a

Friday, December 21, 2012

Cara Mengatasi Keraguan

Penghambat internal yang harus kita hadapi adalah self-doubt(rasa ragu pada diri sendiri). Banyak orang sukses memiliki keraguan dan kegelisahan yang parah. Mereka tetap terus berusaha mengatasinya. Goldie Hawn berkata, "Aku selalu memiliki keraguan pada diriku sendiri. Aku tidak cukup baik. Aku tidak cukup pintar. Kupikir aku telah gagal." Tetapi, ia berusaha terus untuk mengatasinya, dan berhasil menjadi peraih Academy Award untuk keberhasilannya sebagai pemeran wanita terbaik dan produser.
Drew Nieporent berkata, "Aku selalu bertanya-tanya. Aku memiliki keraguan yang parah." Namun, ia terus berusaha mengatasinya dan akhirnya berhasil mendirikan beberapa restoran terbaik dunia. Kemudian, kita juga mengenal Mike Myers. Meskipun ia adalah seorang peraih Emmy Award sebagai komedian dan aktor terbaik, ia mengatakan, "Aku masih percaya bahwa sewaktu-waktu para polisi perazia orang tak berbakat akan datang dan menangkapku." Penulis buku laris, Jane Urqhuart berkata, "Kupikir tidak ada seorang penulis pun, di sepanjang karier mereka, yang tidak merasa gelisah dengan karya mereka. Kami adalah kumpulan orang-orang yang gelisah." Aku bisa memenuhi halaman-halaman di buku ini dengan kutipan semacam itu, tetapi kupikir Anda telah mengerti maksudnya. Jika Anda meragukan diri sendiri, jika Anda pikir anda tidak cukup baik, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Teruslah berusaha menghadapinya, dan jangan biarkan hal ini menghalangi Anda. Berikut ini adalah empat strategi yang digunakan orang-orang sukses yang mungkin bisa membantu Anda:


1. Strategi "Sudah Pernah Sebelumnya" : Ketika Anda merasa ragu, tengoklah sekilas pada keberhasilan dan kesuksesan yang telah Anda capai sebelumnya. Jangan berpikir terlalu lama, cukup melihat kembali kejadian yang serupa di mana Anda telah berhasil, sehingga Anda bisa berkata, "Aku telah berhasil melakukannya sebelumnya. Aku bisa melakukannya lagi." Cara ini berhasil untuk Tiger Woods. Ia berkata bahwa ketika ia harus menghadapi suatu pukulan yang sangat menegangkan, "Yang selalu kupikirkan adalah, 'Kamu telah melakukan pukulan semacam ini beribu-ribu kali. Melangkahlah dan rileks, dan pukullah bola tersebut." Diana Bean, senior Wakil Presiden bida pengembangan bisnis Manulife, berkata, "Ini adalah tentang pengalaman. Pada awalnya, Anda akan berpikir, 'Aduh, aku tidak tahu apa-apa. Aku akan mengacaukan semuanya.' Dan kemudian, Anda belajar mencari jalan keluarnya, dan Anda terus melangkah ke tahap selanjutnya. Setelah beberapa waktu, Anda akan menyadari bahwa meskipun Anda tidak mengerti apa pun tentang suatu hal, Anda akan mengetahuinya nanti, dan kemudian bisa mengatasinya."

2. Strategi "Berlari Lebih Cepat" : Di sini, Anda lupa akan keraguan diri yang mengejar Anda dan terus melaju kencang hingga akhirnya Anda bisa meninggalkannya jauh di belakang, bersama kepulan debu. Penulis novel terkenal, Stephen King, menggunakan strategi ini. Ia berkata, "Banyak sekali peluang bagi keraguan diri untuk menyerang. Tetapi jika aku menulis dengan cepat, menuangkan cerita sesuai dengan apa yang muncul dibenakku...aku bisa berhasil menjaga antusiasme orisinalku, dan pada saat yang sama, meninggalkan keraguan diri yang selalu mencari celah untuk masuk."

3. Strategi "Percaya Diri/Ragu-ragu" : Di sini, berusahalah menyeimbangkan saat-saat ketika Anda ragu pada diri sendiri dengan saat-saat ketika Anda sangat percaya diri. Musisi pemenang Grammy Award, Gary Burton menggambarkan strategi ini dengan baik: "Menurutku, setiap seniman terbentur antara persaan 'aku hebat' dan 'aku payah'. Ada momen-momen di mana Anda merasa, 'Ya ampun, aku beruntung bisa sampai ke tahap ini.' Kemudian, Anda berganti haluan dan melakukan sesuatu yang membuat Anda gembira, dan Anda akan berpikir, 'Ini sungguh hebat!'" Pengarang novel grafis yang ternama, Seth, menggunakan pendekatan yang sama: "Aku terombang-ambing antara percaya bahwa aku sedang mengerjakan karya yang bagus dan ketakutan yang mencekap bahwa setiap halaman yang kugambar perlahan-lahan memaparkan betapa aku ini si bodoh yang lamban dan sentimental." Trik dalam strategi "Percaya Diri/Ragu-ragu" ini adalah dengan selalu memantulkan kembali di antara kedua perasaan tersebut. Jangan berlarut-larut terlalu lama, berdiam di salah satu sisinya.

4. Strategi "Dibawa Tidur" : CEO Amberwood Production, Sheldon Wiseman mengatakan, "Aku memiliki beberapa keraguan pada diriku. Beberapa di antaranya terasa sangat bergejolak sampai-sampai Anda akan bertanya dapatkah Anda bertahan jika mengalaminya, tetapi aku tidak membiarkan rasa ragu tersebut menguasaiku, dan aku menghadapinya dengan cukup cepat. Tidur yang cukup sangat membantu. Ketika badanku segar, aku bisa melakukan hampir segala-galanya."

by Richard St. John
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...