Monday, November 26, 2012

Fokus Orang Kaya

Orang-orang yang sangat kaya sadar atau tidak sadar berfokus pada :

  • Sekali kerja untung sangat besar, seperti mengerjakan proyek-proyek besar, membangun jalan, membangun lapangan udara, rumah sakit, menjual senjata berat, pesawat terbang, kapal pesiar, dan lain sebagainya.
  • Beberapa kali kerja dan dengan untung yang besar, seperti menjadi developer rumah mewah, importir mobil mewah, dan lain sebagainya.
  • Mengerjakan atau menjual sesuatu dengan untung kecil tetapi kepada banyak orang dan berkali-kali, seperti membangun perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa yang dikonsumsi oleh banyak orang atau perusahaan secara berkali-kali, seperti pabrik rokok, pabrik mi, pabrik terigu, pabrik baja, pompa bensin.
Orang kaya berfokus pada upaya untuk membuat nilai tambah dan memanfaatkan faktor kali.
Contoh :
Level 1 : Fokus Membuat Nilai Tambah
Orang yang sukses membuka usaha bengkel mobil pasti membuat nilai tambah kepada pemilik mobil (antara lain service lebih memuaskan, lebih cepat, lebih dekat, lebih murah, lebih lengkap, alat lebih modern, lebih dikenal, lebih ahli, dari bengkel yang lain).

Level 2 : Fokus Membuat Faktor Kali Pertama
Orang tersebut bisa lebih kaya lagi, bila dia cukup memerhatikan faktor kalinya yaitu karyawan, teknologi, luas ruang usaha, sehingga satu hari bisa menampung lebih banyak mobil. Dia perlu memerhatikan faktor kali yang lain yaitu bagaimana meningkatkan margin keuntungan per mobil; atau memerhatikan faktor kali yang lain yaitu bagaimana mempersering kedatangan per mobil ke bengkel. Dan tentu saja semua ini dilakukan dengan cara membuat pelanggan merasa lebih baik atau lebih untung.

Level 3 : Fokus Membuat Faktor Kali Kedua
Ketika pengusaha ini sukses, dia membuat cabang lagi atau menjual franchise, sehingga dia bisa melayani lebih banyak lagi.

Level 4 : Fokus Membuat Faktor Kali Ketiga
Ketika sukses dengan membuka cabang atau franchise, dia bisa Go Public atau menjual saham.
by TDW
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...