a

Friday, October 26, 2012

Cara Mendapatkan Ide

Ide membuat orang menjadi hebat, tetapi bagaimana orang-orang hebat itu bisa memiliki ide? Salah satu caranya adalah dengan MEMILIKI  SUATU MASALAH, karena ide yang besar datang dari permasalahan-permasalahan sehari-hari.
Anita Roddick memiliki masalah saat ia ditinggal suaminya ke Amerika Selatan untuk berkuda dalam rangka cuti panjang, dan ia harus mengurusi dirinya sendiri. AHAA! Dia punya ide untuk memulai menjalankan bisnis kecil yang dinamai The Body Shop, yang menjelma menjadi ide yang sungguh besar.

Richard Branson memiliki masalah. Dia terdampar usai penerbangannya ke Puerto Rico dibatalkan. Untuk mengatasi masalah ini, dia menelepon ke mana saja, mencarter pesawat, lalu menjual tiket one way kepada penumpang-penumpang lain yang juga terdampar, memenuhi penerbangan tersebut, dan sesungguhnya ia juga untung. AHAA! Muncullah ide di kepalanya, mulailah ia membuat Virgin Airways.
Sky Dayton mengatakan bahwa dulu ia punya masalah: "Aku mencoba untuk melakukan sambungan internet, dan aku menghabiskan 80 jam secara sia-sia bersama komputerku, dan bahkan pihak layanan pelanggan tidak menjawab teleponku. Aku mengalami layanan yang sangat buruk dan sangat mengecewakan." AHAA! Muncullah ide di kepala Sky: "Aku berkata, 'Aku dapat membuat ini menjadi mudah, dan orang akan membutuhkannya,' dan aku mendapat ide untuk EarthLink." Itulah ide yang menjadikan Sky bintang teknologi dan sangat kaya di usia mudanya.
Michael Jordan memiliki masalah. Dia ingin mengenakan celana pendek North Carolina miliknya karena celana tersebut membawa keberuntungan untuk dirinya. Ini tak akan jadi soal sebenarnya, tapi seperti kita tahu bahwa Michael bermain untuk Bulls. AHAA! Dia pun memiliki ide untuk mengenakan celana yang lebih panjang dan lebih longgar daripada yang dikenakan oleh pemain lain, supaya dia dapat menyembunyikan celana North Carolina di balik kostum Bulls-nya.Ide tersebut mengangkatnya, mulai menyemangatinya, dan segera setiap pemain mengenakan celana basket yang lebih panjang, yang membuka seluruh peluang baru untuk bisnis pakaian olahraga.
Jika Anda merasa sedikit tertekan oleh nama-nama besar di atas, ingatlah bahwa banyak nama besar tadinya adalah nama-nama kecil saja, hingga mereka mengalami suatu permasalahan dan menemukan ide besar untuk memecahkannya. Kehidupan kita sehari-hari dipenuhi oleh permasalahan yang menunggu untuk diselesaikan.
Bill Gates pernah berkata, "Aku mendalami bisnis sebagai semacam tantangan problem-solving... hidup akan jadi jauh lebih menyenangkan jika Anda menanggapi tantangan-tantangan tersebut secara kreatif". Jadi, ketika Anda mendapatkan masalah baik yang besar maupun yang kecil, lakukan apa yang diperbuat Bill dan cobalah mengotak-atiknya, dan melihatnya sebagai suatu tantangan problem-solving. Barangkali itu adalah hal terakhir yang Anda sukai, tapi jika Anda terus berpikir, Anda akan merasa bahwa problem-solving itu menyenangkan. Dan, persis seperti ide Bill dalam mengawali perusahaan peranti lunak, Anda mungkin akan menemukan ide yang fantastis yang bukan hanya menyelesaikan masalah Anda, tapi juga mengubah hidup Anda.

Hal yang paling menyenangkan bagiku adalah ketika aku memperoleh masalah yang sulit, hingga akhirnya bisa menemukan ide untuk memecahkan masalah tersebut. Sungguh memuaskan. David Jensen CEO, Brooklands Executives Recruitment
by Richard St. John
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...