a

Tuesday, September 18, 2012

Tips Menaikkan Harga Sewa Kamar Kost

Bagi anda yang ingin berinvestasi/berbisnis kost-kostan, maka anda pasti tertarik untuk memiliki kamar kost yang mempunyai harga sewa yang tinggi tapi banyak peminatnya. Tapi sebelum saya berbicara tentang cara-cara menaikkan harga kamar kost, ada baiknya sebelum anda membeli rumah tersebut, jika belum dibeli, ataupun jika sudah dibeli maka yang patut anda perhatikan sebelum memutuskan kenaikan harga sewa kamar adalah kondisi keuangan dari penyewa kost anda.
Jika kost anda terletak di dekat kampus / universitas, maka pastikan kondisi keuangan anak-anak mahasiswa yang ada, minimal adalah kelas menengah. Sebab, jika kondisinya adalah kelas bawah, maka sebaiknya anda mengurungi niat anda untuk menaikkan harga kamar karena selain akan percuma, kemungkinan kost anda tidak akan laku. Biasanya kost-kostan yang terletak di daerah perkantoran sangat cocok untuk dinaikkan. Selain karena biasanya biaya tempat tinggal ditanggung oleh kantor, ataupun jika tidak, tingkat keuangan mereka sudah pasti lebih baik dari mahasiswa-mahasiswa. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini beberapa tips untuk menaikkan harga sewa kamar kost anda :


  1. Buat kamar mandi dalam untuk setiap kamar : Dengan adanya kamar mandi membuat harga sewa kamar kost anda memiliki kenaikan yang cukup besar. Cuman memang jika properti tersebut sudah ada, maka anda membutuhkan biaya renovasi yang tidak sedikit. Coba anda kalkulasikan antara investasi anda di kamar mandi dalam tersebut dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Satu hal yang harus diperhatikan, jika anda ingin membuat kamar mandi dalam di lantai 2, 3, ke atas pada properti anda. Jika anda tidak hati-hati maka kost-kostan anda akan sering bocor dan sulit untuk dideteksi bocornya dari kamar mandi yang mana. Pastikan anda menggunakan 'SIKA' pada bagian lantai ataupun waterproofing bagian dinding pada saat membuat kamar mandi anda. 
  2. Pasang internet : Internet sekarang ini sudah merupakan salah satu kebutuhan dari masing-masing orang. Terutama bagi mereka-mereka kuliah ataupun kerja. Selain untuk mencari informasi, mereka juga biasanya bisa refreshing dengan adanya internet. Maka tidak jarang dengan adanya internet akan menarik perhatian calon penyewa kost. Mereka akan lebih prefer kepada kost-kostan yang mempunyai fasilitas internet di banding yang tidak. 
  3. Sediakan Lemari, Meja, Kursi , Tempat Tidur :  Untuk memudahkan dari sang penyewa, ada baiknya kita menyediakan perlengkapan yang ada di kamar mereka. Ini membuat harga sewa bisa terbantu untuk naik.
  4. TV Kabel : Jika terdapat jaringan tv kabel di sekitar anda, ada baiknya anda memasang tv kabel untuk menarik perhatian mereka. Selain harganya tidak cukup mahal per bulannya, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih walaupun hanya menambahkan sedikit saja dari harga sewa kamar mereka. Coba anda hitung keuntungan anda, jika semua kamar dipasang tv kabel, coba kalkulasikan antara pengeluaran dari sewa TV kabel dengan pemasukan anda.
  5. Fasilitas Lengkap : Lengkapi kost anda dengan dapur yang lengkap, tempat jemuran, tempat setrika, maupun televisi jika anda ingin menarik perhatian dari penyewa-penyewa yang memiliki tingkat ekonomi yang cukup (menengah ke atas). Anda pun bisa secara signifikan menaikkan harga sewa kamar kost dibanding dengan kompetitor anda yang tidak mempunyai fasilitas-fasilitas tersebut. 
  6. Lahan Parkir : Jika anda sudah menargetkan bahwa penyewa kost adalah orang-orang yang memiliki kondisi keuangan menengah ke atas, maka salah satu yang harus anda persiapkan adalah tempat parkir yang luas. Sebab orang kaya identik dengan mobil, dan jika tidak ada tempat parkir, maka kecil kemungkinan mereka akan tertarik di kost anda. 
  7. Laundry : Sediakan services laundry di tempat anda, dan anda akan memiliki keuntungan yang lebih banyak lagi. Banyak orang apalagi yang sudah bekerja tidak mempunyai kesempatan banyak untuk mencuci sendiri pakain mereka. Anda dapat memanfaatkan dengan menyediakan tempat laundry di kost-kostan milik anda. 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...