a

Thursday, November 8, 2012

Layanilah Orang Lain


Salah satu ciri yang dipunyai oleh orang-orang sukses adalah: mereka MELAYANI orang lain. Sejauh ini, kita telah meneropong ke dalam diri kita sendri, dan telah banyak bicara mengenai “aku” di dalam diri masing-masing entah itu tentang “aku” yang menemukan passion, bekerja keras, memfokuskan diri, memotifasi diri, atau mengembangkan diri. Biar begitu, sukses bukanlah tentang aku melulu. Inilah saatnya untuk mengganti persneling dan meneropong ke luar, karena meraih kesuksesan, dan kekayaan, adalah sesuatu tentang melayani orang.

Inilah kebenaran yang mencengangkan: orang-orang tidak peduli dengan “aku”. Mereka hanya peduli tentang bagaimana Aku bisa membantu mengatasi permasalahan mereka, memperbaiki pipa saluran air mereka, meredakan sakit; membuat mereka tertawa, membuat mereka menangis, atau mencerahkan hari mereka; membuat mereka lebih langsing atau membuat mereka menjadi seorang juara; memberi mereka informasi atau inspirasi; sediakan bantuan atau sisihkan waktu untuk mendengarkan; mengisi perut mereka, mengisi otak mereka, mengisi jiwa mereka, atau mengisi ruang kosong dalam kehidupan mereka. Dalam lain kata, orang hanya peduli pada pelayanan yang kita beri yang dapat menolong mereka dalam cara dan bentuk apa pun.
Kata “melayani” sering disalah mengerti. Barangkali, itu disebabkan pelayanan di restoran berkata, “hai saya Bobby, dan saya adalah pelayan anda.” Lalu, setiap kali anda membutuhkan sesuatu, Bobby tidak kelihatan. Dan, ketika aku bilang “melayani”, banyak orang berpikir bahwa yang kumaksud adalah pelayanan kasih, contohnya seperti Bunda Theresa yang melayani orang-orang papa. Kasih (charity) itu penting, tapi tiu merupakan satu aspek saja dari pelayanan. Seperti yang akan anda lihat, melayani orang lain merupakan kunci orang menjadi kaya.
Yang dimaksud dengan melayani adalah berpikir tentang orang lain, bekerja untuk mereka, dan menghasilkan sesuatu yang mereka inginkan, butuhkan, atau hargai, baik berupa jasa, produk, pengalaman, atau perasaan. Ini meliputi memberi sesuatu yang baik dan menolong orang, dan tidak peduli dalam bidang apa anda berkecimpung, semua pelayanan itu merupakan kunci utama kesuksesan. Pendiri jaringan hotel Four Seasons Issy Sharp mengatakan bahwa pelayanan kepada orang lainlah yang mengantarkannya menempati tempat teratas: “pelayanan sungguh merupakan  kunci utama sebuah perusahaan – ide untuk bertindak dengan lebih baik sebagai pelayan, bersikap ramah, siap membantu, dan memberikan pertolongan kepada pelanggan. Kami siap melakukan pekerjaan untuk klien-klien kami.”
Penjelajah Chris Kilham melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk mempelajari penggunaan tumbuhan obat untuk penduduk-penduduk asli, dan ia berkata, “Semua ini adalah demi pelayanan . Aku bekerja untuk melayani semua orang dengan jalan memberikan pengobatan yang aman yang akan menolong mereka. Aku bekerja untuk melayani lingkungan melalui upaya-upaya perlindungan, dan aku bekerja untuk melayani-melayani peduduk asli. Aku ingin melakukan ini semua dengan total. Itulah inti dari semua ini. Itulah yang memberiku kekuatan”. Pelayan juga telah mendorong penulis peraih penghargaan sekaligus penampil Eve Ensler: “Menurutku, kesuksesan berarti sungguh-sungguh melihat hidupmu sebagai sebuah pelayanan. Kita hidup bukan untuk melakukan hal-hal yang lain. Tidak ada hal lain yang memikatku, secara personal”.

"Aku pikir aku hidup untuk melayani. Aku adalah seorang pewarta tentang hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi, ide, dan aku mengubahnya menjadi budaya pop." -Paula Silver (Presiden Columbia Pictures Marketing)-




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...