Tuesday, May 14, 2013

Bisnis Kecil yang Menguntungkan

Banyaknya peluang memulai bisnis kecil yang menguntungkan di pasaran sering menarik minat banyak orang untuk segera membuka bisnis kecil baik sebagai usaha sampingan coba-coba maupun usaha tetap utama. Namun perlu diingat, untuk memiliki bisnis kecil yang menguntungkan anda perlu memiliki kualitas karakter pebisnis yang tangguh seperti berikut. 

Pantang menyerah dan selalu optimis menghadapi berbagai kendala yang akan muncul dalam bisnis kecil anda. Peribahasa lama mengatakan bahwa seseorang harus berakit-rakit ke hulu dulu baru berenang-renang ke tepian. Berbisnis bisa diibaratkan sebagai suatu proses pelayaran. Seorang pelayar yang tangguh tidak dapat tercipta jika tidak melalui berbagai badai dan topan di lautan yang bergelombang. Untuk menjadi pebisnis yang sukses dengan bisnis yang maju, anda perlu mengambil pelajaran dalam berbagai masalah yang mungkin anda alami dalam bisnis anda. 

Inovatif dan kreatif. Untuk mengembangkan usaha dan semakin menarik konsumen, anda perlu melakukan inovasi dan kreasi dalam produk bisnis anda. Tanpa adanya inovasi dan kreasi yang anda lakukan, bisnis anda bisa mudah dikalahkan oleh kompetitor yang inovatif dan kreatif dalam memajukan bisnisnya. 

Passion atau minat dalam suatu bidang bisnis perlu anda miliki sehingga anda dapat bersenang-senang dalam menjalankan bisnis anda dan tidak selalu merasa tertekan melakukan hal yang tidak anda sukai. Disamping itu, anda pastinya akan secara konsisten memantau bisnis anda hingga meraih kesuksesan nantinya. 

Ragam Bisnis Kecil yang Menguntungkan

Dibawah ini terdapat beberapa ide bisnis kecil yang menguntungkan bagi anda untuk dicoba dan dimulai mengingat potensi ekonominya yang baik di masa mendatang.

1. Bisnis Fotografi dan Video
Bagi anda yang memiliki keterampilan khusus di bidang foto dan video, memulai bisnis fotografi dan video kecil-kecilan dengan modal yang minim dapat dilakukan. Dengan memanfaatkan keahlian fotografi dan video anda, anda dapat menyewa perlengkapan foto dan video senilai ratusan ribu rupiah per hari untuk digunakan dalam pekerjaan anda saat mendapat order mendokumentasikan acara ulang tahun, seminar, pernikahan, meeting kantor, dan acara-acara lainnya.   

2. Bisnis Digital Printing
Bisnis kecil yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis digital printing yang semakin meluas dan dikenal masyarakat modern. Bisnis digital printing sederhana dengan modal jutaan untuk membeli perangkat komputer dan printer berwarna dapat menjadi alternatif bisnis kecil yang menguntungkan jika didukung dengan pemilihan lokasi bisnis yang strategis misalnya di dekat perkantoran, kampus, sekolah, dan kos-kosan mahasiswa. Sebagai masukan, anda dapat mengkombinasikan bisnis digital printing ini dengan jasa editing dan desain foto sehingga menjaring lebih banyak konsumen yang membutuhkan jasa editing dan desain tersebut. 

3. Bisnis Pulsa
Selanjutnya, bisnis voucher pulsa yang telah banyak diusahakan oleh banyak pebisnis tetap akan booming di masa depan karena faktor semakin banyaknya pengguna telepon selular dari tahun ke tahun sehingga dalam memulai bisnis voucher pulsa anda tidak perlu khawatir atau takut kalah saing dengan pesaing bisnis lama. Dengan modal satu atau dua buah handphone dan pulsa yang akan dijual, per hari jika ada 50 transaksi maka anda akan mendapat untung bersih sekitar Rp. 50.000,- tanpa dipotong biaya produksi atau sewa tempat usaha. 

4. Bisnis Kerajinan Tangan 
Bisnis kecil yang menguntungkan terakhir adalah bisnis kerajinan tangan untuk souvenir pernikahan seperti boneka dari kain flanel, clay pajangan pernikahan, kipas cantik, dll. Meskipun bisnis kerajinan tangan untuk souvenir pernikahan ini tergolong sebagai bisnis musiman namun keuntungan bisnis jenis ini lumayan besar karena banyaknya jumlah pesanan yang datang saat bersamaan. Untuk memulai bisnis ini, anda bisa membekali diri anda dengan mengikuti kursus kerajinan tangan atau belajar secara otodidak melalui sarana internet atau buku-buku kerajinan tangan. Perluaslah pergaulan anda untuk kelancaran promosi bisnis anda serta pergunakanlah jejaring sosial untuk mengenalkan bisnis kerajinan anda ke para pengguna internet lainnya. 
Sekian informasi yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda memilih jenis bisnis kecil yang menguntungkan dan memberi petunjuk dalam memulai bisnis kecil anda nantinya. 





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...