Saturday, October 27, 2012

Tips Memilih Bisnis

Berikut ini beberapa tips yang diperlukan agar Anda bisa memilih Bisnis yang baik dan berprospek cerah.
  • Sesuai dengan karakter diri Anda. Bila ingin memulai usaha, pilihlah bidang yang Anda sukai dan minati. Membuka dan menjalankan usaha akan menjadi lebih mudah kalau Anda menyukai apa yang Anda kerjakan.
  • Prospek masa depan. Ini merupakan aspek yang sangat penting. Anda perlu memperhitungkan prospek ke depan dari bisnis yang ingin Anda jalankan. Apakah bisnis itu bisa bertahan lama? Dibanding bisnis yang mampu mengeruk keuntungan dalam jumlah besar tapi tidak bertahan lama, jenis usaha yang berlaba kecil tapi dapat berjalan bertahun-tahun jauh lebih baik.
  • Temukan 'Kue'! Tentu saja 'kue' yang saya maksud adalah peluang. Tidak sesulit yang dikira kok, asal Anda tahu 'wujud' sebenarnya dari ceruk pasar. Apa itu ceruk pasar? Masalah yang belum diatasi, atau keinginan yang belum terpenuhi. Temukan suatu untuk diatasi, sesuatu yang tidak diperhatikan orang lain. Buka pikiran Anda dan berpikirlah kreatif, kembalilah jadi anak-anak, kembangkan imajinasi Anda. Seringlah berjalan-jalan, bacalah berbagai media, baik itu tentang bisnis atau hal lainnya. Berpikirlah diluar kotak dan pertajam perasaan Anda. Ada dua cara untuk mendapatkan kue Anda, pertama, menemukan nilai. Anda harus mencari apa yang orang lain benar-benar butuhkan, bukan apa yang Anda pikir mereka butuhkan. Kedua, menciptakan nilai. Anda membuat pelanggan Anda menginginkan produk yang Anda tawarkan. Misalnya menjual aksesoris pada kaum wanita yang belum pernah atau jarang mengenakannya. Mereka yang tadinya tidak membutuhkan menjadi tertarik, dari tertarik menjadi ingin dan akhirnya membeli aksesoris.
  • Berapa Orang yang Sedang Menggali di Ladang yang Sama? Lihat keadaan pasar. Ada berapa orang saingan Anda? Coba analisa, ada berapa jenis bidang usaha serupa dalam lingkungan Anda? Apakah bidang itu masih berprospek cerah, atau malah sudah jenuh pemain? Kalau masih berpotensi dan Anda sudah memiliki pesaing, cari tahu apa saja yang pesaing tawarkan. Tanyakan pada diri Anda apa yang dapat Anda berikan tapi tak dapat saingan Anda berikan? Apa perbedaan yang bisa anda tawarkan dibanding dengna pesaing Anda?
  • Modal. Tentunya Anda harus mempertimbangkan kemampuan Anda. Untuk awalnya, pilihlah bidang yang modalnya masih dalam jangkauan Anda. Bila sukses nanti, Anda dapat mengembangkan usaha lainnya.
Setelah anda selesai memilih bisnis yang kira-kira berprospek cerah, coba buat visi ke depan, semangat dan rencana matang. Selanjutnya coba anda realisasikan. Coba berani untuk melangkah. Semoga sukses.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...