan sukses. Memang ada beberapa hal yang mungkin tidak begitu baik dalam diri Steve Jobs, tapi coba kita ambil sisi-sisi positif dari apa yang dia lakukan.

Buku Biografi ini berisi 728 halaman, tapi Anda tidak akan bosan membacanya. Walter Isaacson menulis buku ini dengan sangat menarik. Buku ini menceritakan tentang bagaimana Steve Jobs yang pada masa kecilnya merasa terbuang karena dia tidak diasuh oleh orang tua kandungnya. Tetapi kecintaan orang tua asuh yang dia miliki membuat dia merasa spesial. Orang tua asuhnya selalu memperhatikan dia dan berusaha memenuhi setiap  keinginannya. Bahkan ketika ia ingin kuliah di universitas yang mahal, yang sebenarnya tidak mampu dibiayai oleh orang tua asuhnya, orang tuanya berusaha keras agar ia bisa masuk disana.

Paul dan Clara Jobs adalah orang tua asuh yang sempurna bagi Jobs. Dia mengganggap mereka adalah orang tuanya yang sebenarnya. Paul Jobs sangat ahli dalam bidang elektronika, walaupun ayahnya bukan seorang lulusan sarjana. Ayahnya sering memperbaiki barang elektronik di rumah mereka sendiri, dan disitulah yang menarik minat dari Jobs. Dia menjadi tergila-gila dengan elektronik, menghabiskan waktunya untuk membuat alat-alat sederhana untuk keperluannya sehari-hari. Hingga ia bertemu dengan seorang temannya yang lebih jago dalam bidang elektronik, dan kemudian mereka mendirikan Apple yang awalnya dimulai dari sebuah garasi.

Di bukunya ini juga diceritakan bagaimana perjuangan awal mereka ketika mendirikan Apple, keberanian dia  untuk bernegosiasi dengan orang-orang besar. Dan yang paling pahit adalah ketika dia didepak dari perusahaannya sendiri. Ketika dia keluar dari Apple dia kemudian mendirikan perusahaan NEXT yang tidak begitu berkembang. Tapi itu mejadikan dia semakin lebih baik, karena pengalaman-pengalaman yang dia hadapi membuat dia semakin kuat.

Dia kemudian membeli PIXAR yang kemudian kita kenal sebagai pembuat film animasi terbaik di dunia. Setelah dia kembali di Apple, kita tahu bersama bahwa dia menciptakan iPod, Iphone, dan Ipad. Membuat suatu produk yang baru yang belum ada, dan membuatnya sangat bermanfaat dan baik. Dia selalu ingin membuat produk yang terbaik dan mudah untuk digunakan orang lain. Dan kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil yang sangat memuaskan.

Saya sangat merekomendasi buku ini untuk dibaca, karena selain enak untuk dibaca, banyak pelajaran menarik yang bisa kita ambil untuk kita terapkan dalam kehidupan kita. Ambilah sisi-sisi positif dari kepribadian Jobs dan saya yakin anda akan semakin maju dan sukses. 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...