Wednesday, May 22, 2013

Cara Investasi Emas di Bank

Setiap orang perlu memiliki perencanaan yang baik bagi masa depannya. Perencanaan terhadap masa depan sejak lama telah dilakukan oleh mayoritas masyarakat dengan cara investasi. Pada umumnya, investasi dilakukan dengan penempatan dana pada barang-barang non-konsumsi seperti tanah, rumah, emas, saham, dan sebagainya. Dalam hal investasi emas, sejak dahulu telah dilakukan secara turun temurun oleh generasi orang tua dengan cara menyimpan emas fisik yang kebanyakan dalam bentuk emas perhaisan. Pembelian emas tersebut dilakukan ketika harga emas di pasaran sedang turun dan penjualannya dilakukan saat harga emas melonjak tinggi. Seiring berkembangnya jaman dan gaya hidup, investasi emas kini banyak dilakukan dengan memanfaatkan pihak lembaga keuangan terpercaya seperti bank-bank swasta dan pemerintah. Cara investasi emas di bank yang mudah, aman, dan cepat menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat modern saat ini. 

Kini telah banyak bank-bank di Indonesia yang menyediakan produk tabungan emas dan fasilitas penyimpanan emas yang aman seperti SDB (Safe Deposit Box) yang dapat anda pertimbangkan dengan memperoleh penjelasan dan menarik perbandingan terhadap kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh bank-bank tersebut. Sebagai masukan, sebaiknya pilihlah cara investasi emas di bank pada bank-bank yang memiliki reputasi yang bagus, pelayanan yang baik, serta bunga yang tinggi agar anda tidak mengalami kerugian investasi di kemudian hari. Bank-bank yang populer dengan produk tabungan emasnya adalah Bank HSBC Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Solusi Emas Bank Danamon Syariah. Patut anda ketahui, biasanya tabungan atau investasi emas di bank masih berbentuk non fisik. Hal ini berarti logam mulia yang anda beli belum dicetak dan memiliki garga dasar nilai emas yang berlaku di pasar internasional. Selain itu, investasi emas dapat dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan finansial anda dari berat gram teringan hingga berat gram terberat yaitu 1 kilogram. 

 Cara Investasi Emas di Bank Syariah Mandiri

Investasi emas di bank selain aman dan bertujuan untuk perencanaan keuangan di masa depan serta memiliki keunggulan lain yaitu tidak akan terkena pengaruh inflasi karena nilai logam mulia yang selalu mengalami kenaikan sekitar 20-30% dari tahun ke tahun. Salah satu bank yang telah lama menyediakan produk tabungan emas pada nasabah adalah Bank syariah Mandiri. Produk tabungan emas dari bank ini berupa portofolio emas 24 karat yang menduplikasi produk tabungan emas dari Bank HSBC Syariah. Cara investasi emas di Bank Syariah Mandiri relatif mudah hanya dengan mendatangi bank untuk membuka rekening dan melakukan penyetoran uang tunai yang kemudian akan dikonversikan menjadi harga emas yang berlaku pada saat tersebut. Dalam konversi harga itu, akan dapat terlihat jumlah emas yang anda simpan. Bank syariah Mandiri menggunakan tolak ukur harga emas yang bereferesi pada harga LME (London Metal Exchange). Dalam tabungan emas tersebut, nasabah akan mendapat surat bukti kepemilikan emas dengan bentuk emas fisik yang disimpan di suatu vendor yang merupakan relasi dari bank yang bersangkutan. Berat minimum emas yang bisa anda investasikan adalah 10 gram dan kelipatannya. 

Cara Investasi Emas di Bank Danamon Syariah 

Cara investasi emas di bank selanjutnya yang populer dikenal dengan nama solusi emas di Bank Danamon Syariah. Solusi emas ini pada dasarnya merupakan solusi pembiayaan emas atau gadai emas untuk berbagai keperluan nasabah seperti biaya pendidikan, pengobatan, pernikahan, modal usaha, dan lainnya. Bank Danamon Syariah menerima jenis emas berupa koin emas dan segala jenis perhiasan emas baik emas kuning maupun emas putih dengan jangka waktu gadai berdasarkan perjanjian yang telah disepakati. Cukup dengan membawa KTP sebagai syarat utama, nasabah akan diuntungkan dengan keamanan emas yang diasuransikan serta biaya titip yang ringan karena dihitung secara harian. Disamping itu, pelunasannya dapat dicicil dengan angsuran hingga 12 bulan. 
Karena semakin bervariasinya produk-produk di bank serta bermunculannya banyak bank baru di Indonesia, anda dapat juga mencari informasi tambahan dengan mengunjungi bank-bank yang anda minati dan percayai guna menanyakan tentang produk tabungan investasi emas yang disediakan dan cara investasi emas di bank tersebut. Selamat mencoba!

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...