Wednesday, May 22, 2013

Cara Berkebun Emas

Banyak orang yang bingung saat mendengar istilah berkebun emas. Mungkin beberapa orang menganggap cara berkebun emas sebagai cara bercocok tanam dengan menanam bibit emas di ladang yang dapat menghasilkan pohon emas seperti pada cerita dongeng klasik yang terdengar sangat mustahil di dunia nyata. Sebenarnya, berkebun emas memang dapat dilakukan dan dapat menghasilkan tetapi dengan cara menanamkan modal untuk investasi emas dalam berbagai bentuk misalnya investasi emas batangan, emas perhiasan, koin emas, saham pertambangan emas, sertifikat emas, dan kontrak emas berjangka. 

Cara Berkebun Emas untuk Investor Pemula

Bagi investor pemula, cara berkebun emas sangat mudah dan menguntungkan mengingat adanya beberapa karakteristik spesial yang dimiliki oleh logam mulia yaitu bebas pajak, bebas inflasi, mudah dijual kembali, bebas dari krisis ekonomi dan tidak terpengaruh keputusan pemerintah. Investor pemula sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut dalam berkebun emas.

1. Investor pemula lebih bijaksana apabila menempatkan dananya dalam investasi emas jenis batangan atau logam mulia daripada emas perhiasan atau koin emas. Hal ini disebabkan emas jenis logam mulia atau batangan memiliki harga yang lebih stabil dan harganya tidak banyak turun saat akan dijual kembali saat diperlukan. Membeli emas batangan yang berukuran kecil akan lebih merugikan mengingat adanya ongkos pencetakan yang akan dibebankan ke pembeli. Apabila anda memiliki dana yang memadai, sebaiknya anda membeli emas batangan berukuran besar untuk menghindari ongkos pencetakan yang lumayan. 

2. Sebelum membeli emas untuk investasi di kebun emas anda, jangan lupa untuk selalu mengupdate kurs harga emas yang berlaku di pasaran terlebih dahulu. Biasanya anda dapat mendapatkan update harga emas terbaru di website PT. Antam, Tbk.

3. Peraturan wajib dalam cara berkebun emas demi mendatangkan keuntungan yang maksimal adalah dengan membeli emas saat harga emas di pasaran sedang turun dan menjual kembali emas yang dimiliki saat harga emas di pasaran tengah melonjak naik. 

4. Pilihlah bibit untuk kebun emas yang baik dengan cara membeli emas perhiasan di toko perhiasan emas dan emas batangan di PT. Aneka Tambang, Tbk dengan meminta nota pembelian dan sertifikat keaslian emas batangan anda.

5. Setelah anda memiliki emas sebagai investasi, anda dapat menyimpannya dengan aman di rumah atau memanfaatkan fasilitas SDB (Safe Deposit Box) yang ada di bank-bank pemerintah maupun swasta.

6. Bagi investor pemula yang memiliki rencana naik haji, anda dapat memanfaatkan investasi emas dalam bentuk koin emas atau koin emas ONH (Ongkos Naik Haji). Koin emas ONH dapat dijadikan cara alternatif untuk menabung biaya naik haji ke tanah suci dengan mata uang. Dewasa ini, anda perlu memiliki emas sekitar 150 gram untuk dapat berangkat naik haji.  

7. Jika anda berminat melakukan investasi emas tanpa perlu direpotkan oleh penyimpanan emas fisik, anda dapat memilih investasi emas dalam bentuk saham pertambangan emas atau kontrak emas berjangka yang ditawarkan oleh perusahaan pertambangan emas dan bank-bank pemerintah maupun swasta. Anda sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa melakukan investasi jenis ini karena investasi tanpa memiliki emas secara fisik ini cukup rumit bila tidak ditunjang dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Sehingga, bagi investor pemula sebaiknya mempelajari lebih dalam segala informasi dan seluk beluk investasi emas dalam bentuk saham pertambangan emas atau kontrak emas berjangka dengan mencari sumber dari internet dan bertanya pada kenalan yang telah berpengalaman dalam berinvestasi sebelumnya. 

8. Menyangkut penjualan emas, anda sebaiknya menjual emas yang anda miliki di tempat anda membeli sebelumnya guna memperkecil ongkos pemotongan yang biasanya sekitar 2% dan menghindari kerugian atau penipuan yang mungkin terjadi. Selain itu, simpanlah nota pembelian atau sertifikat keaslian emas yang anda beli dari toko emas maupun PT yang memproduksi emas anda sehingga saat anda ingin menjualnya kembali prosesnya akan lebih mudah dan pembeli lebih yakin untuk membeli emas anda. 

Berdasarkan cara berkebun emas yang telah diuraikan diatas, semoga anda para investor pemula bisa mendapat pengetahuan dasar berkebun emas guna memiliki kebun emas yang subur nantinya. Selamat mencoba berkebun emas. 





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...