a

Saturday, September 15, 2012

Mencari Properti Berpenghasilan? Simak Sumbernya Disini...

Apakah anda sedang mencari properti berpenghasilan? Jika anda sebelumnya sudah membaca artikel saya tentang beli properti tanpa modal, maka anda pasti akan mencari tahu bagaimana caranya mendapatkan properti-properti yang berpenghasilan. Apa itu properti berpenghasilan? Properti berpenghasilan adalah properti yang pada saat kita beli sudah memberikan penghasilan bulanan/tahunan pada kita sebagai pemilik. Contoh : properti kost-kostan yang pada saat kita beli sudah berpenghasilan, tiap bulannya memberikan cashflow/pendapatan dari hasil pembayaran sewa anak kost. Atau juga properti Ruko, yang pada saat kita beli, sudah sementara disewakan kepada orang lain, sehingga kita sudah mendapatkan penghasilan tahunan dari pembayaran sewa ruko yang diberikan oleh penyewa. Bagaimana caranya kita mendapatkan properti-properti berpenghasilan? Berikut adalah beberapa sumber utama dari properti berpenghasilan.


  1. Iklan di Koran : Jika anda tinggal di daerah jakarta, carilah iklan jual properti di kompas atau di jawa pos. Jika anda berada di daerah lain, maka belilah koran-koran lokal yang ada di daerah anda. Beli koran tersebut tiap hari, dan coba perhatikan properti-properti berpenghasilan yang ada di halaman iklan properti. Disana pasti anda akan menemukan banyak orang yang menjual properti kost-kostan ataupun ruko yang dalam kondisi sudah tersewa.
  2. Agen Properti : Jika anda belum pernah ke agen-agen properti (ERA Mega, Century21, LJ Hooker, ataupun agen properti lainnya) cobalah untuk mampir disana. Biasanya kalau kita ke sana, sudah ada tempelen-tempelen iklan properti-properti yang dijual. Anda tinggal lihat-lihat saja yang mana yang kira-kira anda suka. Anda juga bisa memberitahu kriteria properti yang kira-kira anda inginkan kepada mereka dan mereka dengan senang hati akan menghubungi anda, jika ada properti yang kira-kira sesuai dengan kriteria anda. 
  3. Teman / Saudara / Tetangga : Katakan kepada teman-teman ataupun saudara anda, jika anda sedang mencari properti kost-kostan/ruko. Ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapat properti berpenghasilan. Mungkin ada teman anda yang ingin menjual properti mereka, ataupun tetangga mereka yang ingin menjual. Biasanya dengan metode ini anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan sang penjual, karena anda sudah memiliki nilai tambah yaitu referensi dari teman/saudara, ataupun jika yang menjual teman/saudara anda maka akan lebih mudah lagi untuk melakukan negosiasi.
  4. Perhatikan sekelilling Lingkungan Anda : Jika anda menggunakan mobil, motor, ataupun berjalan kaki, coba perhatikan sekeliling lingkungan pada saat anda lewat. Biasanya ada tempelen-tempelan rumah dijual di depan rumah yang ingin dijual tentunya. Jika anda belum sempat mampir, coba catat no telepon yang punya, dan coba hubungi mereka lewat telepon untuk menanyakan tentang properti tersebut lebih lanjut.
  5. Internet : Saat ini internet sudah semakin menjamur di Indonesia, dan apapun yang kita cari rata-rata ada di internet. Coba cari properti-properti berpenghasilan di internet. Sudah banyak website-website properti yang ada seperti rumah.com, rumah123.com, ataupun coba anda cari properti-properti berpenghasilan di forum-forum seperti kaskus.com (forum jual beli). 
  6. Sumber-sumber lainnya seperti Bank & Appraisal : Jika anda sudah pernah ke bank, dan ingin mengambil KPR maka anda akan ditanya dimana properti yang ingin anda beli. Nah, anda bisa memberitahukan bank, jika saat ini saya masih sedang mencari properti dengan kriteria seperti apa saja. Bank mempunyai informasi yang banyak tentang hal ini, karena mungkin anda client-client dari bank tersebut yang mempunyai KPR yang menunggak, dan ingin melakukan penjualan. Coba komunikasikan dengan pihak bank, kriteria-kriteria seperti apa yang anda inginkan. Selain itu, coba tentukan 1 properti yang anda incar kemudian segera apply KPR ke bank-bank. Dari situ anda akan berkenalan dengan appraisal-apraisal baik dari pihak bank, maupun appraisal independent yang disewakan oleh bank. Apa itu appraisal? appraisal adalah penilai harga rumah yang ingin anda beli. Coba baca artikel-artikel saya yang lain tentang properti dan anda akan mendapat informasi lebih tentang appraisal. Ok lanjut, setelah anda mengenal appraisal-appraisal tersebut, anda bisa menanyakan secara pribadi ke mereka, jika mereka mempunyai kenalan/client yang sedang ingin menjual properti. Mereka pasti mempunyai banyak kenalan yang ingin menjual properti, sebab mereka berhubungan langsung dengan hal-hal tersebut. Bagaimana kenalan dengan appraisal? jika anda sudah apply KPR, pasti anda akan bisa kenal dengan mereka, karena pada saat mereka akan survei lokasi, mereka akan menghubungi anda. 
Semoga sumber-sumber properti berpenghasilan ini bisa membuat referensi pencarian properti anda semakin banyak. 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...