a

Thursday, October 25, 2012

Carilah Tantangan Untuk Memotivasi Diri

Salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan mencari tantangan bagi diri kita sendiri. Apakah perbedaan antara tujuan dan tantangan? Tantangan adalah tujuan yang disertai adrenalin. Suatu tantangan harus membuat Anda sedikit takut.
CEO Virgin Group, Richard Branson, mengatakan "Semangatku dalam hidup ini berasal dari pencarian tantangan yang besar, yang tampaknya tidak mungkin tergapai, tapi kemudian memenangkannya." Richard berhasil memenangkan tantangannya, secara harafiah, ketika ia berusaha menjadi penerbang balon udara-panas pertama yang melintasi Laut Atlantik. (Orang-orang bilang seorang CEO biasanya penuh dengan hawa panas, dan Richard mengambil manfaatnya secara penuh). Ia merasakan bahwa rasa takut adalah bagian dari tantangannya ketika balon udaranya menabrak arus jet dan terhempas pada 200 mph: "Kami benar-benar merapal doa, berdoa semoga balonnya baik-baik saja." Akhirnya Richard teronggok di Atlantik Utara dan selamat untuk mengejar tantangan-tantangan lainnya.

Sutradara film, James Cameron, juga memotivasi dirinya sendiri dengan mengejar tantangan yang sulit, seperti membuat efek spesial yang belum pernah dilihat sebelumnya di layar lebar. Dengan memenuhi tantangan dalam pembuatan film mengenai Titanic, James berada di puncak dunia ketika akhirnya filmnya, Titanic, memenangkan Oscar untuk Film Terbaik dan Sutradara terbaik. Tidak mengherankan jika ia berkata, "Semakin banyak tantangannya..semakin aku menikmatinya."
Musisi Ed Robertson dari the Barenaked Ladies berkata bahwa ia memotivasi dirinya sendiri dengan tantangan yang kurang disukai isterinya: "Aku suka berselancar di ombak dan meluncur di salju. Aku menyukai petualangan. Melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu membuatku merasa menjadi manusia, dan aku pun menjadi rendah hati." Tantangan terbaru Ed adalah mendapatkan surat izin pilotnya: "Melakukan hal yang sangat sulit dan aku tidak perlu menghentikannya sangatlah menantang. Tetapi mendapatkan izin terbang sama memuaskannya dengan pengalaman ketika aku berhasil menjual albumku sebanyak enam juta kopi. Aku mengerjakan sesuatu, dan aku berhasil. Aku jadi merasa bangga dan gembira."
Adrenalin tidak hanya muncul dari tantangan di udara, di alam liar, atau di pembuatan film. Banyak orang merasakan adrenalinnya terpompa di tempat kerja mereka. Wakil Presiden Senior Manulife, Diane Bean, berkata, "Aku menyukai tantangan baru, dan kupikir inilah yang memotivasikku. Aku menyukai adrenalinnya." Dalam dunia retail, pendiri Sleep Country, Gord Lownds, berkata, "Kadangkala aku merancang beberapa tugas yang mustahil, dan menantang diriku sendiri untuk memenuhinya." Dan, di dalam ruang operasi, dokter bedah, Douglas Dorner, berkata, "Menurutku, dokter-dokter bedah suka mendapatkan tantangan. Aku selalu menyukai tantangan."
Tantangan bagi Stephan Van Dam hanyalah meninggalkan rumahnya di Swiss dan pergi ke Amerika. Ia tidak hanya pergi ke New York, tetapi juga menjadi ahli mengenai kota tersebut dan menciptakan peta-peta yang brilian yang memenangi penghargaan. Ia bercerita, "Sebagai seorang anak muda berusia 21 tahun, aku pergi ke Amerika, dan bersekolah sangat keras. Hal ini adalah tantangan sesungguhnya bagiku, tetapi kupikir kita memang memerlukan tantangan semacam ini untuk terus mendorong kita lebih maju."
Jadi, doronglah diri Anda sendiri untuk menjadi lebih maju dengan tantangan. Menghadapi tantangan terasa menakutkan sekaligus menyenangkan, tetapi tantangan tersebut dapat membawa Anda ke hal-hal baru dengan berbagai cara.

Ini bukan masalah uang. Ini masih mengenai tantangan pergi ke kantor, dan menempuh hal-hal berbahaya dengan teknologi baru. Norbert Fischkon presiden Frischkorn Audiovisual
by Richard St. John
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...